Advertorial

Pencinta Mobil Sporty, Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan 5 Line-up GR Toyota!

Kompas.com - 11/10/2021, 11:09 WIB

KOMPAS.com – Selama sepuluh tahun terakhir, minat masyarakat Indonesia terhadap mobil sport ataupun yang bergaya sporty terus berkembang.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, tren mobil sporty di Indonesia sejak dulu. Hingga sekarang, sebut dia, pasar untuk kendaraan dengan tampilan sporty stylish pun masih terus meningkat.

Sebagai jawaban atas hal tersebut, Toyota secara resmi menghadirkan Toyota Gazoo Racing (TGR) di Indonesia pada pertengahan Agustus 2021.

Bersamaan dengan itu, dirilis pula line-up mobil Gazoo Racing (GR), yakni versi sporty dari brand Toyota yang sudah eksis sebelumnya.

Total ada lima lini kendaraan baru yang mendapatkan sentuhan GR, yakni Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan satu mobil multi-purpose vehicle (MPV) edisi terbatas, Veloz GR Limited.

Penasaran dengan spesifikasi dan keunggulan dari line-up GR? Simak rangkumannya berikut.

  1. Rush GR Sport

Toyota Rush Gazoo Racing (GR) Sport.DOK. Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Rush Gazoo Racing (GR) Sport.

Model Toyota Rush GR Sport dihadirkan untuk memenuhi keinginan konsumen terhadap mobil dengan sentuhan sporty.

Selain tampil dengan aura sporty, Rush GR Sport didukung dengan sejumlah improvement yang ditujukan untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada pengguna saat berkendara.

Dalam foto produk yang beredar, bisa dilihat bahwa Rush GR Sport memiliki tampilan lebih sporty pada bagian eksterior. Perubahan ini mencakup tampilan depan dengan desain GR terbaru, bumper belakang, cetakan perak pada bodi samping, serta penggunaan pelek berukuran 17 inci.

Sementara itu, bagian interior Rush GR Sport dilengkapi dengan smart stop atau stop engine button dan digital A/C display yang dapat ditemukan pada konsol tengah.

Rush GR Sport memiliki head unit yang sudah dilengkapi dengan infotainment AVX, kaca spion lipat listrik otomatis, serta fitur baru pada sistem idling stop.

Pelanggan pun tidak perlu khawatir soal warna yang ditawarkan. Total, ada enam warna yang bisa dipilih, yakni White, Silver Mica Metallic, Bronze Mica Metallic, Black Mica, Dark Red Mica Metallic, dan Deep Maroon Mica.

  1. Fortuner GR Sport

Toyota Fortuner Gazoo Racing (GR) Sport.DOK. Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Fortuner Gazoo Racing (GR) Sport.

Tidak hanya bermodalkan tampilan sporty, Toyota Fortuner GR Sport dilengkapi dengan fitur baru, yakni spoiler bumper depan baru dan gril dengan lampu depan LED pada bagian fascia. Tampilan ini diperkokoh dengan adanya aksen berwarna krom gelap pada luar mobil.

Didesain menggunakan teknologi LED, lampu kabut menjadi lebih terang. Penutup lampu pun terlihat keren dengan desain super-edgy.

Pada bagian belakang, terdapat spoiler bumper hitam yang elegan. Emblem GR Sport disematkan di bagian kanan bawah. Semua perubahan ini dibuat sangat detail agar memancarkan ketangguhan Fortuner GR Sport.

Beralih ke bagian roda, penggunaan pelek two tone pada keempat roda membuat Fortuner GR Sport tampil tangguh dan bergaya. Desain eksterior ini dipercantik dengan aksesori berupa stiker pada pintu baris kedua.

Selain itu, Fortuner GR Sport juga dilengkapi dengan power back door, yakni teknologi otomatis yang memudahkan pengguna ketika membuka pintu bagasi sambil membawa barang. Hanya dengan menggerakan kaki di bawah sensor yang terletak di bumper belakang, pintu bagasi akan terbuka secara otomatis.

Tidak banyak perubahan pada bagian interior. Sama seperti versi sebelumnya, Fortuner GR Sport masih menyajikan kabin luas dengan jok berlapis kulit.

