Advertorial

Miliki Kesamaan Visi, Ariston Resmi Jadi Official Regional Partner Juventus

Kompas.com - 17/09/2021, 18:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ariston berkolaborasi dalam sebuah kemitraan regional dengan klub sepak bola asal Italia, Juventus, pada September 2021.

Kerja sama tersebut mengusung tagline "Challenges deserve Champion" yang merangkum sikap dan mentalitas kedua perusahaan.

Sebagai informasi, Ariston merupakan brand global terdepan yang bergerak di sektor kenyamanan termal.

Chairman Ariston Thermo Group Paolo Merloni menyampaikan antusiasmenya atas kerja sama dengan Juventus yang merupakan klub sepakbola terkemuka di dunia.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi Ariston dan Juventus yang telah diluncurkan di Tiongkok pada Januari 2021.

“Baik Ariston maupun Juventus adalah merek Italia yang telah membuktikan kemampuannya untuk menjadi pemenang di bidangnya masing-masing,” kata Paolo dalam peluncuran kerja sama regional Ariston dan Juventus secara daring, Kamis (16/9/2021).

Paolo menambahkan, Ariston hadir di pasar Indonesia pada 1984 dan berhasil menjaga eksistensinya selama lebih dari 35 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, Ariston menjadi pemimpin dalam kategori pemanas air di Indonesia dengan menghadirkan rangkaian produk terlengkap di pasar.

Produk tersebut di antaranya mesin pemanas air dengan tenaga listrik. gas, pompa panas, sampai solar.

“Ariston bercita-cita untuk memastikan kenyamanan yang selalu hidup dalam setiap produk, solusi, serta dukungan pra dan pasca-penjualan. Cita-cita ini juga tecermin pada Juventus yang selalu berjuang untuk meraih hasil yang luar biasa,” ujarnya.

Terkait tagline, Chairman Ariston Thermo Group Paolo Merloni menjelaskan, challenge atau tantangan tidak selalu berkaitan dengan bidang olahraga saja, tapi juga berbagai tantangan yang datang dari bidang lain, seperti teknologi dan kinerja. Baginya, tantangan adalah nilai yang mengakar kuat dalam budaya Ariston dan Juventus. 

“Makna tantangan yang dianut oleh kedua perusahaan ini merupakan sebuah nilai yang menunjukkan sikap untuk selalu berusaha mencapai keunggulan lebih tinggi,” papar Paolo/

Paolo melanjutkan bahwa Ariston dan Juventus juga memiliki visi yang sama dalam memaknai juara atau champion yang berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Untuk menghadapi setiap tantangan, Ariston dan Juventus memiliki tim dengan semangat, antusiasme, dan sikap untuk dapat menjadi juara di bidang masing-masing.

“Ariston hanya bekerja sama dengan mitra terbaik yang memiliki nilai dan visi yang sejalan. Kami senantiasa mengubah tantangan menjadi peluang dan menaklukkan tantangan sehingga dapat menjadi pemenang,” tutur Paolo.

Mentalitas yang dibangun Ariston, kata Paolo, sejalan dengan nilai yang dianut oleh Juventus. Dalam kesepakatan kerja sama, kedua perusahaan tersebut akan berbagi nilai dan misi penting, yakni menaklukkan tantangan yang sulit secara konstan, memiliki strategi yang kuat dan tekad untuk menjadi juara, serta ketekunan.

Pada kesempatan yang sama, Chief Revenue Officer Juventus Giorgio Ricci menyatakan rasa senangnya menyambut Ariston ke dalam keluarga besar Juventus.

Menurut Giorgio, Indonesia merupakan salah satu negara yang penting bagi Juventus. Juventus. Sebab, Juventus memiliki lebih dari 45 juta pendukung di Indonesia. Dengan kata lain, Juventus menjadi klub sepak bola Eropa yang paling diikuti.

