Advertorial

Jadi Motor Terbaik di Kelasnya, Berikut Keistimewaan Yamaha Nmax

Kompas.com - 24/09/2021, 16:00 WIB

KOMPAS.com – Yamaha Nmax dinilai menjadi salah satu kendaraan roda dua terbaik yang ada di kelas 150 – 160 cc saat ini.

Pasalnya, skuter matik (skutik) andalan Yamaha tersebut telah dilengkapi dengan beragam fitur dan performa jempolan yang mampu memberikan kenyamanan berkendara bagi penggunanya.

Bahkan, seri terbaru skutik premium tersebut, yakni All New Nmax 155 Connected ABS, mendapatkan sejumlah penghargaan prestisius, seperti Motorcycle of The Year dan Best Skutik di kelas 150 cc dalam ajang penghargaan GridOto Award 2020 dan Bike of The Year pada gelaran Otomotif Award 2020.

Penghargaan itu diberikan kepada All New Nmax 155 Connected ABS setelah kendaraan tersebut berhasil melewati serangkaian seleksi dan uji performa berdasarkan parameter penilaian yang meliputi banyak hal. Salah satunya, terkait kelengkapan fitur.

Sebagai informasi, Yamaha melengkapi All New Nmax 155 Connected ABS dengan fitur canggih bernama Yamaha-Connect (Y-Connect).

Fitur tersebut didukung lewat aplikasi yang berfungsi menghubungkan unit motor dengan smartphone melalui perangkat Communication Control Unit (CCU) yang bisa diakses via Bluetooth. Dengan fitur tersebut, pengendara bisa memantau kondisi kendaraan dan data berkendara secara real-time lewat smartphone-nya.

Lantas, hal apa lagi yang membuat Yamaha Nmax begitu digemari masyarakat hingga berhasil meraih beragam penghargaan bergensi? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Handling mumpuni

Ukuran body yang besar tidak mengurangi kelincahan Yamaha Nmax. Ini lantaran Yamaha Nmax memiliki sudut belok setang yang lebar sehingga radius putarnya tetap kecil.

Kelincahan juga didukung oleh keberadaan sasis yang berfungsi untuk mengakomodasi mesin dengan engine mounting yang berada di bagian bawah.

Aktor laga Iko Uwai dengan Yamaha Nmax Dok. Yamaha Aktor laga Iko Uwai dengan Yamaha Nmax

Pada bagian suspensi, seluruh varian generasi terbaru Nmax telah didukung dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang model ganda yang telah dilengkapi tabung atau subtank rear suspension.

Adapun subtank rear suspension berfungsi untuk menjaga tekanan oli pada tabung yang berada di bagian shockbreaker agar tetap tinggi sehingga dapat meredam benturan saat berkendara.

Selain itu, suspensi belakang All New NMAX 155 Connected ABS juga dapat disetel preloadnya dalam dua level.

Level pertama diperuntukan untuk berkendara seorang diri karena bersifat lebih empuk. Sementara, level kedua untuk berkendara berdua atau berboncengan karena suspensi dibuat sedikit lebih keras untuk mencegah terjadinya bottoming.

Yamaha juga memberikan kenyamanan berkendara bagi setiap pengguna Nmax seri terbaru. Hal tersebut dibuktikan melalui desain motor yang menghadirkan segitiga ergonomi dengan baik dan proporsional agar dapat menopang tubuh pengendara dengan sempurna. 

Dengan demikian, pengguna All New Nmax 155 Connected ABS tidak mudah lelah selama perjalanan.

Selain itu, pada posisi kaki, Yamaha memberikan dua opsi pijakan berkendara sehingga pengguna motor dapat lebih fleksibel dalam meletakkan kakinya.

Pertama, di pijakan normal. Pijakan ini akan membuat kaki membentuk posisi 90 derajat. Kedua, pijakan di bagian atas untuk meluruskan posisi kaki ala motor cruiser. Pijakan ini membuat posisi berkendara jadi lebih santai dan rileks.

