Advertorial

Sektor Pariwisata di Bali Kembali Menggeliat, Avani Seminyak Bali Resort Raih Sertifikat CHSE Kemenparekraf

Kompas.com - 15/10/2021, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Avani Seminyak Bali Resort, member of Minor Internasional, berhasil mengantongi sertifikat cleanliness, health, safety,and environment sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Bali, Selasa (24/8/2021).

Pemenuhan standar CHSE tersebut dilakukan Avani Seminyak Bali Resort dalam rangka mendukung pemerintah menggerakkan sektor pariwisata di Bali.

Avani Seminyak Bali Resort bahkan dipilih Kemenparekraf sebagai lokasi penyerahan sertifikat CHSE kepada pelaku usaha di sektor pariwisata Bali.

Dalam kunjungan kerja di Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, sertifikat CHSE adalah bagian dari penerapan kebiasaan baru di sektor pariwisata.

-Dok. Avani Seminyak Bali Resort -

Untuk itu, Kemenparekraf menggandeng PT Sucofindo (Persero) dalam melakukan audit dan sertifikasi CHSE bagi pelaku pariwisata di Bali.

 “Aplikasi PeduliLindungi quick response (QR) code akan kami (Kemenparekraf) fasilitasi. Kami mohon kepatuhan (pelaku usaha) agar CHSE betul-betul dijaga, terutama bagi yang sudah menerima sertifikat CHSE,” ujar Sandi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Sandi menambahkan, kebersihan dan keamanan harus menjadi prioritas utama sektor pariwisata, baik hotel maupun restoran selama pandemi Covid.

Karena itu, lanjut Sandi, seluruh pihak perlu menerapkan prinsip kehati-hatian, kewaspadaan, dan kepatuhan protokol kesehatan (prokes).

“Dengan demikian, kepercayaan masyarakat untuk kembali berwisata ke Bali semakin meningkat,” terang Sandi.

Uji CHSE Avani Seminyak

Sebagai informasi, terdapat 726 pelaku usaha pariwisata di wilayah Bali yang menjalani audit sertifikasi CHSE 2021.

Rinciannya, 139 hotel dan 587 non-hotel atau 60 persen dari target industri wisata di Bali.

Dari jumlah hotel tersebut, Avani Seminyak merupakan salah satu hotel yang berhasil meraih sertifikat CHSE dengan predikat “Memuaskan”.

-Dok. Avani Seminyak Bali Resort -

Berdasarkan uji CHSE tersebut, Avani Seminyak Bali Resort memenuhi seluruh poin indikator CHSE. Tak tanggung-tanggung, Avani Seminyak mendapat skor 100.

General Manager Avani Seminyak Bali Resort Made Subrata mengatakan, untuk memberi layanan terbaik bagi wisatawan sesuai standar CHSE, seluruh staf Avani Seminyak Bali Resort divaksin dua dosis.

Tak hanya itu, imbuh Made, seluruh sumber daya manusia (SDM) Avani Seminyak Bali Resort juga diberikan pelatihan implementasi CHSE sesuai standar Kemenparekraf.

“Avani Seminyak Bali memprioritaskan keamanan dan kenyamanan wisatawan ketika menginap di Avani Seminyak Bali Resort,” kata Made.

Dengan demikian, imbuh Made, pihaknya turut mendukung Kemenparekraf dalam menerapkan standar CHSE di sektor pariwisata Bali.

“Avani Seminyak mendukung program Kemenparekraf demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan sehingga sektor pariwisata di Bali kembali bangkit,” terang Made.

Made juga mengimbau seluruh pihak yang bergerak di sektor pariwisata untuk disiplin menerapkan prokes secara ketat demi keselamatan masyarakat dan wisatawan di Bali.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com