Advertorial

KAI Raih Predikat Diamond The 3rd ASEAN PR Excellence Awards 2021

Kompas.com - 06/11/2021, 19:18 WIB

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI meraih predikat Diamond pada kategori Best Crisis Management dalam ajang The 3rd Asean PR Excellence Awards 2021. Penghargaan yang digelar oleh ASEAN PR Network diadakan secara virtual, Jumat (5/11/2021).

Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus mengucapkan terima kasih kepada panitia atas penghargaan yang diberikan tersebut.

“Kami mewakili jajaran Direksi dan seluruh pegawai KAI bangga atas penghargaan bergengsi ini. Hal ini menjadi momentum bagi KAI untuk semakin memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan, ” ujar Joni dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (6/11/2021).

Sebagai informasi, predikat Diamond tersebut didapatkan KAI melalui program “Public Relations of KAI, Information Oxygen in The Midst of Covid-19 Pandemic”.

Melalui program tersebut, KAI menjelaskan berbagai publikasi dan komunikasi yang telah dilakukan untuk mengatasi krisis pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Saat itu, KAI harus tetap survive di tengah pandemi Covid-19 dengan terus mengoperasikan kereta api. Namun, di sisi lain, KAI juga harus tetap mendukung kebijakan pemerintah untuk menangani Covid-19 di sektor transportasi.

 KAI menerima predikat Diamond pada kategori Best Crisis Management dalam ajang The 3rd Asean PR Excellence Awards 2021.DOK. KAI KAI menerima predikat Diamond pada kategori Best Crisis Management dalam ajang The 3rd Asean PR Excellence Awards 2021.

Dalam hal publikasi, pada saat krisis tersebut, KAI dengan segera memberikan informasi melalui media massa bahwa KAI semakin mengetatkan aturan sejalan dengan ketentuan pemerintah. KAI juga secara kontinu menginformasikan penambahan stasiun yang melayani rapid test antigen dan vaksinasi gratis.

Selain publikasi, KAI juga melakukan komunikasi yang intens dengan berbagai pihak. Tujuannya, untuk menjaga konektivitas dengan kereta api tetap lancar dan langkah penanganan Covid-19 pun tetap jalan.

KAI juga mengambil langkah cepat melalui koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah, serta pihak-pihak swasta agar layanan rapid test antigen dan vaksinasi gratis dapat terselenggara di stasiun-stasiun.

Menurut Joni, peran public relations KAI sangat penting untuk menjadi “oksigen” bagi kebutuhan masyarakat akan informasi seputar transportasi kereta api di tengah pandemi Covid-19.

“KAI secara perseroan juga terus berkomitmen untuk menjadikan transportasi kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, sehat, dan selamat,” kata Joni.

Sebagai informasi, The 3rd Asean PR Excellence Awards 2021 diikuti oleh para praktisi public relations dari berbagai instansi dan perorangan di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

“Acara penyerahan penghargaan ini mengakui pencapaian yang luar biasa dan dengan standar tertinggi dari para public relations profesional, baik dari agensi, perusahaan, maupun industri di seluruh kawasan Asean,” kata Presiden Asean PR Network Prita Kemal Gani.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com