Advertorial

Bikin Program Go Collaborative, Pertamina SMEXPO Gandeng 250 UMKM

Kompas.com - 27/09/2021, 20:07 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) terus menunjukkan komitmen untuk mendukung kemajuan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Seperti diketahui, UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui salah satu program inisiatif Pertamina, yakni Go Collaborative. Pada program ini, Pertamina menggandeng 250 UMKM dari berbagai daerah di Indonesia untuk terlibat aktif dalam perhelatan Pertamina SMEXPO 2021 di Kalimantan Timur pada Oktober 2021.

Pejabat Sementara (Pjs) Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bahwa sebagai lokomotif perekonomian nasional, Pertamina akan terus mendorong UMKM Indonesia agar tetap bertahan, maju, dan go international

“Kita harus berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya UMKM Indonesia, tapi juga Pertamina,” ujar Fajriyah dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (27/9/2021).

Menurut Fajriyah, Pertamina juga telah mempersiapkan wadah bagi UMKM Indonesia untuk dapat mengembangkan pasar domestik sekaligus internasional.

Sebagai informasi, pelaksanaan Pertamina SMEXPO 2021 juga merupakan salah satu langkah Pertamina untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Gerakan ini merupakan inisiatif pemerintah untuk mendukung kemajuan UMKM Indonesia.

“Pertamina SMEXPO tentunya ikut mendukung program yang memiliki semangat sama untuk kemajuan UMKM Indonesia,” tegas dia. 

Pada marketplace Pertamina SMEXPO 2021, lanjut Fajriyah, penggemar produk UMKM dapat menemukan ribuan produk UMKM asli dan berkualitas hasil karya anak bangsa.

Seperti tahun lalu, UMKM yang terlibat pada perhelatan Pertamina SMEXPO 2021 juga akan dibagi menjadi beberapa kategori, yakni makanan dan minuman, busana, furnitur, kerajinan, agrobusiness, serta produk grosir.

Untuk diketahui, Pertamina SMEXPO 2020 telah sukses digelar pada 9-11 September 2020. Acara ini menghadirkan 1.780 produk UMKM dari 100 mitra binaan Pertamina terpilih.

Pada kegiatan tersebut, Pertamina SMEXPO mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai “Expo UMKM secara Online dengan Produk Terbanyak”. 

Sebagai informasi, selain menghadirkan beragam produk UMKM hasil karya anak bangsa, Pertamina SMEXPO 2021 juga akan dimeriahkan dengan TikTok Competition.

Fajriyah menjelaskan, terdapat tiga kategori yang dilombakan pada TikTok Competition, yaitu kategori Ceritakan Bisnismu, Share atau Review Produk UMKM, dan Tarian Khas Kalimantan Timur.

“Lewat kompetisi tersebut, UMKM Indonesia diharapkan dapat menyinergikan berbagai kanal media sosial untuk mempromosikan produk-produknya,” tutur Fajriyah.

Untuk mengetahui rangkaian acara Pertamina SMEXPO 2021, profil UMKM, serta beragam produk unggulan UMKM, para pelaku dan penggemar produk UMKM bisa mengikuti akun Instagram @gen_umkm.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com