Advertorial

DPD RI Gelar Webinar Festival Beasiswa Nusantara “Dari Daerah untuk Indonesia”

Kompas.com - 04/10/2021, 19:17 WIB

KOMPAS.com – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) menggelar webinar Festival Beasiswa Nusantara bertajuk "Dari Daerah untuk Indonesia", Senin (4/10/2021).

Webinar ini merupakan salah satu rangkaian acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 DPD RI yang jatuh pada Jumat (1/10/2021).

Pada sesi keynote speech dalam webinar tersebut, Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan bahwa webinar tersebut merupakan salah satu upaya DPD RI dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui program beasiswa, khususnya pelajar dan mahasiswa.

“Saat ini, beasiswa masih belum bisa diakses luas di seluruh penjuru dan pelosok Tanah Air. Dengan demikian, DPD RI sebagai wakil daerah bertanggung jawab untuk ikut menyebarkan informasi dan melaksanakan fungsi pengawasan program-program tersebut sesuai dengan tugasnya,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (4/10/2021).

Kemudian, La Nyalla juga berpesan kepada kementerian atau lembaga sebagai pengelola agar beasiswa tidak hanya diberikan kepada pelajar atau mahasiswa yang berprestasi, tetapi juga bagi masyarakat yang kurang mampu.

Apalagi, akibat pandemi Covid-19, banyak pelajar dan mahasiswa harus putus sekolah lantaran tekanan ekonomi.

“Dengan fakta seperti itu, sudah seharusnya pengelola beasiswa memberikan keringanan atau diskresi agar penerima manfaat program lebih tepat sasaran di tengah pandemi Covid-19,” kata La Nyalla.

Senada dengan La Nyalla, Koordinator Bidang Beasiswa Nusantara Bambang Sutrisno mengatakan, webinar itu digelar sebagai salah satu sarana informasi terkait program beasiswa dari kementerian atau lembaga yang dibutuhkan bagi para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Dengan demikian, pihak kementerian atau lembaga dan para mahasiswa dapat saling berkomunikasi terkait program beasiswa.

“Saya yakin, program itu dapat meningkatkan SDM dalam rangka menyerahkan tongkat estafet di masa sekarang atau masa depan," ujar Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Acara Peringatan HUT ke-17 DPD RI dan Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni menjelaskan, webinar mengenai beasiswa tersebut memiliki sejumlah tujuan.

Pertama, merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia dengan meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan.

Kedua, memperluas akses informasi beasiswa ke seluruh Nusantara. Ketiga, mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya di bidang pendidikan.

“Keempat, agar beasiswa tidak hanya dinikmati untuk golongan tertentu, melainkan bisa merata dan tepat sasaran. Hal ini sesuai dengan tagline kami ‘Dari Daerah untuk Indonesia’,” jelas Sylviana.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com