Advertorial

Bank BJB Berkolaborasi dengan OJK Gelar Acara Puncak Bulan Inklusi Keuangan 2021

Kompas.com - 11/11/2021, 11:32 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten atau Bank BJB memiliki misi mewujudkan inklusi keuangan di masyarakat dalam menjalankan roda bisnis perusahaan.

Untuk diketahui, inklusi keuangan bisa tercapai manakala setiap anggota masyarakat memiliki akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas.

Layanan tersebut juga dapat diakses dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat.

Adapun kelompok masyarakat yang diprioritaskan untuk mendapat akses keuangan adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau keluarga prasejahtera, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pekerja migran, wanita, kalangan difabel, anak terlantar, orang lanjut usia (lansia), penduduk daerah tertinggal, serta pelajar dan pemuda.

Sebagai salah satu bentuk konkret dukungan terhadap literasi dan inklusi keuangan nasional, Bank BJB pun turut memeriahkan event Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021 yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Rangkaian acara tersebut terdiri dari literasi program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) kepada peternak sapi milenial, business matching, webinar,talk show, digitalisasi akses keuangan desa, sekolah pasar modal, program vaksinasi, dan pembukaan rekening massal pelajar.

Kemudian, pada puncak acara BIK 2021, Bank BJB dan OJK Kantor Regional (KR) 2 secara khusus bekerja sama menyelenggarakan seremoni penutupan di Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Selasa (9/10/2021).

Acara tersebut dilaksanakan secara hibrida dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat, termasuk melakukan usap antigen kepada para peserta.

Puncak acara BIK 2021 diisi oleh sejumlah acara, yakni talk show mengenai inklusi keuangan bertema “Investasi Bijak Sejak Dini” dari Bank BJB dan sesi success story dengan narasumber Chief Executive Officer (CEO) PT Zentama Global Indonesia Ragil Raditia Harjana dan Creative Director BOOLAO Roman Nuansa.

Sebagai informasi, Ragil dan Roman merupakan juara pertama dan kedua program scale up bisnis yang diselenggarakan Bank BJB, yakni Young Enterpreneur Zone (YEZ).

Sesi talkshow dihadiri oleh perwakilan pelajar dari SMAN 23 Bandung dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE) Ekuitas Bandung, baik secara langsung maupun melalui aplikasi Zoom.

Selain kedua acara tersebut, puncak BIK 2021 juga diisi dengan hiburan interaktif angklung serta penampilan musik dari Java Jive dan Mely Mono.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (10/11/2021), disebutkan bahwa puncak acara BIK 2021 yang bertema “Inklusi Keuangan untuk Semua, Bangkitkan Ekonomi Jawa Barat” bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat Jawa Barat terhadap produk dan layanan jasa keuangan.

Pada acara tersebut, para tenant UMKM turut menjajakan produknya. Para pengunjung yang hadir dapat berbelanja dan bertransaksi menggunakan aplikasi DigiCash by Bank BJB.

Pada hari yang sama, OJK juga menyelenggarakan malam penganugerahan bagi pihak-pihak yang dinilai telah berhasil membangun ekosistem keuangan yang baik serta mendukung akselerasi literasi keuangan di kalangan masyarakat.

Acara malam penganugerahan dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Berli Hamdani Gelung Sakti yang mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna, Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil yang hadir secara virtual, serta Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Bambang Pramono beserta jajaran,.

Selanjutnya, Kepala OJK KR 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono beserta jajaran, jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Komisaris Bank BJB Muhadi, serta Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi beserta jajaran direksi Bank BJB.

Bank BJB meraih penghargaan sebagai ?Institusi Perbankan yang Mendukung Percepatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat?.DOK. Bank BJB Bank BJB meraih penghargaan sebagai ?Institusi Perbankan yang Mendukung Percepatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat?.

Pada acara tersebut, Bank BJB meraih penghargaan sebagai “Institusi Perbankan yang Mendukung Percepatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat”. Penghargaan ini diserahkan oleh Indarto dan diterima langsung oleh Yuddy.

Adapun peraih penghargaan lainnya adalah Dadang Supriatna sebagai “Tokoh yang Mendukung Percepatan Inklusi Keuangan Melalui Program Satu Rekening Satu Pelajar”, Atalia Praratya Kamil sebagai “Tokoh Penggerak Literasi Keuangan di Jawa Barat”, Universitas Katolik Parahyangan Bandung sebagai “Perguruan Tinggi yang Mendukung Program Literasi Keuangan”, serta PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Subang Gemi Nastiti sebagai “BPR yang telah mendukung Percepatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Jawa Barat”.

Selanjutnya, PT Agro Investama meraih penghargaan sebagai “Pelaku Usaha yang Mendukung Akselerasi Keuangan Melalui Penyaluran KUR Klaster Budidaya Domba” dan CV Cemerlang Jaya Makmur yang meraih penghargaan sebagai “Petani Milenial yang Mendukung Peningkatan Akses Keuangan Melalui Klaster Pemberdayaan Budidaya Sapi Potong”.

Yuddy mengatakan, acara puncak BIK 2021 diharapkan dapat mengakselerasi inklusi keuangan di masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat mengakses layanan keuangan dengan mudah dan aman.

Bank BJB, lanjut Yuddy, senantiasa berkomitmen menghadirkan berbagai inovasi untuk mempermudah akses layanan keuangan bagi seluruh kalangan masyarakat.

“Akses yang mudah terhadap layanan keuangan dapat menjadi peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup,” ujar Yuddy.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com