Keamanan berkendara

Dari segi keamanan berkendara, kendaraan roda dua andalan Yamaha tersebut memiliki keunggulan lebih dibanding kompetitornya karena sudah dilengkapi dengan fitur Traction Control System (TCS) dan Dual Channel ABS.

Fitur TCS sendiri berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi atau selip saat sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin dengan memanfaatkan perangkat sensor yang terhubung ke Engine Control Unit (ECU).

Pada mode default atau setelan standard pabrikan, fitur TCS akan selalu berada dalam keadaan aktif. Namun, pengendara juga bisa menonaktifkannya dengan menekan tombol switch control yang terletak di kiri stang kemudi.

 Adapun tampilan menu fitur tersebut dapat dilihat di layar speedometer.

Sementara, untuk Dual Channel ABS, fitur ini berperan mengoptimalkan fungsi pengereman kedua roda agar lebih stabil dan tidak mengunci saat melakukan pengereman mendadak (hard braking).

Sebagai informasi, saat ini fitur ABS Dual Channel baru tersedia pada motor All New NMAX untuk kelas matik premium 150 - 160 cc.

Pada bagian ban, All New Nmax juga masih menggunakan pelek berukuran 13 inci dan ban tubeless dari IRC dengan ukuran lebar 110/70-13 di bagian depan dan 130/70-13 di bagian belakang.

Berkat ukuran bannya yang lebar mampu memberikan kestabilan dan daya cengkram ke aspal dengan baik.

Performa maksimal

Salah satu alasan mengapa Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS begitu digemari oleh masyarakat adalah karena performanya yang mumpuni. Hal tersebut dapat dilihat dari mesin Blue Core 155cc yang memiliki tenaga hingga 15,15 horsepower (HP)/8.000 Revolutions Per Minute (RPM) dengan torsi maksimal 13,9 Newton meter (Nm) atau setara 6.500 rpm.

Selain itu, dengan konfigurasi SOHC 4 katup khas Yamaha yang dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA) mampu membuat All New Nmax 155 Connected ABS mengoptimalkan torsi mesin pada tiap tingkat kecepatan.

Teknologi canggih dari Yamaha tersebut dapat menghasilkan tenaga mesin yang merata di setiap percepatan sehingga tidak ada power delay pada saat berakselerasi di jalan datar maupun menanjak.

Irit bahan bakar

Yamaha selalu berinovasi dengan teknologi terbaik untuk menunjang keunggulan dan performa sepeda motor produksinya.

Salah satu inovasi tersebut mereka hadirkan ke dalam teknologi bernama Blue Core, yakni perangkat yang digunakan untuk membuat proses pembakaran pada motor menjadi lebih optimal. Dengan ini, kendaraan jadi irit bensin.

Aktor laga Iko Uwai dengan Yamaha Nmax Dok. Yamaha Aktor laga Iko Uwai dengan Yamaha Nmax

Melansir Gridoto.com, Sabtu (31/3/2018) dengan adanya teknologi Blue Core, Yamaha Nmax mampu menempuh jarak lebih dari 40 kilometer (km) hanya dengan 1 liter bahan bakar minyak (BBM). 

Hasil tersebut dapat lebih irit lagi jika pengguna motor berkendara dengan gaya eco riding atau menjaga bukaan gas tetap konstan dan smooth di kecepatan rendah.

Sebagai catatan, Hasil konsumsi BBM dapat berbeda-beda karena mengacu pada berbagai faktor, seperti bobot pengendara, gaya berkendara, kondisi jalan yang dilewati, dan motor yang digunakan.

Itu tadi keunggulan Yamaha Nmax yang membuat motor tersebut mampu merebut hati para bikers yang ada di Tanah Air.

Tak hanya #PerformaMaksimal, Yamaha Nmax juga memiliki #KontrolMaksimal yang membuatnya cocok untuk menunjang mobilitas berkendara di segala situasi dan medan.

Untuk informasi detail mengenai Yamaha Nmax, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com