Advertorial

Sigap Bantu Tangani Covid-19, Alfamart Wujudkan Rumah Oksigen Gotong Royong

Kompas.com - 28/09/2021, 16:59 WIB

KOMPAS.com – Guna membantu warga terpapar Covid-19 menjalani isolasi terpusat, PT Sumber Alfaria Tbk atau Alfamart mendukung inisiatif pembangunan Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR).

ROGR merupakan fasilitas isolasi mandiri terpusat semipermanen yang dilengkapi akses oksigen bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

Fasilitas tersebut diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, GoTo, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Master Steel, Tripatra Engineers and Constructors, Halodoc, serta Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB).

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, peran aktif Alfamart diharapkan bisa mempercepat upaya penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

“Dukungan (yang kami berikan) merupakan upaya berkelanjutan untuk membantu pemerintah. Kami sadar bahwa dengan isolasi terpusat, pasien Covid-19 bisa terpantau kesehatannya dan dirawat sampai sembuh. Selain itu, bisa mencegah penularan ke anggota keluarga lain,” terang Solihin dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Sebagai sebuah fasilitas isolasi, ROGR yang beroperasi sejak Senin (2/8/2021) memiliki 500 tempat tidur yang terbagi dalam empat rumah isolasi. Tenaga medis, dokter, perawat, dan apoteker di fasilitas ini pun disiagakan 24 jam.

ROGR juga memiliki poli umum, mini high care unit (HCU), instalasi gawat darurat (IGD), depo farmasi 24 jam, dan ruang gizi. Tidak hanya itu, ROGR juga dilengkapi dengan oksigen yang mengalir langsung dari Pabrik PT Aneka Gas Industri Tbk lewat pipanisasi sebanyak 350-400 liter per jam.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Task Force Inisiator Rumah Oksigen Joseph Pangalila mengatakan bahwa pandemi belum berakhir meski tren kasus menunjukkan penurunan.

“Oleh karena itu, fasilitas isolasi terpusat, seperti ROGR, tetap dibutuhkan untuk terus menekan angka penularan. Di ROGR, pasien yang dirawat tidak perlu khawatir karena mereka dipantau terus oleh tenaga kesehatan berpengalaman dan mendapatkan paket obat sesuai panduan Kementerian Kesehatan (Kemenkes),” terangnya.

Apresiasi terhadap dukungan Alfamart juga datang dari YABB sebagai lead fundraiser ROGR. Chairwoman YABB Monica Oudang mengatakan, dukungan yang diberikan oleh berbagai pihak, termasuk Alfamart, sangat berarti.

“Upaya gotong royong pihak swasta, pemerintah, dan mitra strategis seperti inilah yang bisa mempercepat penanganan pandemi. Kami percaya bahwa dengan gotong-royong, Indonesia bisa segera keluar dari pandemi,” kata Monica.

Selain mendukung ROGR, komitmen Alfamart untuk menangani pandemi juga terwujud dengan menyiapkan UBM Housing sebagai lokasi isolasi pasien Covid-19 bagi karyawan dan warga yang terkonfirmasi positif.

“Pandemi adalah ujian bagi rasa kemanusiaan. Sudah sepantasnya bagi kita untuk saling memberikan bantuan kepada sesama. Melalui dukungan ini, kami juga ingin aktif membantu pemerintah dalam memerangi pandemi agar Indonesia bisa melewati masa-masa penuh tantangan. Dengan begitu, Indonesia akan menjadi negara yang semakin kuat atas semangat gotong-royong,” kata Solihin.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com