Advertorial

Jangan Disepelekan, Berikut 5 Tips Merawat Kursi Kantor Agar Tahan Lama

Kompas.com - 28/10/2021, 20:57 WIB

KOMPAS.com – Kursi kantor merupakan salah satu fasilitas dan aset penting perusahaan. Pasalnya, kebanyakan pekerja bisa duduk di kursi untuk waktu yang lama ketika berada di kantor.

Namun, perawatan kursi kantor sering kali luput dari perhatian, baik oleh perusahaan maupun penggunanya. Akibatnya, kursi kantor tidak berfungsi optimal karena mengalami kerusakan pada beberapa bagian, seperti kaki, roda, sandaran, dan pengelupasan kulit jok.

Hal tersebut juga membuat kantor perlu mengeluarkan budget lebih untuk memperbaiki atau mengganti kursi dengan yang baru. Padahal, apabila dirawat dan dijaga dengan baik, kursi kantor dapat lebih awet dan selalu nampak seperti furnitur baru.

Meski demikian, merawat kursi kantor bukan pekerjaan yang mudah. Pasalnya, diperlukan ketelatenan dalam melakukannya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kursi kantor.

  1. Hindari menggunakan kursi tidak sesuai dengan fungsinya

Kursi kerja kantor yang digunakan tidak sesuai dengan fungsinya pasti akan lebih mudah rusak. Misalnya, jangan biasakan menaiki dan berdiri di atasnya untuk keperluan tertentu.

Karena itu, gunakan kursi untuk peruntukannya saja, yaitu untuk duduk. Dengan demikian, kursi tidak mudah rusak dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Rutin menjemur kursi

Kursi kantor kerap berada di dalam ruangan dan hampir tidak pernah terkena paparan sinar matahari. Akibatnya, kursi kantor menjadi lembap dan bau sehingga menjadi tempat bertumbuhnya bakteri.

Untuk itu, Anda bisa meminta bantuan petugas kebersihan di kantor untuk menjemur kursi saat sedang tidak digunakan, minimal seminggu sekali.

Bila dijemur secara rutin, kursi akan lebih awet, tidak lembap dan bau, serta terhindar dari tumbuhnya bakteri dan jamur.

  1. Perhatikan kebersihan kursi

Pada hari kerja, kursi kantor kerap menjadi sarana untuk melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari bekerja hingga makan pun kerap dilakukan di atas kursi kerja. Sayangnya, pengguna terkadang tidak menyadari kotoran yang jatuh dan menempel pada kursi.

Oleh karena itu, pengguna harus tetap memperhatikan kebersihan kursi sebelum dan setelah menggunakannya.

Apabila menemukan kotoran yang menempel pada kursi, pengguna bisa membersihkannya dengan air serta tisu basah atau kering sesuai dengan material kursi.

  1. Gunakan vacuum cleaner

Selanjutnya, bersihkan kursi menggunakan vacuum cleaner. Metode ini perlu dilakukan untuk memastikan seluruh kotoran terangkat sempurna, khususnya pada kursi yang tidak tahan air, seperti kursi dengan jok berbahan kain dan mesh.

Selain itu, vacuum cleaner juga dapat membersihkan debu secara detail ke sudut-sudut tertentu yang tidak dapat dijangkau oleh tangan. Pastikan Anda rutin membersihkan kursi kantor agar kotoran tidak menumpuk dan menjadi sarang tungau.

  1. Gunakan sesuai kapasitas

Berbincang dan bercanda dengan teman saat memiliki waktu senggang di kantor merupakan hal yang menyenangkan. Akan tetapi, pastikan untuk menggunakan kursi sesuai dengan kapasitas dan fungsinya.

Ada baiknya untuk menghindari duduk di bagian lengan kursi. Pengguna juga perlu tetap berhati-hati saat menggunakan sandaran. Pasalnya, kedua bagian ini mudah patah bila digunakan secara sembarangan.

Selain itu, terlalu sering memainkan kursi dan mengatur posisinya justru akan membuat kursi mudah rusak.

Itulah lima tips merawat kursi kantor agar lebih awet. Walaupun beberapa harga kursi kantor dibanderol dengan nominal yang terjangkau, Anda tetap harus menggunakan dan menjaga kursi kantor sebaik mungkin.

Untuk melengkapi semua furnitur dan kebutuhan kantor, Anda bisa mengunjungi Ruparupa. Platform e-commerce ini menjual aneka kebutuhan dari berbagai merek tepercaya, seperti ACE, Informa, dan Krisbow.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan harga terbaik dan penawaran menarik dari berbagai merek furnitur ternama.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com