Advertorial

Sinergi BUMN, Jasa Marga Salurkan Bantuan Rp 40 Miliar kepada Petani Tebu Melalui PTPN X dan PTPN

Kompas.com - 31/10/2021, 13:35 WIB

KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) 2021 menyalurkan dana senilai total Rp 40 miliar kepada para petani tebu, Minggu (31/10/2021).

Program yang merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan itu bertujuan untuk membantu meringankan dampak pandemi Covid-19 yang dirasakan oleh para petani tebu.

Jasa Marga bersinergi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X dan PTPN XI dalam menyalurkan bantuan kepada 447 petani tebu yang ada di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, bantuan berupa dana pinjaman tersebut dibagi menjadi dua, yaitu senilai Rp 15 miliar untuk petani di daerah Madiun, Magetan, dan Ponorogo, serta Rp 25 miliar untuk petani di Jombang, Sidoarjo, dan Nganjuk.

“Jasa Marga berharap dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban para petani tebu di masa pandemi Covid-19. Kami juga berterima kasih kepada PTPN X dan PTPN XI yang sudah menjadi penyalur dari pinjaman pendanaan sehingga yang menerima tepat sasaran,” ujar Heru dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Penyaluran bantuan Jasa Marga kepada petani tebu di Jombang. Dok. Jasa Marga Penyaluran bantuan Jasa Marga kepada petani tebu di Jombang.

Sebagai informasi, kegiatan Sinergi BUMN antara Jasa Marga dan PTPN X sudah terjalin sejak 2007. Sementara, untuk PTPN XI sejak 2017.

Heru juga berharap bahwa kegiatan yang telah rutin dilakukan tersebut dapat membantu para petani tebu untuk memajukan produksi gula di Indonesia.

Manager Tanaman Pabrik Gula Pagotan PTPN XI Ris Budianto mengaku program TJSL Jasa Marga berdampak positif bagi petani tebu yang menjadi mitra dari PTPN XI.

Menurutnya, masa tanam dan panen tebu memerlukan dana yang tidak sedikit. Dengan adanya PUMK Jasa Marga, diharapkan dapat membantu meringankan beban biaya para petani yang berada di wilayah Madiun, Ponorogo, Magetan, dan Jombang.

“PTPN XI berterima kasih kepada Jasa Marga yang berkenan melakukan sinergi dengan kami. Semoga kerja sama ini terus berlanjut dan para petani bisa menyelesaikan kewajibannya tepat waktu,” kata Budianto.

Senada dengan Budianto, General Manager PT Tjoekir PTPN X Ahmad Zainal Afirin mengatakan, program TJSL Jasa Marga menumbuhkan semangat para petani tebu yang menjadi mitra PTPN X sehingga produksi bisa berjalan lancar dengan hasil panen yang memuaskan.

“Bertambahnya hasil panen dari perluasan lahan para petani tebu yang memanfaatkan program TJSL Jasa Marga membantu PTPN X untuk memenuhi kebutuhan gula di Indonesia, khususnya di area Jawa Timur. Diharapkan dengan bantuan pendanaan tersebut, kami dapat swasembada gula,” ujar Zainal.

Salah satu petani tebu di Madiun, Mujiono, telah empat tahun mendapatkan bantuan dana dari program TJSL Jasa Marga. Ia mengaku, dengan bantuan tersebut para petani di wilayahnya dapat menambah lahan dan memperbanyak hasil panen.

“Harapannya, semoga program tersebut bisa terus berjalan. Tidak hanya untuk kami petani tebu di Madiun, tetapi untuk semua petani di Indonesia,” tambahnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh petani tebu asal Jombang Agus Basuki. Sejak 2007, ia telah menerima bantuan pendanaan dari program TJSL Jasa Marga melalui PTPN X.

Agus mengatakan, tanaman tebu membutuhkan perawatan dengan dana yang tidak sedikit agar dapat menghasilkan gula dengan kualitas terbaik.

mengaku dirinya dapat merawat tebu untuk perawatan tebu agar menghasilkan gula dengan kualitas baik diperlukan pendanaan yang tidak sedikit.

Biasanya, papar Agus, satu hektare (ha) lahan hanya menghasilkan 1.000 kuintal tebu. Dengan perawatan maksimal, di luas lahan yang sama ia bisa menghasilkan hingga 1.600 kuintal tebu.

“Saya mewakili petani tebu di Jombang mengucapkan terima kasih kepada Jasa Marga dan berharap program TJSL bisa berlanjut untuk tahun-tahun ke depan,” kata Agus.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com