Advertorial

Luncurkan Gerakan “Keluarga Sehat Indonesia Kuat”, Dettol Ajak Keluarga Indonesia Lakukan 3 Kebiasaan Sehat

Kompas.com - 01/09/2021, 00:09 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan consumer goods Reckitt Indonesia melalui salah satu mereknya, Dettol, meluncurkan gerakan “Keluarga Sehat Indonesia Kuat”, Selasa (31/8/2021). Gerakan ini merupakan salah satu upaya untuk mendampingi keluarga Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19.

Masih dalam semangat Hari Kemerdekaan ke-76 Indonesia yang bertema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, melalui program tersebut Dettol ingin menyebarkan sikap optimisme kepada masyarakat agar mampu dan tangguh dalam situasi pandemi.

Pada gerakan tersebut, Dettol mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk berkomitmen menerapkan tiga kebiasaan sehat sederhana, yaitu mencuci tangan dengan sabun, mandi setelah beraktivitas, dan mendisinfeksi rumah secara rutin.

Selain itu, Dettol juga memberikan edukasi kesehatan dan akses kebersihan bagi masyarakat agar dapat berkontribusi secara langsung untuk mewujudkan Indonesia yang lebih kuat.

Gerakan “Keluarga Sehat, Indonesia Kuat” juga berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan beberapa tokoh masyarakat, seperti Dian Sastrowardoyo dan Reisa Broto Asmoro selaku Duta Sehat Dettol.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengapresiasi gerakan yang diluncurkan Dettol tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Reckitt Indonesia, sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk mengingatkan keluarga Indonesia dengan tiga kebiasaan sehat sederhana demi mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Dettol percaya bahwa keluarga merupakan fondasi unit sosialisasi di masyarakat yang dapat menjadi agen perubahan, baik untuk fungsi perlindungan maupun edukasi bagi segala usia dan latar belakang di Indonesia.

Sebagai merek yang fokus pada solusi kebersihan dan sanitasi, Dettol berkomitmen untuk memberikan edukasi rutin dan akses berkelanjutan pada masyarakat. Dengan demikian, perilaku kebiasaan sehat yang dapat dimulai dari keluarga dapat ditingkatkan.

“Hari ini, peluncuran ‘Keluarga Sehat, Indonesia Kuat’ menandai kolaborasi kuat kami dengan IDI dan mitra strategis lainnya guna menciptakan perubahan sosial yang berdampak melalui tiga langkah sederhana untuk membangun Indonesia yang lebih kuat,” ujar Head of External Communications and Community Affairs Reckitt Indonesia Donny Wahyudi.

General Manager Reckitt Indonesia Srinivasan Appan juga mengungkapkan, Reckitt berkomitmen untuk melindungi, menyembuhkan, dan bersama-sama menciptakan dunia yang lebih sehat serta bersih.

Menurutnya, akses akan kebersihan, kesejahteraan, dan nutrisi yang berkualitas tinggi merupakan hak bagi semua pihak dan individu, tanpa terkecuali.

“Dettol percaya bahwa cinta dan kasih sayang yang telah tertanam di keluarga Indonesia dapat menjadi modal yang kuat untuk menciptakan perubahan positif bagi bangsa,” ujar Srinivasan.

Melalui solusi produk Dettol, lanjutnya, pihaknya percaya bahwa setiap anggota keluarga memegang peranan penting untuk melindungi satu sama lain dari segala jenis virus atau penyakit yang dapat dicegah di masa depan.

“Mulai dari langkah kecil, kita bisa menciptakan perubahan untuk keluarga yang lebih sehat dan mencapai bangsa yang lebih kuat,” kata Srinivasan.

Hal yang sama juga diutarakan Dian Sastrowardoyo. Sebagai seorang ibu, Dian percaya jika setiap anggota keluarga berperan penting dalam melindungi satu sama lain dari penyakit yang dapat dicegah.

Menurutnya, menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat tidaklah cukup dalam masa-masa menantang seperti saat ini.

“Kita perlu untuk terus mengingatkan orang yang kita cintai, (termasuk) keluarga untuk mulai menerapkan kebiasaan konsisten yang bisa menjaga bangsa tetap tangguh dalam melawan pandemi,” ujarnya.

Dian juga menambahkan bahwa selama bertahun-tahun, Dettol telah membuktikan keahliannya dalam melindungi keluarga Indonesia.

“Ini adalah nilai khas yang Dettol dan saya percayai, yang memperkuat semangat saya untuk bergabung dalam gerakan ini,” katanya.

Senada dengan Dian, Reisa menyatakan bahwa seluruh pihak harus saling bahu-membahu untuk mengingatkan penerapan prokes. Salah satunya adalah mencuci tangan dengan sabun.

“Terjadi peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menerapkan prokes. Dari yang tadinya belum menyadari menjadi lebih sadar dan terbiasa serta mengetahui pentingnya protokol kesehatan untuk dilakukan di masa sekarang,” ujar Reisa.

Dengan demikian, imbuh Reisa, penerapan prokes seharusnya sudah menjadi gaya hidup baru bermasyarakat saat ini.

Sebagai informasi, pada Juni dan Juli 2021, Dettol telah telah menunjukkan kontribusi dalam mencapai kekebalan komunal (herd immunity) melalui kegiatan donasi bagi tenaga kesehatan dan menggelar pusat vaksinasi di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Gerakan “Keluarga Sehat Indonesia Kuat” tersebut merupakan kegiatan awal dari komitmen panjang Reckitt Indonesia untuk berkontribusi dan memberikan dampak positif bagi keluarga Indonesia.

Dalam memenuhi target untuk menjangkau 65 juta masyarakat Indonesia, Dettol melakukan edukasi melalui lintas kemitraan dan beragam touchpoint multimedia, termasuk edukasi langsung kepada lebih dari 1,2 juta anak sekolah.

Dettol juga mengajak keluarga Indonesia untuk bergabung menjadi bagian dari Duta Sehat Dettol melalui situs web www.keluargasehatindonesiakuat.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com