Advertorial

AIAPedia: Lebih dari Sekadar Bayar Klaim, Asuransi Berikan Jaminan Keamanan Selama Pandemi

Kompas.com - 20/08/2021, 17:17 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membuat masyarakat kian menyadari pentingnya menjaga kesehatan.

Mereka yang semula tidak terlalu peduli dengan kesehatan perlahan mulai memperbaiki pola hidup dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan bernutrisi, sampai berjemur setiap pagi.

Tak hanya itu, sebagian dari mereka juga turut memproteksi dirinya dan keluarga dengan memiliki asuransi. 

Berbicara mengenai asuransi, beum banyak yang mengetahui makna dari asuransi.

Asuransi memberikan proteksi dari risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Kehadiran asusransi dapat membantu menanggulangi biaya yang Anda harus keluarkan untuk pengobatan dan perawatan, sehingga bisa menjaga kondisi finansial ketika sesuatu terjadi.

Sering kali, seseorang harus menanggung biaya saat mengalami kejadian yang tak terduga. Meskipun ada tabungan dan pendapatan bulanan, bisa jadi kejadian itu mengganggu perencanaan finansial. 

Pada kondisi seperti itulah fungsi asuransi dibutuhkan. Dengan asuransi, nasabah bisa mendapat rasa aman dan jaminan di masa depan.

Adapun risiko yang ditanggung asuransi beraneka ragam, tergantung jenisnya. Contohnya, asuransi kesehatan dapat menanggung biaya perawatan di rumah sakit, entah karena penderita jatuh sakit atau kecelakaan. Selanjutnya, asuransi jiwa yang memberikan manfaat jika tertanggung tutup usia.

Asuransi untuk investasi?

Pada prinsipnya, asuransi dimiliki untuk kebutuhan proteksi jangka panjang. Meski secara umum, produk asuransi banyak dikenal dalam dua produk, yakni asuransi tradisional atau full proteksi dan unit link.

Asuransi full proteksi memberikan perlindungan penggunanya terhadap satu jenis atau lebih risiko dengan memberikan pembayaran atau penggantian kepada penerima manfaat atau ahli waris bila yang bersangkutan meninggal dunia. Bila konteksnya untuk proteksi kesehatan, manfaat yang dapat diberikan pada pihak tertanggung.

Pada asuransi full proteksi, premi asuransi yang dibayarkan sepenuhnya digunakan untuk menanggung segala kerugian atau hal-hal terkait dengan apa yang diasuransikan sesuai dengan ketentuan polis.

Sementara, asuransi unit link merupakan produk asuransi yang memberikan manfaat proteksi asuransi sekaligus investasi. Dengan demikian, premi yang dibayarkan nasabah akan dibagi untuk manfaat proteksi sekaligus investasi sesuai dengan jenis profil risiko yang dipilih.

Perlu diingat, hasil investasi juga memiliki risiko dan dapat berubah setiap waktu sesuai dengan perkembangan pasar modal. Walau memiliki nilai tambah investasi, unit link tetaplah merupakan produk asuransi sehingga fokus utamanya adalah memberikan perlindungan pada nasabah.

Memilih asuransi yang tepat

Produk asuransi yang tepat dapat memproteksi pemegang polis dari risiko kehidupan. DOK. AIA Produk asuransi yang tepat dapat memproteksi pemegang polis dari risiko kehidupan.

Banyaknya pilihan produk asuransi bisa membuat orang yang baru pertama kali membeli produk asuransi menjadi bingung. Karenanya, tentukan tujuan sebelum memilih sebuah produk asuransi, apakah untuk proteksi jangka panjang atau pertimbangan investasi.

Selain itu, penting untuk mempelajari produk asuransi serta latar belakang perusahaan yang menjadi penyedia asuransi.

Karenanya, lakukan riset terhadap kemampuan finansial dan reputasi perusahaan asuransi sebagai pertimbangan. Calon nasabah bisa melihat rekam jejak kinerja perusahaan asuransi, khususnya dalam urusan komitmen pembayaran klaim nasabah.

Setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki agen asuransi. Anda bisa menggali informasi produk dengan detail kepada agen asuransi. Jangan sungkan untuk bertanya sebanyak-banyaknya mengenai ketentuan produk supaya bisa merasakan manfaat secara maksimal dan tidak melanggar ketentuan.

Nasabah juga bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk mulai punya asuransi. Hal ini bergantung dengan ragam kebutuhan calon nasabah. Misalnya, kebutuhan proteksi keluarga muda tentu berbeda dengan kebutuhan asuransi profesional yang masih single. Ini akan memengaruhi besar premi yang akan dibayarkan.

Meski demikian, asuransi sebaiknya disiapkan sejak dini karena dapat meminimalisasi risiko yang bisa terjadi kapan saja.

Perusahaan asuransi beri kontribusi pada masyarakat

Pada masa pandemi, perusahaan asuransi tidak hanya berperan memberikan perlindungan dan membayar klaim terhadap pemegang polis, tetapi, juga membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

Di Indonesia, perusahaan asuransi yang turut berkontribusi dalam hal itu adalah AIA.

AIA aktif membantu masyarakat Indonesia hidup sehat melalui rangkaian kegiatan aksi sosial bertajuk “AIA Sehat Untuk Negeri”. Kegiatan ini merupakan respons cepat untuk membantu penanganan pandemi di tengah masyarakat.

Melalui program tersebut, AIA telah menyediakan tempat tidur untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Asrama Haji, Jakarta Timur.

Selain itu, AIA juga menggagas program donasi dalam bentuk olahraga bersama masyarakat. Donasi dari masyarakat akan dikonversi oleh AIA menjadi tabung oksigen dan medical supplies yang akan disalurkan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) dan puskesmas yang tersebar di lima provinsi di Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com