Advertorial

Selain Covid-19, Hindari Penyakit Kronis dengan Pola Hidup Sehat Ini

Kompas.com - 25/10/2021, 13:52 WIB

KOMPAS.com – Semenjak pandemi Covid-19 melanda, banyak orang menyadari pentingnya menjaga imunitas tubuh. Sebab, imun yang kuat dapat melindungi tubuh dan menjadi “senjata” agar terhindar dari paparan virus yang menjadi cikal bakal penyakit.

Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan imun tubuh yang kuat, seperti memperbaiki pola makan, mengonsumsi vitamin, hingga berjemur di bawah sinar matahari. Hal tersebut menjadi kebiasaan sehat baru yang dijalani masyarakat.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga membuat masyarakat lebih peduli akan kebersihan diri. Mencuci tangan dan mandi setelah berpergian menjadi kebiasaan baru.

Kebiasaan baik lainnya yang diadopsi masyarakat adalah penerapan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak, baik saat berada di ruang publik maupun saat berkumpul dengan keluarga terdekat.

Namun, upaya tersebut belum cukup untuk menjaga imun tubuh agar tetap kuat di masa pandemi. Sebab, selain Covid-19, masih ada risiko penyakit kronis. Terlebih selama pandemi masyarakat dianjurkan untuk lebih banyak beraktivitas di rumah.

Saat berada di rumah, tidak banyak aktivitas fisik yang dilakukan sehingga dapat terjebak dalam gaya hidup kurang aktif atau sedentari. Dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Sabtu (16/5/2020), survei McKinsey menunjukkan bahwa selama pandemi, sebagian besar masyarakat Indonesia lebih sering meluangkan waktu untuk menonton televisi, mengonsumsi berita secara online, dan menggunakan media sosial.

Sementara itu, berdasarkan penelitian Neville Owen dari Universitas Queensland pada 2010, terdapat hubungan antara gaya hidup sedentari dan penyakit metabolik, seperti obesitas, hipertensi, diabetes tipe dua, kanker kolon, dan kanker payudara.

Maka dari itu, sebaiknya masyarakat mulai mengubah gaya hidup untuk dapat menjaga kesehatan.

Menerapkan pola hidup sehat menjadi cara efektif untuk dapat menjaga kesehatan dari risiko penyakit kronis. Berikut lima pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan, baik selama pandemi maupun sepanjang hidup.

  1. Asupan nutrisi seimbang
    Hal paling penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah asupan nutrisi yang tepat dan seimbang. Buah dan sayur menjadi menu yang harus dikonsumsi setiap hari. Sebab, kedua jenis makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

    Selain itu, Anda juga harus memperhatikan jumlah asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang dikonsumsi. Pilihlah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, seperti gandum, ikan, dan daging tanpa lemak.

  2. Rajin olahraga
    Olahraga menjadi cara untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat. Orang dewasa disarankan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari.

    Selama pandemi Covid-19, olahraga di ruang terbuka sangat disarankan. Anda dapat berjalan kaki, bersepeda, atau jogging mengelilingi lingkungan perumahan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan olahraga sendiri di dalam rumah, seperti yoga atau peregangan otot.

  3. Cukup istirahat
    Pola hidup sehat juga mencakup istirahat dan tidur yang cukup. Durasi tidur yang cukup dan berkualitas membantu tubuh untuk memulihkan kondisi dan energi. Selain itu, tidur akan memberikan sejumlah manfaat untuk tubuh, seperti perkembangan saraf, memori otak, meregulasi emosi, memperbaiki fungsi metabolisme dan kardiovaskular, serta pembuangan toksin dari dalam tubuh.
  4.  Hindari stres

    Seperti diketahui, stres dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Jika seseorang mengalami stres, besar kemungkinan akan mengalami penyakit seperti jantung, darah tinggi, hingga obesitas.

    Maka dari itu, penting untuk mengelola stress dengan baik. Lakukan kegiatan untuk melepaskan stres, seperti berkebun, melukis, atau melakukan hobi yang Anda sukai.

  5.  Cukup minum air putih
    Air sangat penting bagi organ-organ dalam tubuh manusia. Pasalnya, tubuh manusia terdiri dari 60-70 persen air.

    Setiap harinya, orang dewasa membutuhkan minimal 2 liter air putih. Kandungan mineral yang terdapat di air putih efektif menjaga cairan tubuh dibandingkan minuman manis.
    Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi Le Minerale.

    Kandungan mineral pada Le Minerale terjaga dengan baik di dalam botol berkat penggunaan teknologi Mineral Protection System. Teknologi ini mampu melindungi kandungan mineral alami dalam kemasan. Hal tersebut ditandai dengan kerasnya botol sebelum dibuka.


    Sesaat setelah mengonsumsi Le Minerale, akan tertinggal rasa manis. Hal tersebut menjadi bukti terjaganya kandungan mineral alami.

    Selain kemasan botol, Le Minerale juga tersedia dalam kemasan galon yang dapat digunakan untuk Anda sekeluarga di rumah. Galon Le Mineral terbuat dari bahan bebas Bisphenol A (BPA free) sehingga aman digunakan untuk bayi hingga orang lanjut usia.


    Berbeda dengan galon lain, Le Minerale selalu menggunakan galon baru sehingga terjamin kebersihannya.

    Galon Le Minerale juga dilengkapi dengan handle grip agar mudah untuk dibawa. Bahkan, perempuan pun dapat mengangkat galon Le Minerale tanpa kesulitan.

    Galon Le Minerale juga memiliki seal cap atau tutup ulir antirembes. Dengan adanya inovasi tersebut, galon tidak akan bocor saat dipasang dan 100 persen kedap udara. Jadi, air di dalamnya tetap bersih karena tidak terkontaminasi udara dari luar.

Dengan menerapkan pola hidup sehat ditambah dengan rutin mengonsumsi air putih yang terjaga mineralnya, Anda akan mendapatkan imun yang kuat dan tubuh yang sehat. Selain itu, jangan lupakan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com