Advertorial

Ada Beragam Cara Memastikan Masa Subur dengan Akurat, Salah Satunya lewat Sampel Air Liur

Kompas.com - 23/10/2021, 16:00 WIB

KOMPAS.com – Masa subur merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Pasalnya, masa subur merupakan waktu ketika sel telur yang sudah matang dikeluarkan dan siap untuk dibuahi oleh sel sperma.

Adapun periode masa subur yang paling ditunggu adalah hari keenam. Pada waktu ini, sel telur mulai dilepaskan dari ovarium atau diistilahkan sebagai ovulasi, yakni puncaknya masa subur. Pada puncak masa subur, peluang kehamilan menjadi lebih tinggi.

Ada beberapa tanda untuk memastikan masa subur seorang perempuan, seperti terdapat lendir pada vagina, penciuman menjadi lebih sensitif, adanya peningkatan libido, dan nyeri di bagian payudara.

Agar lebih akurat dalam memastikan masa subur, Anda dapat mealakukan pengujian menggunakan Ovutest dari PT Danpac Pharma.

Nama Ovutest diambil dari ovulation test, istilah yang jamak dipakai untuk mendeteksi masa subur dengan cara yang praktis dan mudah. Pengujian secara rutin membuat Anda dan pasangan tidak akan melewatkan masa subur.

Sebagai informasi, pengujian masa subur dengan Ovutest bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu melalui cek urine, suhu basal tubuh, dan air liur.

  1. Urine

Terdapat tiga varian Ovutest yang menggunakan sampel urine untuk mendeteksi masa subur, yaitu Ovutest Strip, Ovutest 7 Days Plan, dan Ovutest Dgital.

Ketiga Ovutest tersebut bekerja dengan cara mendeteksi kadar luteinizing hormone (LH). Sebagai informasi, hormon tersebut merupakan pemicu ovulasi.

Saat seorang perempuan dalam masa subur, ia akan mengalami lonjokan LH. Sebaliknya, sebelum masuk ke dalam masa subur, tidak ada lonjakan LH.

Ovutest Strip, alat uji masa subur menggunakan urine.Dok. Ovutest Ovutest Strip, alat uji masa subur menggunakan urine.

  1. Suhu basal tubuh

Ovutest Vinca didesain khusus mengukur suhu basal tubuh untuk mendeteksi masa subur seseorang. Jika sedang berada di masa subur, umumnya, suhu basal tubuh mengalami peningkatan sekitar 0,5 hingga 1 derajat Celcius. Ovutest Vinca mampu mendeteksi perubahan suhu terkecil sekalipun, yakni hingga 0,01 derajat.

Ovutest Vinca, alat uji masa subur menggunakan suhu basal tubuh.Dok. Ovutest Ovutest Vinca, alat uji masa subur menggunakan suhu basal tubuh.

  1. Air liur

Dikutip dari laman ovutest.co.id pada artikel berjudul Mendeteksi Masa Subur Melalui Air Liur, hormon wanita saat masa subur dapat memengaruhi fisiologis air liur. Hormon akan menyebabkan perubahan kristal air liur.

Untuk dapat melihat perubahan tersebut, dibutuhkan mikroskop khusus. Ovutest Scope merupakan alat uji masa subur wanita menggunakan sampel air liur, menyerupai mikroskop. Ovutest Scope dapat digunakan berulang kali (reusable) sehingga Anda dapat mendeteksi masa subur dengan rutin setiap bulannya.

Selain itu, varian ini juga mudah untuk digunakan. Sebelum menggunakannya, Anda dianjurkan untuk berpuasa makan dan minum selama minimal 2 jam.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, Anda dapat melakukan tes dengan Ovutest Scope minimal dua kali setiap hari pada jam yang sama, yaitu antara jam 10.00-20.00.

Satu kemasan Ovutest Scope terdiri dari Ovutest Scope, dua buah baterai, dan satu kain pembersih yang berguna untuk membersihkan lensa obyek.

Cara penggunaan Ovutest Scope

Langkah awal untuk menggunakan Ovutest Scope adalah dengan memasang baterai sesuai petunjuk, kemudian buka tutupnya. Lalu, tarik lensa obyek dengan hati-hati.

Oleskan lensa obyek langsung ke bawah lidah. Pastikan air liur yang dijadikan sampel cukup banyak dan tidak ada gelembung. Kemudian, diamkan selama 30-60 menit hingga air liur benar-benar kering.

Setelahnya, putar lensa ulir, seperti menutup rapat tutup botol hingga mentok. Lalu, fokuskan lensa dengan memutar arah sebaliknya sambil menekan tombol lampu. Dekatkan Ovutest Scope ke mata dan amati hasil gambar yang terlihat.

Hasil uji Ovutest Scope berbentuk gambar pola. Pola tulang daun pakis akan muncul pada air liur apabila Anda sedang dalam masa subur. Sementara, pola batu kerikil menunjukkan bahwa Anda belum memasuki masa subur.

Setelah selesai digunakan, selalu bersihkan Ovutest Scope. Caranya mudah, cukup gunakan kain pembersih yang telah disediakan. Teteskan sedikit air pada kain agar lembap, kemudian usapkan ke lensa obyek.

Dengan menggunakan Ovutest, Anda pasti #TauMasaSubur #TauOvulasi. Berbagai produk Ovutest dapat dibeli di apotek, toko obat, dan official store Danpac Pharma melalui Shopee dan Tokopedia.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lanjut mengenai Ovutest, kunjungi website Ovutest di www.ovutest.co.id atau akun Instagram @ovutest_id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com