Advertorial

Bank Mandiri Gandeng Indra Karya Bangun Fasilitas Desalinasi Air Laut di Labuan Bajo

Kompas.com - 14/10/2021, 14:27 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk secara konsisten membantu memperkuat daya dukung infrastruktur wilayah pada sektor pariwisata.

Salah satu dukungan tersebut diwujudkan melalui kolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang konstruksi, PT Indra Karya (Persero).

Melalui kolaborasi itu, Bank Mandiri menyalurkan bantuan senilai Rp 2,1 miliar untuk pembangunan fasilitas desalinasi air laut di di sekitar tempat pelelangan ikan (TPI) Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebagai informasi, fasilitas pemisahan air laut di kawasan wisata superprioritas tersebut akan menjadi salah satu proyek infrastruktur utama

Pasalnya, saat ini, ketersediaan air bersih layak konsumsi merupakan salah satu persoalan mendesak yang harus diselesaikan oleh pemerintah setempat.

Saat meresmikan fasilitas tersebut bersama Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Direktur Utama Indra Karya Milfan Rantawi, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, kolaborasi yang dilakukan Bank Mandiri serta Indra Karya merupakan langkah nyata penerapan budaya kerja BUMN, yaitu Amanah, Kolaboratif, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK).

Pembangunan sarana desalinasi air laut di Labuan Bajo.Dok. Bank Mandiri Pembangunan sarana desalinasi air laut di Labuan Bajo.

Adapun budaya kerja tersebut menjadi acuan bagi BUMN dalam upaya mewujudkan masyarakat BUMN yang adaptif terhadap perkembangan terkini.

“Sejalan dengan semangat BUMN untuk Indonesia, kami meyakini bahwa sinergi tersebut akan semakin memajukan serta menyejahterakan Labuan Bajo sehingga semakin menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara,” ujar Darmawan dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Menurut dia, hal tersebut juga menjadi konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung pembangunan Labuan Bajo yang telah dilakukan selama ini.

Untuk diketahui, Bank Mandiri telah melakukan sejumlah kegiatan sosial lain di wilayah Labuan Bajo. Beberapa di antaranya adalah pembangunan Dermaga Pulau Rinca dengan anggaran sebesar Rp 730 juta, serta ruang kelas dan rumah guru Sekolah Dasar (SD) Papagarang dengan nilai bantuan sebesar Rp 4 miliar.

Kemudian, pengadaan peralatan TPI senilai Rp 280 juta dan pembangunan infrastruktur sanitasi penanggulangan Covid-19 sebesar Rp 380 juta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com