Advertorial

Kenali Perbedaan Kandungan Hyaluronic Acid dan Retinol yang Kerap Ada di Produk Anti-Aging

Kompas.com - 10/11/2021, 21:29 WIB

KOMPAS.com – Sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa perawatan wajah dengan produk anti-aging hanya dilakukan setelah menginjak usia 30 tahun.

Meski tidak sepenuhnya keliru, perawatan anti-aging sebenarnya bisa dilakukan lebih awal guna memperoleh hasil maksimal.

Mengutip laman Insider.com, Kamis (1/3/2018), penggunaan produk perawatan wajah anti-aging pada awal usia 20-an dapat menunda kemunculan tanda-tanda penuaan dibandingkan pemakaian di usia 30-an.

Selain itu, penggunaan lebih dini juga membantu perawatan kulit wajah dalam jangka panjang, terlebih wajah merupakan investasi.

Perawatan tersebut bisa dimulai dengan rutin menggunakan serum anti-aging. Saat ini, serum anti-aging sudah banyak beredar di pasaran. Kandungan pada tiap produk tersebut pun berbeda-beda. Meski demikian, kandungan yang jamak ditemukan dalam serum anti-aging adalah hyaluronic acid atau asam hialuronat dan retinol.

Kedua kandungan tersebut dinilai memiliki manfaat bagus bagi kulit. Tak heran, masyarakat kerap menggunakan keduanya secara bersamaan.

Lalu, apa saja perbedaan manfaat retinol dan hyaluronic acid yang terkandung dalam serum anti-aging? Simak ulasan berikut.

Retinol

Dilansir dari Woman and Home, Kamis (7/10/2021), retinol merupakan varian vitamin A dan turunan retinoid. Ketika dioleskan ke kulit, retinol akan berubah menjadi asam retinoat.

Retinol dapat membantu pengguna mengatasi hiperpigmentasi, mencerahkan kulit, serta mempercepat proses regenerasi. Kulit pun dapat menjadi lebih kencang bila rutin melakukan perawatan dengan kandungan retinol.

Adapun sebagai anti-aging, retinol berperan sebagai chemical exfoliant yang dapat memacu pergantian sel alami kulit. Dengan demikian, garis-garis halus dan kerutan dapat diminimalisasi.

Meski punya manfaat bagus, retinol juga rawan menimbulkan iritasi pada kulit, khususnya pada pengguna yang memiliki kulit sensitif. Efek samping yang kerap muncul adalah kulit kering, kemerahan, dan mengelupas.

Penggunaan retinol juga tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui. Penggunaan retinol juga tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui. Selain itu, produk perawatan wajah yang mengandung retinol hanya bisa digunakan pada malam hari.

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid atau asam hialuronat merupakan polisakarida yang secara alami sudah ada pada kulit.

Namun, seiring dengan pertambahan usia, kadar hyaluronic acid pada lapisan kulit berkurang sehingga elastisitas kulit memudar. Karenanya, kulit perlu dibantu dengan penggunaan serum.

Penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan asam hialuronat dapat melembapkan kulit. Hyaluronic acid serta menarik dan mengikat molekul air sehingga ampuh untuk menghidrasi kulit.

Kemampuan tersebut juga membuat hyaluronic acid bisa mengunci kelembapan dan memperhalus kerutan kulit. Dengan demikian, kolagen dan elastisitas kulit dapat terbentuk.

Hyaluronic acid juga dikenal sebagai kandungan non iritasi dan aman digunakan untuk semua jenis kulit dari berbagai kalangan usia.

Nah, itulah perbedaan retinol dan hyaluronic acid. Kamu bisa memilih produk anti-aging yang memiliki salah satu kandungan tersebut. Pastikan, produk yang kamu pilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

Adapun salah satu produk serum anti-aging lokal yang bisa kamu coba adalah Y.O.U Golden Age Refining Serum. Produk besutan Y.O.U Beauty ini tidak mengandung alkohol atau alcohol free. Dengan begitu, produk ini aman digunakan dan tidak menyebabkan iritasi.

Sebagai bagian dari Y.O.U Golden Age Series, serum tersebut dilengkapi dengan kandungan hyaluronic acid sehingga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi garis halus, dan kerutan.

Selain itu, Y.O.U Golden Age Refining Serum juga diperkaya dengan berbagai bahan alami. Pertama, ekstrak buah delima yang membantu mencegah tanda-tanda penuaan dan memperbaiki kondisi kulit.

Kedua, ekstrak daun agave biru. Ekstrak ini dapat membantu meningkatkan kelembapan alami kulit. Selanjutnya, jojoba seed oil dan ekstrak daun seribu yang dapat mencegah iritasi, menenangkan kulit, dan mencegah keriput.

