Advertorial

Berencana Menginap di Hotel Bujet Saat Liburan? Berikut Tips Memilih Hotel yang Ramah bagi Kantong

Kompas.com - 22/09/2021, 15:46 WIB

KOMPAS.com – Selain itinerary, akomodasi merupakan salah satu hal yang perlu dipersiapkan secara matang saat merencanakan liburan. Pasalnya, pemilihan hotel yang tepat akan menentukan kenyamanan saat berwisata.

Seperti halnya menyusun itinerary, kamu harus menyediakan waktu khusus untuk mencari hotel. Sebaiknya, sesuaikan pilihan dengan tanggal liburan dan bujet yang sudah direncanakan.

Jika ingin berwisata dengan bujet hemat, tak ada salahnya memilih hotel dengan harga terjangkau. Berikut Kompas.com rangkum tips mencari hotel yang nyaman sekaligus ramah bagi kantong untuk liburan.

  1. Tentukan lokasi

Lokasi penginapan akan menentukan harga kamar. Untuk itu, sebelum memilih lokasi penginapan, pastikan itinerary dan daftar tempat wisata yang dikunjungi sudah tersusun rapi.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan lokasi penginapan yang memiliki akses mudah menuju lokasi wisata yang hendak disambangi.

Selain lokasi yang strategis dan memudahkan kamu untuk menjangkau semua tempat wisata dalam itinerary, pastikan hotel mudah diakses dengan transportasi umum. Hal ini penting karena bisa menekan pengeluaran untuk biaya transportasi.

  1. Pilih tanggal yang tepat

Seperti halnya membeli tiket pesawat, tanggal pemesanan kamar hotel juga memengaruhi harga yang harus kamu bayar untuk menginap. Pada tanggal-tanggal tertentu, harga kamar hotel bisa melambung tinggi. Untuk itu, saat merencanakan tanggal liburan, pertimbangkan juga hal ini.

Hindari tanggal-tanggal "kejepit" atau tanggal yang terletak di antara dua hari libur. Pasalnya, pada periode ini banyak orang yang hendak berlibur sehingga harga lebih mahal karena permintaan kamar hotel meningkat.

Namun, bila berencana liburan pada peak season, ada baiknya pilih hotel yang lokasinya bukan di pusat kota. Untuk mendapatkan penginapan dengan harga miring, tak ada salahnya menginap di hotel yang relatif jauh dari pusat keramaian tapi mudah diakses dengan transportasi umum.

  1. Baca ulasan sebelum pesan hotel

Meninjau ulasan orang lain yang sudah lebih dulu menginap wajib dilakukan sebelum menentukan hotel pilihan. Perhatikan pula rating atau penilaian yang diberikan pada hotel tersebut.

Hal itu penting agar tak kecewa akibat kondisi bangunan dan ketersediaan fasilitas hotel tidak sesuai dengan yang ditampilkan pada situs web pemesanan.

Pasalnya, bisa saja pihak hotel belum memperbarui informasi yang ada di situs web, kualitas pelayanan dan bangunan menurun akibat usia hotel, atau sejumlah perubahan lain dalam manajemen hotel.

Meski demikian, kamu juga harus realistis jika tinggal di penginapan seharga hostel. Jangan berharap terlalu tinggi untuk mendapatkan hotel yang indah, megah, dan pelayanan kelas wahid karena layanan yang tersedia disesuaikan dengan tarif yang ditawarkan.

  1. Manfaatkan promo

Untuk mendapatkan hotel dengan harga murah, kamu bisa memanfaatkan promo yang ditawarkan, mulai dari diskon hingga cashback

Sebab itu, aktif mencari promo adalah kunci untuk mendapat hotel dengan harga terbaik. Pasalnya, tak sedikit pihak hotel yang menawarkan diskon, baik melalui media sosial maupun situsweb.

Selain itu, cek pula promo yang tengah berlangsung di platform travel. Dengan memanfaatkan promo tersebut, bujet hotel bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain selama liburan.

  1. Pesan di platform tepercaya

Agar proses reservasi hotel semakin mudah dan berpeluang mendapatkan promo, kamu bisa memesan di platform tepercaya, seperti di Tokopedia.

Selain aman, melalui Tokopedia, kamu bisa mendapatkan pilihan hotel yang beragam dengan berbagai promo menarik.

Cukup dengan mencari nama hotel dan mengatur tanggal sesuai dengan keinginan, reservasi hotel kamu sudah dalam genggaman. Kamu pun bisa memesan penginapan dengan bujet hemat di Tokopedia.

Jika berencana liburan ke Yogyakarta, misalnya, kamu bisa menginap di Reddoorz Jogja dekat Jogja National Museum di kawasan Wirobrajan. Cukup membayar Rp 91.476, kamu bisa mendapatkan tempat menginap yang nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Kamu bisa memperoleh fasilitas WiFi, kamar dengan air conditioner (AC), kamar mandi dengan amenities lengkap, televisi, pilihan tempat tidur single atau double, hingga sarapan pagi.

Sementara, untuk kamu yang hendak traveling ke Kota Medan, bisa menginap di Reddoorz Medan Plus Cemara Asri Medan dengan harga Rp 171.600. Fasilitasnya pun lengkap, seperti kamar luas dengan AC, amenities, hingga WiFi.

Bahkan, Reddoorz Medan Plus Cemara Asri Medan sudah mendapatkan hygiene verified sehingga kamu tak usah khawatir soal kebersihan karena sesuai standar selama pandemi Covid-19.

Jika hendak liburan ke Kota Bogor, kamu juga bisa menginap dengan biaya hemat di Reddoorz Bogor Kebun Raya Bogor. Dengan harga terjangkau dan fasilitas yang memuaskan, liburanmu terasa nyaman dan menyenangkan.

Nah, itulah tips mencari penginapan dengan bujet hemat. Bagaimana, sudah tak sabar untuk segera liburan? 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com