Secara warna, desain interior memiliki tone yang gelap, mewah, dan sporty. Dasbor mobil dilengkapi berbagai fitur canggih, di antaranya new adaptable auto A/C dual zone, layar head unit 9 inci dengan fitur smartphone connectionvoice command, hingga near field communication (NFC).

Fortuner GR Sport hadir dalam lima varian warna yang menarik, yaitu Super White, Silver Metallic, Dark Grey Mica Metallic, Attitude Black, dan Phantom Brown Metallic.

  1. Yaris GR Sport

Toyota Yaris Gazoo Racing (GR) Sport.DOK. Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Yaris Gazoo Racing (GR) Sport.

Yaris GR Sport memiliki tampilan eksterior yang sporty. Ini terlihat dari tambahan bumper pada bagian depan mobil. Sedangkan pada bagian belakang terdapat diffuserspoiler baru, dan side skirt GR Sport.

Tampilan interior mobil mengedepankan aksen kontra merah yang sangat menonjol. Desain unggulan lain, termasuk jahitan pada setir yang dibungkus kulit, jok, armrest, dan door trim.

Pada varian CVT terdapat tambahan paddle shift di balik setir untuk memudahkan perpindahan gigi. Pada dasbor, terdapat layar sentuh 7 inci.

Untuk memaksimalkan keselamatan pengendara, Yaris GR Sport dilengkapi dengan vehicle stability control (VSC), hill-start assist anti-lock braking system (ABS) atau braking assist (BA) dengan electronic brakeforce distribution (EBD) dan brake assist, serta Isofix.

Terdapat tujuh warna yang ditawarkan, yakni Citrus Mica Metallic, Orange Metallic, Red Mica Metallic, Gray Metallic, Silver Metallic, Super White, dan Attitude Black Mica.

  1. Agya GR Sport

Toyota Agya Gazoo Racing (GR) Sport.DOK. Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Agya Gazoo Racing (GR) Sport.

Agya GR Sport hadir makin sporty. Itu karena bagian eksterior mobil memiliki berbagai ornamen khas GR Sport, di antaranya front bumper spoilerrear roof spoilerrear bumper spoiler, hingga logo GR pada pintu bagasi.

Agya GR Sport juga memiliki lampu depan elegan dilengkapi LED serta kaca spion baru yang dapat disesuaikan. Dua fitur baru ini akan memudahkan pengemudi ketika berkendara.

Bagian samping mobil dilengkapi dengan new side skirt dan bentuk dinamis. Tepat di bagian samping bawah, terdapat desain pelek baru yang membuat tampilan semakin sporty.

Adapun bagian dalam mobil dilengkapi dengan berbagai sentuhan canggih, seperti head unit berteknologi layar sentuh, pengaturan AC digital, hingga tombol engine start/stop.

Terdapat tujuh varian warna yang bisa dipilih, yakni Red, Orange Metallic, Yellow, White, Silver Metallic, Gray Metallic, dan Black.

  1. Veloz GR Limited

Toyota Veloz Gazoo Racing (GR) Limited.DOK. Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Veloz Gazoo Racing (GR) Limited.

Veloz GR Limited memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan seri GR Sport lain. Sebab, MPV dengan tampilan sporty ini diracik oleh anak bangsa dan diproduksi secara terbatas 3.700 unit. Penjualan mobil ini pun hanya dikhususkan untuk pasar Indonesia.

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, tidak banyak perubahan desain interior dan fitur pada Veloz GR Limited. Perusahaan hanya melakukan perubahan desain eksterior.

“Penjualannya hanya kami batasi 3.700 saja. Ini menyesuaikan dengan perayaan ulang tahun ke-50 Toyota,” ungkap Anton.

Secara visual, mobil ini hadir dengan tampilan lebih sporty dan berani dengan bumper baru yang memiliki garis di bagian tengah serta grill yang dilengkapi dengan emblem GR Sport.

Tak hanya itu, Veloz GR Limited juga menggunakan spion dan pelek serba hitam yang membuat tampilannya semakin sporty.

Pada interior, desain dasbor didominasi dengan warna hitam. Terdapat pula tombol smart start/stop engine serta cluster tengah dengan display AC digital.

Pengendara bisa memilih empat warna utama, yakni Super White, Black Metallic, Silver Metallic, dan Dark Red Mica.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com