Advertorial

Beri Sambutan di Dies Natalis Ke-60 UK Petra Surabaya, Presiden Jokowi: Mari Majukan Pendidikan Kawasan Indonesia Timur

Kompas.com - 18/10/2021, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi atas kiprah dan prestasi Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya di kancah global. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi pada Dies Natalis ke-60 UK Petra Surabaya.

Untuk diketahui, di tengah situasi pandemi Covid-19, Dies Natalis UK Petra ke-60 digelar secara daring melalui Zoom dan YouTube, Rabu (22/9/2021). Adapun perayaan ini mengusung tema “Delightful Petra, Delighted World”

“Selamat Dies Natalis ke-60 untuk Universitas Kristen Petra. Dengan rekam jejak yang teruji, UK Petra telah melahirkan lebih dari 45.000 alumnus yang berkiprah di berbagai bidang dan tersebar di seluruh dunia," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Itu berarti, lanjut Jokowi, UK Petra turut berkontribusi bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) selama lebih dari setengah abad.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi peran dan kontribusi UK Petra bagi dunia pendidikan di Tanah Air.

Hal itu berkat peran UK Petra Surabaya sebagai perguruan tinggi asuh bagi 10 perguruan tinggi swasta (PTS) di sejumlah daerah, mulai dari Jawa Timur, Medan (Sumatera Barat), Denpasar (Bali), Sumba Timur (Nusa Tenggara Timur/NTT), Alor (NTT), Kupang (NTT), hingga Soe (NTT).

"Mari terus secara sadar ikut memajukan pendidikan di daerah Indonesia timur agar masyarakat memperoleh akses pendidikan tinggi yang berkualitas," kata Jokowi.

Rektor UK Petra Dr Ir Djwantoro Hardjito, M Eng mengaku bersyukur atas capaian UK Petra sehingga kiprahnya tetap diakui kiprahnya oleh masyarakat meski kondisi masih dibayangi pandemi Covid-19.

"UK Petra genap berusia 60 tahun. Kiranya, Tuhan tetap menjadi nakhoda kehidupan. Mari membuang hal yang tidak benar dan mengadopsi hal yang semestinya dilakukan, serta siap menanggapi berbagai perubahan,” tutur Djwantoro.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Dies Natalis UK Petra Surabaya Dwi Setiawan menjelaskan, perayaan hari jadi tersebut terdiri dari tiga segmen, yaitu pembukaan, acara utama, dan penutup.

“Dies Natalis UK Petra Surabaya tahun ini dikemas lebih interaktif. Oleh karena itu, kami mengajak sivitas akademika hadir dalam Zoom meeting agar bisa saling menyapa satu sama lain sebelum acara dimulai,” terang Dwi.

Adapun acara tersebut dibuka dengan penayangan video-video perjalanan sejarah dan wawancara interaktif dengan dosen serta tenaga kependidikan UK Petra.

Acara utama diisi dengan pemberian berbagai penghargaan kepada sivitas UK Petra, mulai dari penghargaan beasiswa pada mahasiswa, dosen berprestasi, hingga dosen dan tenaga kependidikan.

Jumlah penerima beasiswa internal UK Petra di tahun anggaran 2020/2021 tercatat sebanyak 1.428 mahasiswa dengan total dana sebesar Rp 11.618.088.750.

Beasiswa tersebut diberikan untuk berbagai kategori, antara lain, Prestasi Akademik, Petra Peduli, Petra Peduli Covid-19, Kawasan Timur Indonesia (KTI), dan Putra-Putri Pegawai UK Petra.

Kemudian, kategori Putra-Putri Pegawai Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra (PPPK Petra), Putra-Putri Anggota Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra (YPTK Petra), Putra-putri Guru Sekolah Mitra, Putra-Putri Pendeta, Pemenang Lomba UK Petra, serta Mitra Prestasi Sains dan Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Selain itu, tersedia juga beasiswa yang bersumber dari donatur eksternal.

Perayaan Dies Natalis UK Petra Surabaya juga diisi dengan pemberian penghargaan bagi sivitas akademika. Salah satunya adalah penghargaan Petra Kencana Karya. Dok. Humas Universitas Kristen Petra Surabaya Perayaan Dies Natalis UK Petra Surabaya juga diisi dengan pemberian penghargaan bagi sivitas akademika. Salah satunya adalah penghargaan Petra Kencana Karya.

"Besaran dana beasiswa eksternal di tahun ajaran (TA) 2020/2021 sebesar Rp 1.567.196.500 yang diterima oleh 261 mahasiswa. (Beasiswa ini) dikelola oleh Office of Institutional Advancement (OIA) UK Petra," jelas Dwi.

Apresiasi sivitas akademika

Perayaan Dies Natalis UK Petra Surabaya juga semakin semarak lewat penghargaan Petra Kencana Karya.

Untuk diketahui, penghargaan Petra Kencana Karya dikhususkan bagi dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi selama 20 tahun di UK Petra. Penghargaan ini diberikan kepada 23 orang sivitas akademika terpilih.

Selain Petra Kencana Karya, ada pula Petra Kencana Bhakti yang diberikan kepada 10 dosen dan tenaga kependidikan yang telah mengabdi di UK Petra selama 30 tahun.

UK Petra juga memberikan penghargaan bagi dosen yang menggeluti penelitian dan mengimplementasikan program pengabdian kepada masyarakat.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Antoni, ST, MEng, PhD sebagai dosen dengan Kinerja Penelitian Terbaik untuk Bidang Eksakta dan Teknik 2021.

Sementara, Dr Ir Hotlan Siagian, MSc sebagai dosen dengan Kinerja Penelitian Terbaik Bidang Sosial dan Humaniora 2021.

Adapun dosen dengan kinerja Abdimas Tertinggi 2021 diberikan pada Lily Puspa Dewi, ST, MKom.

Tak hanya itu, penghargaan juga diberikan pada dosen muda dengan kinerja Penelitian Terbaik 2021, yaitu Doddy Prayogo, ST, MT, MSc, PhD.

Acara penutupan Dies Natalis diisi dengan video-video ucapan selamat dari para rekan UK Petra, mulai dari pemerintah, akademisi, hingga mitra lainnya.

Kemudian, pemenang Wasis Sastroredjo Cup untuk Bulan Olah Raga Petra (BOP) yang berhasil menjaring 123 runners juga diumumkan pada acara penutupan.

Sebagai informasi, pada Oktober 2021, UK Petra kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi atau kerja sama dan umum.

Beasiswa tersebut terbuka untuk semua lulusan SMA atau SMK di seluruh Indonesia.

Pendaftaran online dibuka sampai dengan 21 Oktober 2021 dan seleksi online #DiRumahAja pada 23 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB.

Untuk informasi pendaftaran, Anda dapat mengunjungi situs web admission.petra.ac.id, Instagram uk_petra, Facebook PCU Surabaya, serta di nomor WhatsApp 081217765265 dan 081234067323.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com