Advertorial

Luar Biasa! Motor Skutik Ini Kuat Riding Keliling Mancanegara

Kompas.com - 19/08/2021, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Pada 2019, Indonesia dibuat gempar oleh perjalanan yang dilakukan oleh pria asal Jambi, Lilik Gunawan.

Lilik bersama anaknya, Balda, yang masih berusia empat tahun berhasil melakukan perjalanan menuju Mekkah, Arab Saudi dengan misi menunaikan ibadah umrah hanya bermodalkan sepeda motor kesayangannya, yakni Yamaha Nmax produksi 2015.

Aksi nekad yang ia lakukan tak hanya itu, pada awal 2021, Lilik kembali melakukan petualangan yang tak kalah seru.

Saat itu, ia berpetualang dari Jambi ke Timor Leste untuk bertemu Presiden Pertama Timor Leste, Xanana Gusmao sekaligus menuntaskan misi “Mengumpulkan Surat Cinta untuk Ibu” dengan melewati 12 provinsi dan tujuh pulau.

Pada perjalanan kali ini, terdapat hal berbeda dengan petualangan sebelumnya. Kali ini, Lilik menggunakan motor All New Nmax 155 Connected /Anti-Lock Braking System (ABS) untuk menemani perjalanannya.

 Yang lebih membanggakan, motor tersebut menjadi motor All New Nmax pertama yang ada di negara tersebut.

Menurutnya, motor yang pernah dinobatkan sebagai “Bike of The Year” dan “Motorcycle of The Year 2020” tersebut memiliki mesin yang tangguh.

“Saya akui, motor ini tangguh betul. Padahal, cuaca pada jalur yang dilewati tidak menentu. Kadang panas, kadang berubah hujan seketika. Tentu ini (cuaca) mempengaruhi suhu mesin kan. Belum lagi jarak tempuh yang panjang dengan bawaan saya yang full load,” ujar Lilik seperti dilansir dari Gridoto.com, Senin (8/2/2021).

Sebagai informasi, mesin All New Nmax 155 Connected/ABS memiliki tenaga hingga 15,15 horsepower (HP)/8.000 Revolutions Per Minute (RPM) dengan torsi maksimal 13,9 Newton meter (Nm) atau setara 6.500 rpm.

Selain itu, All New Nmax 155 Connected/ABS juga memiliki Variable Valve Actuation (VVA), katup variabel khas Yamaha yang memiliki konfigurasi SOHC 4 katup dan berfungsi menghasilkan tenaga yang merata di setiap percepatan, sehingga tidak ada power delay pada saat berakselerasi di jalan datar maupun menanjak.

Fitur unggulan

Selain tangguh, Lilik mengatakan, kelebihan lain yang dimiliki oleh All New Nmax 155 Connected/ABS adalah kehadiran fitur yang canggih bernama Yamaha-Connect (Y-Connect).

“Saya sangat terbantu dengan berbagai keunggulan skutik kelas 150 cc dari Yamaha ini. Berkat keunggulannya, touring terasa lebih menyenangkan, fitur-fitur Y-Connect bisa membantu saya untuk memantau kondisi oli dan aki motor agar selalu terjaga dalam keadaan prima," kata Lilik.

All New Nmax 155 Connected/ABSDok. Yamaha All New Nmax 155 Connected/ABS

Sebagai informasi, fitur Y-Connect merupakan terobosan Yamaha berupa aplikasi yang berfungsi menghubungkan unit motor dan smartphone melalui Communication Control Unit (CCU) lewat bluetooth. Dengan fitur tersebut, pemilik bisa memantau kendaraannya secara real time.

