Advertorial

BP Batam Beri Penghargaan kepada Pelaku Usaha yang Kembangkan Batam

Kompas.com - 29/10/2021, 13:42 WIB

KOMPAS.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan kepada para pelaku usaha yang telah berkontribusi dalam pembangunan dan pengembangan industri di Batam.

Acara pemberian penghargaan bertajuk “Anugerah Investasi Batam 2021” tersebut digelar di Grand Ballroom Radisson Hotel, Sukajadi, Batam, Kamis (28/10/2021).

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, pencapaian BP Batam selama 50 tahun dalam membangun Batam tidak terlepas dari peran para pelaku usaha. Ia berharap, pemberian penghargaan itu dapat menjadi motivasi bagi pengusaha.

Adapun penghargaan diberikan kepada 10 tokoh dan perusahaan. Penghargaan kategori Tokoh Pegiat Investasi-Pengusaha Paling Menginspirasi diberikan kepada Abidin Hasibuan.

Kedua, penghargaan kategori Tokoh Pegiat Investasi-Pengusaha Paling Inovatif diraih oleh Kris Wiluan.

Ketiga, kategori Perusahaan dengan Ekspor Tertinggi diraih oleh PT Pegatron Technology Indonesia.

Keempat, kategori Perusahaan yang Menyampaikan Ketaatan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) diberikan kepada PT Panasonic Industrial Devices.

Kelima, kategori Realisasi Investasi Terbesar diraih oleh PT Caterpillar Indonesia Batam. Keenam, kategori Perusahaan Terlama atau Lifetime Achievement diraih oleh PT McDermott Indonesia.

Ketujuh, kategori Perusahaan Manufaktur dengan Tenaga Kerja Terbanyak diberikan kepada PT TDK Electronics Indonesia. Kedelapan, kategori negara dengan investasi terbesar diraih oleh Singapura.

Kedelapan, kategori negara dengan investasi terbesar diraih oleh Singapura.

Kesembilan, kategori Perusahaan 4.0 Dengan Realisasi Investasi Terbesar diraih oleh PT Schneider Electric Manufacturing Batam.

Terakhir, kategori Kawasan Industri Impian diraih oleh Batamindo Industrial Park.

“Mereka (para pengusaha) ikut berkiprah membangun Batam. Misal saja, McDermott sebagai perusahaan terlama yang sampai saat ini masih beroperasi dengan baik,” kata Rudi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (29/10/2021).

Rudi berharap, penghargaan tersebut dapat merangsang para investor yang ada untuk berekspansi sekaligus berinvestasi di Batam.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua yang telah menghadiri Penghargaan Investasi 2021. Saya berharap yang terbaik bagi semua pemenang di masa depan,” katanya.

Untuk diketahui, Batam merupakan daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Batam telah berkembang sebagai daerah industri, perkapalan, perdagangan, dan pariwisata secara progresif selama 50 tahun terakhir.

Pada 2019, ekonomi Batam mengalami pertumbuhan hingga 5,92 persen. Angka ini melampaui pertumbuhan ekonomi Kepri yang berada di angka 4,84 persen dan menyamai pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara, pertumbuhan ekonomi di Batam pada 2020 terkontraksi sebesar 2,55 persen. Namun, angka ini masih lebih baik dibandingkan penurunan ekonomi di Kepri yang mencapai -3,8 persen.

“Penurunan tersebut merupakan salah dampak pandemi Covid-19. Kami terus berupaya dalam meningkatkan investasi dan pembangunan sehingga dapat berkontribusi besar dalam perekonomian Indonesia,” tutur Rudi.

 Kepala BP Batam saat menyerahkan penghargaan dengan kategori Perusahaan Terlama kepada PT McDermott Indonesia.Dok. BP Batam Kepala BP Batam saat menyerahkan penghargaan dengan kategori Perusahaan Terlama kepada PT McDermott Indonesia.

Permudah proses perizinan

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama (Dirut) PT Sat Nusapersada Abidin Hasibuan mengatakan, pihaknya mengapresiasi perubahan yang telah dilakukan BP Batam.

Menurutnya, birokrasi BP Batam mempermudah dan mempercepat perizinan investasi di Batam, khususnya sejak di bawah kepemimpinan Rudi.

“BP Batam sudah banyak berubah, lebih profesional. Dahulu, saya pernah mengkritik banyak perizinan hantu, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi,” kata Abidin.

Ia juga mendukung pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan BP Batam dan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam. Hal ini merupakan bukti bahwa pemerintah memang serius untuk membangun Kota Batam.

“Dari segi infrastruktur juga bisa kita lihat bahwa Rudi adalah sosok yang memang pekerja keras,” ujar Abidin.

Senada dengan Abidin, Dirut Kabil Citra Nusa Peter Vincent juga memberikan apresiasi kepada BP Batam yang terus mendukung para pelaku usaha.

“Selamat Hari Bakti ke-50 BP Batam. Terima kasih kepada Kepala BP Batam atas penghargaan yang diberikan kepada kami,” kata Peter.

Ia berharap, BP Batam dapat terus membantu dan memberikan kemudahan perizinan kepada pengusaha yang sudah ada saat ini. Dengan demikian, para investor lain bisa tertarik untuk menanam modal di Batam.

Sebagai informasi, BP Batam juga meluncurkan buku Fostering Growth of BP Batam 50th Anniversary.

Peluncuran tersebut ditandai dengan penyerahan buku secara simbolis yang secara simbolis diberikan oleh anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam Wahjoe Triwidijo Koentjoro kepada Muhammad Rudi dan Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto.

Buku tersebut nantinya akan diberikan kepada perusahaan asing, asosiasi usaha asing, serta perwakilan negara asing untuk Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com