Advertorial

Berikut Peralatan Kantor yang Wajib Disediakan Perusahaan

Kompas.com - 27/10/2021, 12:10 WIB

KOMPAS.com - Peralatan kantor menjadi hal wajib yang perlu dipersiapkan untuk bekerja. Fungsinya, untuk menunjang lancarnya sebuah pekerjaan.

Tiap pekerja pun punya kebutuhan akan peralatan yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan bidang pekerjaannya.

Meski demikian, ada beberapa peralatan yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Misalnya, meja, lemari, kursi, dan printer.

Apa pun jenis usahanya, fasilitas tersebut menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Lalu, perlengkapan apalagi yang wajib disediakan kantor agar karyawannya produktif? Berikut daftarnya. 

Amplop dan kertas

Amplop dan kertas adalah dua barang yang tidak bisa dipisahkan. Walau saat ini penggunaan kertas ataupun amplop mengalami penurunan akibat berkembangnya teknologi, kedua benda ini tetap memiliki peran penting.

Seperti diketahui, surat dalam bentuk fisik masih sering digunakan sebagai media pemberitahuan terkait informasi penting yang bersifat resmi bagi suatu perusahaan ataupun instansi.

Alat tulis

Barang penting selanjutnya adalah alat tulis. Meski kerap dianggap sepele, nyatanya alat tulis tergolong fungsional karena sering digunakan untuk mencatat beragam informasi penting.

Adapun beberapa alat tulis yang harus disediakan adalah pulpen, pensil, spidol, penggaris, buku catatan, papan penjepit, dan sticky notes. Alat-alat ini berguna untuk pencatatan atau yang erat kaitannya dengan penataan administrasi.

Alat mengorganisasi

Alat kebutuhan kantorselanjutnya adalah yang berhubungan dengan organisasi. Peralatan tersebut di antaranya stempel, tempat kartu nama, kalender, dan tinta stempel.

Bagi karyawan, alat tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat perencanaan agar rencana kerja yang dibuat tidak berantakan.

Peralatan elektronik

Saat ini, peralatan elektronik bisa dibilang menjadi peralatan terpenting dalam menunjang aktivitas bekerja. Beberapa contoh dari peralatan ini adalah komputer, laptop, printer, telepon, dan mesin fotocopy.

Di era modern seperti sekarang, penggunaan teknologi yang sebagian besar berupa peralatan elektronik masif digunakan. Selain efisien, penggunaan teknologi membuat pekerjaan semakin mudah.

Peralatan pendukung

Seperti namanya, peralatan pendukung hanya dibutuhkan pada waktu tertentu. Meski begitu, keberadaan peralatan ini harus dipertimbangkan sebagai langkah antisipasi dalam keadaan darurat. Contoh beberapa peralatan yang masuk dalam kategori ini adalah kotak P3K, pel, dan tempat sampah.

Itu tadi beberapa peralatan yang harus disediakan perusahaan untuk menunjang pekerjaan di kantor. Semakin lengkap peralatan yang disediakan, pegawai pun akan semakin produktif.

Ingat, peralatan kantor yang lengkap dapat membantu pekerjaan pegawai jadi cepat selesai.

Selain itu, kantor dengan peralatan yang lengkap sering kali dikenal sebagai kantor yang maju. Meski demikian, memenuhi peralatan kantor juga perlu kecermatan.

Pastikan peralatan yang digunakan mampu menunjang kebutuhan karyawan, efisien, dan fleksibel.

Agar tak salah pilih, catat dulu seluruh peralatan yang dibutuhkan pegawai. Lalu, pertimbangkan apakah peralatan itu benar-benar dapat menunjang kinerjanya. Setelahnya, cari peralatan tersebut. Adapun rekomendasi alat kebutuhan kantor kini lebih mudah didapatkan lewat monotaro.id

Sebagai informasi, monotaro.id merupakan toko online yang secara khusus menjual perkakas industri dan kebutuhan kantor.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai monotaro.id, silakan klik tautan https://www.monotaro.id/.

Meningkatkan Daya Saing Bangsa Melalui Transformasi Teknologi 4.0.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com