Advertorial

Menkop UKM: Penyaluran Dana BLT Akan Melibatkan Asosiasi PKL

Kompas.com - 16/09/2021, 11:00 WIB

KOMPAS.com – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, asosiasi pedagang kaki lima (PKL) yang sebagian besar bergerak pada segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan dilibatkan untuk menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT).

Untuk diketahui, BLT untuk PKL dan pedagang warung tegal (warteg) senilai Rp 1,2 juta per orang siap disalurkan usai pemerintah memutuskan hal tersebut dalam rapat terbatas (ratas) yang diselenggarakan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/9/2021).

“Asosiasi PKL berkepentingan untuk ikut terlibat dalam penyaluran bantuan senilai Rp 1,2 juta,” kata Teten dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Terkait pelibatan asosiasi PKL, hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam ratas.

Pada ratas tersebut, pemerintah juga mengundang dan mendengarkan aspirasi dari pelaku UMKM.

“Mereka (pelaku UMKM) meminta Presiden Jokowi untuk mempermudah pengajuan kembali kredit usaha. Ini yang mungkin akan dicarikan solusinya,” tutur Teten.

Dalam pertemuan tersebut, tambah Teten, Presiden juga meminta produk UMKM agar dapat ditawarkan langsung ke kementerian atau lembaga. Dengan demikian, produk lokal bisa terserap oleh anggaran belanja pemerintah.

Teten mencatat, saat ini, baru 27 persen produk usaha kecil yang telah diserap oleh belanja pemerintah.

“Arahan Presiden agar produk UMKM ditawarkan langsung ke kementerian atau lembaga akan sangat bermanfaat untuk menyerap produk UMKM di tengah melemahnya daya beli masyarakat," papar Teten.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com