Advertorial

Kelas Public Speaking Siberkreasi Batch 2 Selesai, Kemenkominfo Gelar Prosesi Kelulusan Virtual

Kompas.com - 16/09/2021, 20:37 WIB

KOMPAS.com - Kelas Public Speaking Siberkreasi Batch 2 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Siberkreasi, dan CommPassion Media Network telah memasuki babak akhir. Kelas tersebut ditutup dengan prosesi kelulusan peserta.

Acara kelulusan tersebut digelar secara virtual dengan tema “Berani Bicara Buat Indonesia Bangga” dan ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Siberkreasi, Kamis (9/9/2021).

Sebagai informasi, kelas Public Speaking Siberkreasi Batch 2 berlangsung sejak 1 Agustus 2021. Kelas pelatihan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Total 4.000 orang mendaftar pada acara tersebut.

Adapun prosesi kelulusan virtual peserta kelas Public Speaking tersebut dihadiri sejumlah tokoh, yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel A Pangerapan, Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto, dan Ketua Umum Siberkasi Yosi Mokalu.

Dikemas dengan konsep talk show, gelaran tersebut dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama adalah “Content Creator dan Social Media” bersama Jovial Da Lopez dan Head of Operations Tiktok Indonesia Angga Anugrah Putra.

Kemudian, sesi kedua adalah “Berani Bicara” bersama Rian Ibram. Sesi ketiga adalah “Buat Indonesia Bangga dengan Karakter Bangsa” bersama Miss Grand Indonesia Aurra Kharishma serta Diplomat Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ahmad Almaududy Amri.

Baik para peserta maupun penonton YouTube antusias mengikuti rangkaian acara. Mereka memberikan pertanyaan kepada narasumber. Pada acara itu, peserta pun dihibur dengan penampilan musik spesial dari Fivein Project featuring Antoni Sidjabat dan Raissa Anggiani.

Tak hanya itu, acara puncak Kelas Public Speaking juga diisi dengan simbolisasi kelulusan para peserta yang diawali dengan sambutan dari Chief Operating Officer (COO) Commpassion Media Network Addry Danuatmadja.

“Kami berharap, dengan terselesaikannya rangkaian ini, menjadi langkah baru bagi para peserta untuk #MakinCakapDigital dan menjadi komunikator serta kreator konten hebat,” ujar Addry menurut keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (14/9/2021).

Terdiri dari 20 kelas public speaking

Sebagai informasi, sepanjang program, para peserta telah mengikuti 20 kelas. Setiap kelas membahas tema yang beragam. Beberapa di antaranya adalah "Bicara Tepat Karier Melesat", "Percaya Diri Antigrogi", "Temukan Keunikan Raih Kesuksesan", hingga "Rahasia Konten Kreator Juara".

Kemudian, 50 peserta terpilih diberi kesempatan menimba ilmu di Kelas Lanjutan yang berisi pemaparan topik komunikasi.

Selama mengikuti kelas, peserta didampingi sejumlah fasilitator ahli di bidang komunikasi dan konten kreator, yaitu Indra Herlambang, Nadia Mulya, Addry Danu, Lenna Tan, dan Danar Gumilang.

Tak hanya itu, rangkaian Kelas Public Speaking Siberkreasi Batch 2 juga menghadirkan Master Class. Kelas ini diikuti oleh 10 peserta yang terpilih mewakili 5 persona sesuai latar belakang profesi.

Pada sesi tersebut, peserta berdiskusi dengan narasumber terkait peran komunikasi di berbagai profesi.

Adapun ketiga Master Class tersebut dapat disaksikan melalui kanal YouTube Siberkreasi yang terbagi dalam 5 episode menarik.

Kelima episode tersebut adalah Rahasia Bisnis Laris Manis bersama Jovi Adhiguna, Rahasia Mahasiswa Juara bersama Daffa Wardhana. Kemudian, dan Rahasia Keluarga Komunikatif bersama Najla Bisyir.

Kemudian, Rahasia Karier Meroket bersama Paulina Pungky serta Rahasia Andal Memandu Acara bersama Patricia Gouw.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com