Disebutkan olehnya, sebanyak 3,5 juta pengikut Juventus di Facebook berasal dari Indonesia. Dengan demikian, Indonesia menjadi pasar utama bagi Juventus pada platform ini.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Ariston. Kedua nama ini memiliki kesamaan sinergi yang luar biasa dari warisan Italia yang sesungguhnya serta inovasi,” ujar Giorgio.

Giorgio berharap, kemitraan tersebut dapat menciptakan gebrakan di pasar yang sedang berkembang pada musim mendatang. Ia pun tidak sabar untuk berbagi perjalanan dengan Ariston untuk meraih lebih banyak kemenangan bersama.

“Kami harap, kolaborasi ini semakin mendekatkan Juventus dengan jutaan pendukungnya di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Managing Director Ariston Thermo Indonesia Erwin Lim mengatakan bahwa Ariston dan Juventus memiliki pandangan yang sama untuk menjadi pemimpin dan juara di bidang masing-masing.

Sebagai dua merek yang kuat, keduanya juga memiliki pandangan yang sama dalam menghadapi tantangan. Menurut Erwin, tantangan atau challenge menjadi sebuah nilai yang menunjukkan sikap untuk berupaya mencapai keunggulan yang lebih tinggi.

Erwin mengatakan, tantangan dapat ditaklukan dengan sikap yang benar, semangat, dan antusiasme. Dengan demikian, kami dapat memberikan tindakan terbaik untuk menjadi juara.

“Bagi Ariston, kesamaan nilai tersebut dapat mendorong kami untuk selalu menghadirkan kenyamanan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui produk-produk kami yang berkualitas dan sudah teruji,” kata Erwin.

Memimpin pasar Indonesia

Mengusung misi Challenges deserve Champions, kata Erwin, Ariston Thermo Group membuktikan bahwa mereka selalu menyediakan berbagai produk berkualitas yang sudah teruji secara global di industri termal sejak 1930 atau selama lebih dari 90 tahun.

Saat ini, Ariston Thermo Group memiliki 69 perusahaan dengan 6 kantor perwakilan di 42 negara, serta 26 pabrik dan 24 research and development di 15 negara, serta terdistribusi di 150 negara.

Menurut Erwin, untuk pasar Indonesia, Ariston merupakan pemimpin pasar dalam kategori pemanas air dengan pangsa pasar sebesar 67 persen.

“Ariston Indonesia telah berkomitmen dan secara konsisten menghadirkan kenyamanan bagi keluarga di Indonesia melalui produk-produk yang ditawarkan. Saat ini, kami memimpin di kategori water heater di Indonesia”, ujar Erwin.

Ia menambahkan, Ariston Indonesia memiliki visi untuk membawa kenyamanan yang berkelanjutan untuk semua orang.

Visi itu diterjemahkan dengan menghadirkan solusi water heater dengan kualitas dan teknologi tinggi yang telah teruji. Ariston Indonesia juga selalu mengutamakan keamanan dan daya tahan produk yang tinggi untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi pelanggan.

Managing Director Ariston Thermo Indonesia Erwin Lim (kiri), legenda Juventus Fabrizio Ravanelli (tengah), dan pembawa acara Nirina Zubir (kanan). DOK. Ariston Indonesia Managing Director Ariston Thermo Indonesia Erwin Lim (kiri), legenda Juventus Fabrizio Ravanelli (tengah), dan pembawa acara Nirina Zubir (kanan).

“Berkat penelitian dan pengembangan teknologi yang maju, kami mampu memberikan inovasi dalam setiap rangkaian produk. Tak heran, produk kami selalu melakukan terobosan,” tuturnya.

Meski dalam situasi pandemi, penjualan produk Ariston Indonesia mampu tumbuh sebesar 50 persen pada semester I 2021 dibandingkan tahun lalu.

Hal tersebut dibuktikan Ariston Indonesia dengan menjadi market leader pada kategori Gas Instant Water Heater. Ariston Indonesia juga meraih Double Sales Growth untuk kategori Renewable Water Heater.