Dengan berbagai kandungan tersebut, Y.O.U Golden Age Refining Serum dapat memberikan proteksi untuk mencegah penuaan dini secara maksimal. Produk ini juga dapat meningkatkan kelembapan kulit agar terlihat segar dan lebih muda, tetapi tetap dapat terhindar dari iritasi.

Produk Y.O.U Golden Age Refining Serum.Dok. Y.O.U Beauty Produk Y.O.U Golden Age Refining Serum.

Berkat manfaat tersebut, Y.O.U Golden Age Refining Serum didapuk sebagai “Produk Favoritnya Anti-Aging Serum di Indonesia” berdasarkan hasil survei yang dilakukan Home Tester Club, World's Biggest Grocery Review Platform pada 2021.

Produk dengan beragam manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 129.000.

Tidak hanya serum, kamu juga bisa melengkapi rangkaian anti-aging skincare dari Y.O.U Golden Age Series. Salah satunya, Y.O.U Golden Age 2 in 1 Essence.

Produk tersebut diformulasikan dari ekstrak buah delima dan lactic acid sehingga mampu menghidrasi dan mengeksfoliasi kulit. Dengan begitu, wajah dapat tampak lembut, kenyal, dan bercahaya.

Selain itu, kandungan AHA, kemampuan skin rejuvenation, serta plump dan radiant skin pada essence lokal tersebut dapat membantu pengguna untuk mendapatkan kulit kenyal, bercahaya, dan lembap.

Produk tersebut dibanderol dengan harga Rp 149.000 dengan ukuran 100 ml.

Adapun untuk mengurangi kerutan pada area mata, kamu bisa mengatasinya dengan Y.O.U Golden Age Eye Cream.

Y.O.U Golden Age Energizing Eye Cream diformulasikan dengan kandungan ekstrak buah delima dan hyaluronic acid yang mudah meresap dan bekerja khusus pada area mata.

Kedua kandungan tersebut akan melembapkan, menyamarkan garis halus, dan mengembalikan elastisitas kulit di sekitar mata. Dengan demikian, tanda penuaan di area mata dapat dicegah dan disamarkan.

Adapun Y.O.U Golden Age Energizing Eye Cream dibanderol seharga Rp 109.000 dengan ukuran 15 gram.

Selain ketiga produk dari rangkaian Y.O.U Golden Age Series, masih ada juga rangkaian produk basicskincare, seperti facial wash, day cream dan night cream untuk melengkapi perawatan anti-aging.

Kamu bisa mendapatkan beragam produk anti-aging series tersebut melalui Y.O.U Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada, serta toko kosmetik terdekat.

Sebagai informasi, Y.O.U Beauty juga tengah memberikan promo menarik bertajuk “SPECTACULAR 11.11 SALE” berupa diskon 50 persen untuk produk Golden Age Series.

Selain potongan separuh harga, kamu juga bisa mendapatkan diskon hingga 40 persen untuk produk Noutriwear+ dan diskon hingga 75 persen melalui Official Store Y.O.U di Shopee.

Y.O.U Golden Age Refining Serum dinobatkan sebagai ?Produk Favoritnya Anti-Aging Serum di Indonesia? berdasarkan hasil survei yang dilakukan Home Tester Club, World's Biggest Grocery Review Platform pada 2021.Dok. Y.O.U Beauty Y.O.U Golden Age Refining Serum dinobatkan sebagai ?Produk Favoritnya Anti-Aging Serum di Indonesia? berdasarkan hasil survei yang dilakukan Home Tester Club, World's Biggest Grocery Review Platform pada 2021.

Dalam program YukVisitYOU, setiap pembeli juga berkesempatan untuk mendapatkan 1 free gift dengan mengunjungi mitra offline store Y.O.U Beauty.

Untuk mendapatkan free gift tersebut, kamu bisa mengunggah foto di Instagram Story menggunakan bingkai Y.O.U Golden Age Serum dan tanda pagar (tagar) #FavoritenyaAntiAgingSerum dan #YukVisitYOU.

Selanjutnya, mengikuti akun Instagram @youbeauty_idn, toko yang dikunjungi, dan tag 2 orang teman.

Terakhir, memberikan username Instagram, email, dan nomor telepon ke beauty advisor (BA) Y.O.U Beauty, kamu pun akan langsung mendapatkan hadiah menarik.

Kamu juga bisa bergabung bersama Y.O.U Community, mengikuti aktivitas regulernya, dan dapatkan hadiah menarik lainnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com