Advertorial

Ketua TP-PKK Morotai Pimpin Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Kompas.com - 31/08/2021, 18:25 WIB

KOMPAS.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Sherly Djoanda, memimpin acara Giat Parade Bendera Merah Putih di bawah laut Morotai, Sabtu (14/8/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morotai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia.

Sebagai informasi, wanita yang merupakan istri Bupati Morotai itu adalah penyelam (diver) profesional. Bahkan, Sherly menjadi pengurus organisasi Wanita Selam Indonesia (WASI). Organisasi selam ini dipimpin oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat Tri Tito Karnavian.

Selain sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam dan bawah laut Pulau Morotai.

“Lewat kegiatan itu, masyarakat diharapkan dapat mengenal keindahan alam Pulau Morotai sehingga menjadikannya destinasi wisata pilihan,” ujar Sherly dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (31/8/2021).

Sherly menjelaskan, pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut merupakan agenda tahunan WASI dalam memperingati HUT RI.

Pada 2020, WASI memperingati HUT ke-75 RI dengan mengibarkan bendera di Perairan Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Acara ini dipimpin oleh Tri Tito Karnavian.

Selain melakukan pengibaran bendera, lanjut Sherly, WASI juga berhasil memecahkan tiga rekor dunia sekaligus di Manado, Sulawesi Utara pada 2019.

Rekor pertama adalah rangkaian penyelam terpanjang di bawah air dengan melibatkan 578 penyelam. Kedua, penyelaman massal terbanyak yang melibatkan 3.131 orang penyelam. Ketiga, pembentangan bendera terbesar di bawah air dengan luas 1.014 meter persegi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com