Advertorial

Forum Indonesia Bangkit Vol 3: Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022

Kompas.com - 29/09/2021, 15:53 WIB

KOMPAS.com – Untuk mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menyelenggarakan Forum Indonesia Bangkit, Rabu (29/9/2021).

Forum yang diselenggarakan sepanjang 2021 tersebut bertujuan membangun optimisme pelaku usaha dan masyarakat selama pandemi Covid-19.

Kali ini, Forum Indonesia Bangkit mengusung tema “Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022”. Forum tersebut mengulas strategi pertumbuhan ekonomi dan bisnis, membangkitkan optimisme, dan meningkatkan daya beli masyarakat menuju Indonesia Berdaya 2022.

Forum Indonesia Bangkit Vol. 3 menghadirkan pembicara-pembicara utama dari berbagai sektor, seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyampaikan keynote speech mengenai “Strategi Kerja Pemerintah Bidang Ekonomi Tahun 2022 untuk Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Hadir pula Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang memaparkan “Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional 2022” dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang berbagi pandangan tentang “Optimisme Investasi 2022: Kontribusi Pemulihan Ekonomi”.

Selain itu, para pelaku usaha turut menjadi narasumber. Mereka adalah Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan, CEO Grup Indika Energy Azis Armand, Chairman Garudafood dan DAW Group Sudhamek AWS, serta CEO GoTo Andre Soelistyo.

Dalam paparannya, Tigor M Siahaan mengapresiasi langkah pemerintah yang tidak pernah surut dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan melibatkan semua elemen bangsa, termasuk dunia usaha dan perbankan. Pihaknya meyakini, walau pandemi Covid-19 masih berlangsung, selalu ada harapan untuk bangkit.

“Sejarah membuktikan, Indonesia selalu mampu keluar dari tekanan krisis, tumbuh, dan bangkit lebih kuat lagi. Karena itu, kami optimistis untuk mewujudkan Indonesia Berdaya 2022,” ujar Tigor dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Tanggung jawab bersama itu, lanjut Tigor, akan diupayakan sekuat tenaga dengan mengedepankan semangat nasionalisme dan kolaborasi dari semua pihak.

Sebagai wujud nyata dari dukungan tersebut, CIMB Niaga berkomitmen untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi melalui sumbangsih dari sisi bisnis dan berbagai inisiatif yang dimiliki.

Salah satunya dengan mendukung penuh program stimulus pemerintah, seperti mengimplementasikan program restrukturisasi dan relaksasi kredit bagi nasabah yang memenuhi ketentuan.

Melalui program tersebut, CIMB Niaga membantu nasabah agar bisa menghadapi tantangan dan mempertahankan kelangsungan bisnisnya di tengah pandemi.

CIMB Niaga juga mengoptimalkan layanan digital banking untuk memudahkan layanan kepada nasabah. Saat ini, layanan bagi nasabah consumer diarahkan melalui superapp OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks.

Sementara itu, nasabah business dapat menggunakan BizChannel@CIMB dan BizChannel@CIMB Mobile. Hingga 30 Juni 2021, 96 persen dari total transaksi finansial nasabah telah dilakukan melalui layanan digital banking channels tersebut.

“Kami juga terus berinovasi untuk menghadirkan produk-produk yang sejalan dengan kebijakan keuangan berkelanjutan (sustainability finance), melalui dua program pembiayaan, yaitu sustainability linked-loan/financing (sll) dan sustainable financing,” kata Tigor.

Kedua program tersebut, lanjutnya, bertujuan untuk mendukung pencegahan dampak perubahan iklim, ekonomi rendah karbon, dan tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Lebih lanjut, Tigor menjelaskan bahwa CIMB Niaga juga menginisiasi gerakan sosial #SolidLawanCovid yang bertujuan membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dan mendukung perjuangan para tenaga medis.

Demi mempercepat program vaksinasi nasional guna menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity), CIMB Niaga turut aktif dalam program vaksinasi, baik secara internal melalui Vaksinasi Gotong Royong maupun bersama industri perbankan yang ditujukan bagi masyarakat umum, nasabah, karyawan, dan keluarga karyawan bank.

Sebab, CIMB Niaga percaya, keberhasilan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat oleh semua pihak akan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Sebagai informasi, penyelenggaraan Forum Indonesia Bangkit Vol. 3 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Bulan Ulang Tahun ke-66 CIMB Niaga. Memasuki usia yang semakin matang, CIMB Niaga makin memantapkan peran dan eksistensinya dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa.

Tigor meyakini, semangat positif dari semua pihak membuat CIMB Niaga semakin kuat menghadapi tantangan dan memberikan yang terbaik bagi bangsa untuk bangkit kembali meraih mimpi.

Sebagai salah satu bank inovatif di Indonesia, CIMB Niaga konsisten meningkatkan layanan perbankan secara komprehensif, penerapan tata kelola perusahaan dan manajemen risiko yang prudent, serta implementasi teknologi terkini.

“Terima kasih kepada seluruh nasabah, masyarakat Indonesia, pemerintah, dan stakeholders atas dukungannya sehingga di usia ke-66 tahun, kami tumbuh menjadi bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset,” ujar Tigor.

Ia pun mengatakan, CIMB Niaga akan terus memberikan kontribusi dan inspirasi untuk melakukan yang terbaik berlandaskan nilai-nilai integritas dan profesionalisme demi mewujudkan visi menjadi bank pilihan masyarakat Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com