Advertorial

Puncak Acara DigiCash Fair, Bank BJB Luncurkan Sejumlah Inovasi Baru

Kompas.com - 29/10/2021, 13:38 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB menggelar acara puncak DigiCash Fair yang diselenggarakan secara hybrid di Trans Luxury Hotel Bandung, Kamis (28/10/2021).

Acara tersebut diselenggarakan dengan menjalankan protokol kesehatan (prokes) ketat. Para peserta yang menghadiri acara secara langsung (offline) harus melakukan tes usap antigen.

Sebagai informasi, acara puncak DigiCash Fair turut dihadiri oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bagian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Lembaga Non Keuangan Biro BUMD, Investasi dan Administrasi Jawa Barat Irfan Hadisiswanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Barat Herawanto, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Ameriza M Moesa, serta Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono.

Selanjutnya, Direktur Pengawasan Perbankan OJK Regional 2 Jawa Barat Misran Pasaribu, Komisaris Utama Independen Bank BJB Farid Rahman, serta Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi beserta jajarannya yang hadir secara virtual.

Acara puncak DigiCash Fair dipandu oleh presenter Ferdy Hasan dan dimeriahkan oleh penyanyi Isyana Sarasvati.

Dalam acara tersebut, Bank BJB meluncurkan sejumlah inovasi baru new digital payments, yakni fitur New DIGI dan DigiCash serta soft launching kolaborasi Bank BJB dengan finteche-commerce E-Pays.

Tak hanya itu, Bank BJB juga memperkenalkan Isyana Sarasvati sebagai product ambassador Digital Banking Bank BJB. Bank BJB pun mengumumkan pemenang kompetisi Young Entrepreneur Success Zone (YEZ) dengan finalis Mie Merapi, Sesa-Sesa, BooLao, HRNYCPKS, ZenSei, dan Bacci Baso Aci.

Yuddy Renaldi dalam sambutannya mengatakan, peluncuran new digital payments bertujuan untuk mengoptimalkan layanan digital Bank BJB kepada masyarakat dan pemerintah daerah.

Hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa Bank BJB turut serta secara aktif mendukung inklusi keuangan dalam bentuk kolaborasi.

“Tak hanya itu, Bank BJB bekerja sama dengan lembaga fintech berkomitmen membangun ekosistem digital yang lebih masif,” ujar Yuddy dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (29/10/2021).

Inovasi dan kolaborasi, lanjut Yuddy, merupakan kunci dalam memenangkan persaingan ke depan. Karenanya, dukungan layanan digital yang telah berjalan perlu dioptimalkan.

Yuddy menuturkan, dukungan layanan digital yang sudah dilakukan salah satunya adalah kolaborasi dengan Bank Indonesia dalam Tim Percepatan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk literasi pembayaran dan penerimaan daerah berbasis digital.

Hingga saat ini, Bank BJB telah menyediakan berbagai kemudahan pembayaran dalam layanan digital Bank BJB, seperti mobile banking, QRIS, uang elektronik, virtual account, internet banking corporate, agen Laku Pandai, serta produk-produk lainnya.

“Semua fitur tersebut diharapkan dapat mendukung program inklusi keuangan serta pembentukan ekosistem digital,” katanya.

Penyanyi Isyana Sarasvati (kanan) menjadi pengisi acara DigiCash Fair. DOK. Bank BJB Penyanyi Isyana Sarasvati (kanan) menjadi pengisi acara DigiCash Fair.

Sebagai informasi, DigiCash Fair merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan sosialisasi digital payments Bank BJB selama September sampai Oktober 2021. Salah satu programnya adalah Bank BJB YEZ yang merupakan inkubator digital bagi wirausaha muda Indonesia.

Adapun pemenang Bank BJB YEZ adalah ZenSei sebagai juara pertama dan berhak mendapatkan hadiah berupa tabungan Bank BJB sebesar Rp 100 juta. Selanjutnya, ada BooLao dan Bacci Baso Aci sebagai juara kedua dan ketiga yang masih-masing mendapatkan tabungan Bank BJB sebesar Rp 75 juta dan Rp 50 juta.

Selain itu, DigiCash Fair juga memiliki rangkaian acara lain, yakni DigiCash MTQ, DigiCash Webinar, DigiCash Pensi Fest, DigiCash Quiz Win From Home, DIGIARENA, DigiCash Annyeong K-Fest, Outdoor Fest, Jurnal Risa Ghostober, dan DigiCash Maulid Festival.

Direktur Information Technology, Treasury, and International Banking Bank BJB Rio Lanasier menjelaskan, new digital payments dari Bank BJB memberikan kemudahan dalam bertransaksi bagi nasabah.

Melalui uang elektronik BJB DigiCash, Bank BJB menyediakan layanan untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi digital.

Ke depan, lanjut Rio, pihaknya akan terus melakukan berbagai inovasi teknologi sesuai dengan kapasitas Bank BJB sebagai lembaga jasa keuangan.

“Dengan semangat untuk terus bertransformasi dan berinovasi, Bank BJB berkomitmen untuk menjadi penggerak dalam berkontribusi menghadirkan kemajuan di seluruh penjuru negeri," ujar Rio.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com