Y-Connect sendiri memiliki tujuh fitur unggulan yang mampu membuat aktivitas berkendara menjadi lebih mudah. Ketujuh fitur tersebut adalah:

  1. Rekomendasi Perawatan yang berfungsi membantu pengendara dalam mengecek kondisi oli mesin serta voltase baterai lengkap dengan rekomendasi terkait perawatan.
  2. Notifikasi Malfungsi yang berfungsi memberikan informasi terkait masalah pada motor melalui akun e-mail pengendara. 
  3. Konsumsi Bahan Bakar sehingga pengendara bisa melihat langsung penggunaan bahan bakar dari layar smartphone setelah motor selesai digunakan. 
  4. Notifikasi Smartphone. Dengan ini, pengendara dapat menerima pesan atau panggilan maupun Email yang muncul layar speedometer melalui fitur tersebut. 
  5. Lokasi Parkir yang membantu pengendara mengetahui lokasi terakhir memarkirkan motor saat terhubung dengan aplikasi.
  6. Revs Dashboard yang menarik dengan eco riding indicator
  7. Ranking yang dapat menghubungkan sesama pengguna Y-Connect untuk saling berkompetisi terkait jarak tempuh (mileage) maupun eco point (keiritan berkendara). Kehadiran fitur Ranking dapat mendorong para pengguna Connected model Yamaha untuk semakin menikmati aktivitas berkendara bersama motor.

Selain Y-Connect, All New Nmax 155 Connected/ABS juga memiliki keunggulan lain untuk mendukung pengendalian, seperti Traction Control System (TCS) dan Dual Channel ABS. 

Fitur TCS sendiri berfungsi mencegah ban kehilangan traksi atau selip saat sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin. 

All New Nmax 155 Connected/ABSDok. Yamaha All New Nmax 155 Connected/ABS

Sementara, Dual Channel ABS berperan mengoptimalkan fungsi pengereman roda agar lebih stabil dan tidak mengunci saat melakukan pengereman mendadak.

Fitur ABS Dual Channel hingga saat ini baru tersedia pada motor All New NMAX untuk kelas matik premium 150 - 160 cc.

Berikan kenyamanan

Yamaha juga memberikan kenyamanan berkendara bagi setiap pengguna Nmax terbaru. Hal tersebut dibuktikan melalui desain ergonomis antara proporsional sehingga All New Nmax membuat pengendara tidak mudah lelah.

Selain itu pada posisi kaki, Yamaha memberikan dua opsi pijakan untuk berkendara sehingga pengendara dapat lebih fleksibel dalam meletakkan kaki.

Pertama, di pijakan normal. Pijakan ini akan membuat kaki akan membentuk posisi 90 derajat. Kedua, pijakan di bagian atas untuk meluruskan posisi kaki. Pijakan ini membuat pengendara lebih santai saat meletakkan kaki di posisi tersebut.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, Yamaha turut melengkapi All New NMAX 155 Connected/ABS dengan kehadiran Subtank Rear Suspension.

All New Nmax 155 Connected/ABSDok. Yamaha All New Nmax 155 Connected/ABS

Subtank Rear Suspension merupakan sebuah tabung pada bagian shockbreaker yang berfungsi untuk meredam benturan yang dapat di sesuaikan untuk berkendara sendiri maupun berboncengan.

Berkat segala kelebihan yang disematkan pada All New Nmax 155 Connected ABS, Lilik bersyukur dapat menuntaskan perjalanan dengan kondisi selamat dan tanpa kendala berarti.

“Ini sebuah produk yang ajaib, saya tidak pernah mengalami mati mesin apalagi mendorongnya selama perjalanan. Motor ini sangat aman dan nyaman digunakan perjalanan jauh,” kata Lilik.

Untuk diketahui, saat ini All New NMAX 155 Connected/ABS dibanderol dengan harga Rp 34,3 juta. On the road Jakarta

Selain itu, untuk memberikan kemudahan kepada konsumen, khususnya dalam pelayanan purnajual, Yamaha juga memiliki aplikasi pada platform Android bernama My Yamaha Motor.

Melalui aplikasi tersebut, pelanggan dapat mencari informasi terkait layanan servis motor dan garansi. Tak hanya itu, ada juga fitur pengingat servis, informasi dealer, informasi jaringan resmi, dan riwayat servis motor.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com