Advertorial

BNI Dukung UI Goes Digital melalui Campus Financial Ecosystem

Kompas.com - 28/10/2021, 20:46 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan dunia digital yang semakin cepat telah merambah ke layanan perbankan. Dunia kampus pun tidak terlepas dari transformasi transaksi perbankan digital.

Sebagai bank yang dekat dengan lingkungan kampus dan ramah mahasiswa, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) berkolaborasi dengan Universitas Indonesia (UI) untuk memberikan pelayanan lengkap bagi seluruh civitas akademika UI. Kerja sama berupa Campus Financial Ecosystem itu menandai babak baru pelayanan BNI untuk UI yang sudah berlangsung selama 40 tahun.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, BNI dan UI melakukan Kick Off Campus Financial Ecosystem dengan menandatangani memorandum of understanding (MoU) tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Penyediaan Layanan Jasa Perbankan secara virtual, Kamis (28/10/2021).

Rektor UI Ari Kuncoro, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, dan Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies hadir pada kesempatan tersebut.

MoU tersebut dituangkan dalam beberapa perjanjian kerja sama (PKS) yang meliputi integrasi BNI Payment untuk mendukung UI Goes Digital, Cash Management, Ecosmart, Pengelolaan Endowment Fund BNI Makara Investasi, dan kerja sama penyaluran BNI Fleksi Pendidikan Mahasiswa Pascasarjana S2 dan S3.

Dalam PKS tersebut juga terdapat pembahasan mengenai pembayaran biaya pendidikan menggunakan installment kartu kredit BNI, PKS Magang, beasiswa, dan rekrutmen calon pegawai BNI.

Selain itu, BNI juga menyiapkan program Digital Entrepreneur untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan UI melalui program BNI Edu Preneur.

Ari Kuncoro mengatakan bahwa peluncuran UI Goes Digital menjadi momentum yang tepat bagi BNI untuk mendorong transformasi digital UI melalui layanan dan sistem jasa keuangan yang dikembangkan oleh BNI.

Menurutnya, solusi digital terintegrasi yang disediakan BNI memberikan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan kegiatan di UI, berupa corporate support, layanan produk consumer, cash management system, serta solusi IT lainnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Sis Apik yang mengatakan bahwa BNI berkomitmen untuk dapat menyediakan solusi keuangan yang terintegrasi berbasis digital dan sesuai dengan kebutuhan segenap civitas akademika.

Solusi keuangan tersebut diperuntukkan bagi seluruh civitas akademika Kampus UI dan seluruh ekosistemnya, mulai dari dosen atau staf pengajar, staf pegawai, mahasiswa, keluarga mahasiswa, serta pelaku usaha di sekitar kampus UI.

"Semua ini kami lakukan agar seluruh nasabah dapat bertransaksi keuangan secara aman, cepat, nyaman, serta dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Bagi nasabah perorangan, kami mengembangkan layanan mobile banking. Sementara, bagi institusi atau perusahaan, kami mengembangkan solusi cash management," ujar Sis dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Pada kesempatan tersebut, BNI juga memilih Duta Digital BNI yang merupakan perwakilan mahasiswa UI terpilih. Corina yang hadir mewakili BNI menuturkan, pemilihan Duta BNI bertujuan untuk meningkatkan literasi serta inklusi keuangan mahasiswa dan lingkungan sekitarnya, terutama dalam mengoptimalkan fitur-fitur transaksi keuangan BNI.

Fitur keuangan tersebut antara lain ditanamkan dalam aplikasi BNI Mobile Banking. Menurutnya, aplikasi ini sangat cocok dengan lifestyle mahasiswa UI yang didominasi oleh kaum muda.

"Program Duta Digital ini (diharapkan) dapat mendorong kreativitas dan kemampuan komunikasi dari mahasiswa dalam menyosialisasikan layanan digital BNI serta mendorong cashless society,” ujar Corina.

Lebih lanjut, Corina menjelaskan bahwa beberapa manfaat akan diterima oleh Duta Digital BNI, mulai dari sertifikat sampai memperoleh credit point sebagai talent BNI masa depan.

“Paling utama, Duta Digital BNI dapat melaksanakan magang di BNI dan berpotensi menjadi pegawai BNI," katanya.

Sebelumnya, BNI juga telah bekerja sama dengan UI terkait beberapa layanan keuangan. UI pun telah membuktikan kemudahan transaksi serta pengelolaan keuangan kampus, seperti API Cash Management, Student Payment Center (SPC) Host to Host, payroll, penggunaan Kartu Tanda Mahasiswa dan Kartu Pegawai dengan Tapcash, BNI Griya dan Fleksi pegawai, pembayaran parkir menggunakan mesin electronic data capture (EDC) BNI, Kartu Kredit Affinity UI (UI Card), dan Kartu Debit Iluni UI.

Tak hanya itu, BNI juga bekerja sama dengan Makara Investasi UI untuk pengelolaan endowment fund atau dana abadi UI, serta rekrutmen dan magang mahasiswa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com