Advertorial

Resmi Dihadirkan di Indonesia, Apa Sebenarnya Toyota Gazoo Racing?

Kompas.com - 21/09/2021, 10:20 WIB

KOMPAS.com – Toyota secara resmi menghadirkan brand baru dengan DNA motorsport yang kuat yaitu Toyota Gazoo Racing (TGR) di Indonesia melalui konferensi pers yang digelar secara virtual pada bulan Agustus lalu.

Kehadiran TGR merupakan langkah Toyota untuk memenuhi kebutuhan kendaraan sport dan sporty car bagi masyarakat Indonesia.

Bersamaan dengan peluncuran TGR di Indonesia, Toyota merilis line-up GR Sport, yakni versi sporty dari mobil keluaran Toyota yang sudah eksis. Mobil-mobil ini akan menyandang emblem GR yang merupakan singkatan dari Gazoo Racing.

Line-up GR Sport pertama yang dirilis adalah Toyota Raize GR Sport. Kemudian, lima line-up GR lainnya dirilis dalam waktu bersamaan, yaitu Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Veloz GR Limited.

Menariknya, satu dari seluruh line-up ini yaitu MPV dengan tampilan sporty Veloz GR Limited, diracik oleh anak bangsa dan diproduksi secara terbatas tidak lebih dari 4.000 unit dan eksklusif hanya untuk pasar Indonesia saja.

Toyota Gazoo Racing (GR) Yaris. DOK. Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Gazoo Racing (GR) Yaris.

Selain sporty car, Toyota juga menghadirkan sports car baru yaitu GR Yaris. Kehadiran GR Yaris melengkapi pilihan line-up mobil sport Toyota Gazoo Racing bersama GR Supra yang sudah diperkenalkan terlebih dahulu sejak 2 tahun yang lalu.

Vice President Director TAM Henry Tanoto mengungkapkan, pihaknya memahami betul kebutuhan serta ketertarikan pelanggan akan kendaraan sport dan sporty.

Melalui brand baru tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) ingin memastikan bahwa pelanggan dapat merasakan sensasi berkendara yang menyenangkan dari DNA motorsport yang sudah kami terjemahkan melalui line-up GR di Indonesia.

“Oleh karena itu, hari ini dengan bangga kami hadirkan Toyota Gazoo Racing di Indonesia untuk menjawab kebutuhan mobilitas setiap individu yang berjiwa sporty,” tutur Henry dalam virtual launching Toyota Gazoo Racing di YouTube Toyota Indonesia.

Kehadiran Toyota Gazoo Racing di Indonesia cukup menarik. Lantas, apa sebenarnya Toyota Gazoo Racing tersebut?

Toyota Gazoo Racing merupakan divisi balap motorsport global Toyota yang bertugas untuk meningkatkan performa mobil. Divisi ini juga kerap berlaga di ajang balap bergengsi dunia.

Beberapa ajang balap dunia bergengsi kerap diikuti oleh tim Toyota Gazoo Racing. Termasuk World Rally Championship (WRC), World Endurance Championship (WEC), dan Dakar Rally.

Meski resmi dibentuk pada 2015, jejak langkah Toyota Gazoo Racing sebenarnya sudah dimulai pada 2007. Saat itu, para karyawan Toyota secara sukarela bergabung dalam tim balap yang diberi nama Gazoo Racing.

Mereka yang belum memiliki pengalaman dalam ajang balap memberanikan diri untuk mengikuti ajang balap ketahanan mobil Nürburgring 24 Jam di Jerman.

Ajang tersebut menuntut mereka mengitari sirkuit pegunungan sepanjang 20 kilometer (km) dengan kontur jalan berliku, naik-turun, serta beraspal mulus dan beton. Belum lagi, kondisi cuaca yang tidak menentu menyebabkan balapan di Nürburgring 24 Jam penuh tantangan.

Berbagai line-up motorsport Toyota Gazoo Racing (TGR). DOK. Toyota Astra Motor (TAM) Berbagai line-up motorsport Toyota Gazoo Racing (TGR).

Saat Akio Toyoda yang saat ini menjabat sebagai President of Toyota Motor Corporation, turut berpartisipasi dengan memegang peran sebagai master driver dan berjibaku dengan kerasnya persaingan nonstop selama 24 jam.

Berkat semangat dan tekad kuat, Toyota Gazoo Racing berhasil menyelesaikan balapan. Inilah pencapaian pertama yang menggambarkan semangat TGR dalam menghadapi tantangan untuk memulai perubahan.