Tak hanya pertumbuhan bisnis, Ariston Indonesia juga turut mendonasikan water heater untuk para tenaga medis,

“Kami memberikan donasi di beberapa rumah sakit di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek),” ujar Erwin.

Ke depannya, kata Erwin, Ariston Indonesia akan terus tumbuh sebagai sebuah brand dan memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar. Hal itu dilakukan dengan terus mengembangkan produk water heater yang sesuai dengan pasar Indonesia.

Misalnya, electric water heater dengan daya listrik rendah untuk mengakomodasi keterbatasan listrik di kota-kota kecil di Indonesia.

Tak hanya itu, Ariston Indonesia, kata Erwin akan menambah varian gas water heater yang cocok untuk kebutuhan daerah pelosok Indonesia.

Pihaknya sedang mengembangkan produk electric instant water heater dengan desain yang elegan dan fitur keamanan ekstra untuk segmentasi konsumen hign end di kota besar.

“Selain itu, Ariston Indonesia melengkapi varian water heaterrenewable, seperti solar water heater, heatpum water heater, hybrid water heater,” ujar Erwin.

Sebagai komitmen memberikan pelayanan terbaik, lanjut Erwin, Ariston Indonesia terus mengembangkan jaringan purnajual di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan dengan menambah Ariston Authorized Service Center setiap tahun.

Selain itu, Ariston Indonesia juga akan memusatkan seluruh layanan servis pada call center di nomor 1500-986.

“Ariston berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh konsumen di Indonesia,” tutur Erwin.

Sebagai informasi, Ariston meluncurkan smart water heater pertama di Indonesia pada 2020, yakni Andris2 Top Wi-Fi. Produk ini merupakan pemanas air pertama yang dilengkapi dengan Wi-Fi dan mobile application sehingga dapat diakses di mana pun dan kapan pun.

Andris2 Top Wi-Fi juga dibekali dengan elemen pemanas berbahan titanium untuk daya tahan yang kuat dan bergaransi seumur hidup.

Tak hanya itu, Ariston juga melengkapi rangkaian produk inovatifnya melalui Ariston Slim2 Double Power. Produk ini hadir dengan dua pilihan daya listrik serta teknologi Eco Evo untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan keluarga Indonesia.

Ariston Comfort Challenge

Erwin mengatakan bahwa Ariston turut menjaga konsistensi dalam memberikan solusi terbaik untuk pemanas air dan menghadirkan kenyamanan bagi semua orang.

Hal tersebut dibuktikan dengan kampanye yang digelar pihaknya, yakni Ariston Comfort Challenge. Pada kampanye itu, produk Ariston terbukti mampu menghadirkan kenyamanan bagi para peneliti di Greenland yang dihadapkan dengan kondisi lingkungan sangat ekstrem.

Melalui misi tersebut, Ariston telah menyumbangkan dan membangun rumah modular bertajuk “The Ariston Comfort Zone” sebagai tempat perlindungan yang hangat bagi sekelompok ilmuwan dari Copenhagen University.

Para ilmuwan tersebut terlibat dalam studi perubahan iklim di Pulau Disko. Sebagai informasi, Pulau Disko merupakan pulau terpencil dan dingin dengan suhu mencapai minus 19 hingga minus 40 derajat Celsius pada musim dingin.

Melalui pelaksanaan proyek tersebut, kata Erwin, Ariston terbukti selalu memberikan kualitas unggul melalui produk-produknya.

Ia menjamin, produk Ariston mampu bekerja dengan baik dan terbukti berhasil memberikan kenyamanan untuk semua orang.

Erwin mengaku bangga dengan pencapaian Ariston Thermo Indonesia sebagai pemimpin pasar kategori pemanas air di Indonesia. Ariston akan terus berinovasi dan beradaptasi guna memberikan produk dan layanan terbaik untuk konsumen.

“Dengan demikian, konsumen akan terus memercayai produk dan layanan kami,” tutur Erwin.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com