Determinasi untuk meraih poin tertinggi itu pula yang mendorong berdirinya TGR pada 2015. Motorsports diposisikan Toyota sebagai bagian dari komitmen untuk membuat mobil produksi massal yang lebih baik pada masa depan.

President Director TAM Susumu Matsuda pada peluncuran Toyota Gazoo Racing di Indonesia menyampaikan semangat itu. Menurutnya, lewat TGR, Toyota senantiasa berkomitmen menghadirkan ever-better cars dengan berpartisipasi aktif di ajang motorsport dunia.

“Kami yakin bahwa tantangan dan tekanan selama berkompetisi dapat meningkatkan skill dan insting engineer kami dalam memahami batasan produk yang digunakan sehingga kualitas produk bisa terus meningkat,” terang dia.

Filosofi untuk menghadirkan ever-better cars

Dalam menghadirkan ever-better cars, Toyota Gazoo Racing telah menetapkan empat filosofi. Filosofi ini digunakan untuk melahirkan terobosan dan inovasi yang selanjutnya bisa diterapkan ke produk versi jalan raya.

  1. Roads Build People, and People Builds Car

Beragam jenis jalan yang ada di seluruh dunia melatih TGR untuk membuat mobil-mobil yang lebih baik dan menantang. Sebab, menurut Toyota, jalan adalah guru terbesar yang mengajarkan bagaimana seharusnya sebuah mobil dibuat.

  1. The Harsh Environment of Racing

Toyota Gazoo Racing selalu beranggapan bahwa balapan merupakan tempat latihan yang ideal. Melalui lingkungan ekstrem ini, peristiwa tidak terduga akan terjadi dan keputusan kilat harus segera dibuat.

Pengalaman tersebut menantang dan menginspirasi TGR untuk belajar dan mendukung pengembangan ever-better cars.

  1. Dialogue with the Road

Berbagai medan jalan yang bervariasi selalu menginspirasi TGR untuk berinovasi. Mobil-mobil Toyota harus dapat melalui beragam medan, mulai dari jalan pegunungan yang membeku, jalan setapak panas yang melewati gurun, jalan yang meliuk-liuk, hingga jalan lurus tidak berujung.

  1. Driver-centric

Pengemudi merupakan fokus utama dalam pengembangan kendaraan. Untuk itu, TGR selalu berkomitmen menciptakan mobil yang dapat dikendalikan dan membuat pengemudi merasa nyaman.

Di belakang, pengemudi bisa berkomunikasi dengan kendaraan menggunakan semua indra. Umpan balik pengemudi dapat membantu TGR membuat ever-better cars.

Dukungan Toyota Gazoo Racing untuk Indonesia

Tidak hanya menghadirkan mobil sport dan sporty, Toyota Gazoo Racing juga akan mendukung aktivitas otomotif lain yang menajamkan DNA motorsport TGR. Salah satunya, kejuaraan motorsport nasional

TGR akan membawa tim balap Toyota di Indonesia ke level nasional dan internasional. Selain itu, TGR akan pula menjadikan balap lokal sebagai sarana dan modal penting dalam meramu formula kendaraan masa depan Toyota yang memenuhi keinginan pelanggan hingga 100 tahun ke depan.

Di samping itu, TGR juga akan rutin mengirim pembalap Indonesia ke acara Toyota Gazoo Racing Festival (TGRF). Untuk diketahui, TGRF merupakan ajang motorsport internasional yang diikuti pembalap Toyota dari berbagai negara dalam menguji atau meningkatkan kemampuan dalam berkompetisi.

Ajang balap internasional itu diselenggarakan Toyota setiap tahun sebagai bentuk apresiasi kepada pembalap Toyota yang meraih prestasi terbaik.

Kemudian, dalam era digital seperti sekarang, TGR turut menghadirkan platform virtual melalui kompetisi e-Motorsports Toyota Gazoo Racing GT Cup 2021 di Indonesia.

Peserta yang menang di kompetisi nasional hingga babak final akan dikirim ke tingkat regional. Jika berhasil, mereka bisa melenggang ke tingkat global.

TGR akan terus melanjutkan tradisi balap online untuk menggali berbagai potensi pembalap virtual lokal sekaligus mendukung pengembangan produk berdasarkan input dari para peserta dan pemenang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com