Advertorial

Masuk Tahap Pembekalan, 100 Peserta Every U Does Good Heroes Persiapkan Diri untuk Mendapatkan Micro Grant

Kompas.com - 11/11/2021, 23:02 WIB

KOMPAS.com – Para peserta program Every U Does Good Heroes kini memasuki tahap pembekalan. Sesuai rencana, mulai Selasa (26/10/2021) hingga Senin (29/11/2021), 100 peserta terpilih mendapatkan pembekalan dari beragam mentor andal di bidangnya.

Para mentor tersebut adalah CEO dan pendiri Waste4Change Mohamad Bijaksana Junerosano, pendiri Burgreens dan Green Rebel Foods Helga Angelina Tjahjadi, Co-Founder Feelvell Ceramics Stevia Angesty, Staf Khusus Presiden RI dan Co-Founder Tolenransi.id Ayu Kartika Dewi, serta disability womanpreneur Nicky Clara.

Sebagai informasi, program Every U Does Good Heroes merupakan bagian dari rangkaian kampanye Every U Does Good yang digelar oleh Unilever Indonesia Tbk. Program ini diluncurkan pada Rabu (18/8/2021).

Lewat kampanye tersebut, Unilever Indonesia mengajak konsumen untuk berbuat kebaikan dengan cara yang sederhana. Salah satunya dengan lebih bijak memilih brand atau produk yang mampu memberi manfaat pada lingkungan dan masyarakat.

Adapun peserta terpilih yang kini masuk dalam tahap pembekalan merupakan generasi muda berusia 18-35 tahun. Mereka dipilih karena dinilai memiliki ide atau gagasan terbaik untuk mendorong perubahan positif dan memberikan manfaat bagi masyarakat serta lingkungan.

Peserta terdiri dari individu atau komunitas yang baru membuat atau yang sudah menjalankan sebuah gerakan perubahan.

“Kami selalu percaya bahwa generasi muda adalah motor penggerak dari perubahan menuju arah yang lebih baik,” ujar Head of Communication PT Unilever Indonesia Kristy Nelwan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Lebih lanjut, Kristy mengatakan bahwa 100 peserta terpilih tersebut memiliki gagasan yang sesuai dengan tiga pilar kebaikan Every U Does Good dari Unilever. Adapun pilar pertama adalah membangun planet yang lebih lestari.

Pilar kedua, yaitu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Sementara, pilar ketiga adalah berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Sebanyak 44 peserta memiliki ide dan gagasan sesuai dengan pilar pertama, 27 peserta punya ide dan gagasan yang sesuai pilar kedua, dan sebanyak 29 peserta punya ide dan gagasan sesuai dengan pilar ketiga.

Pelatihan 100 peserta Every U Does Good Heroes. Dok. Unilever Pelatihan 100 peserta Every U Does Good Heroes.

Bersiap mendapatkan micro grant

Selama program mentoring, peserta akan mendapatkan pembekalan mulai dari hard skill yang harus dimiliki untuk menjalankan program berbasis kemasyarakatan hingga mindset untuk siap menghadapi tantangan yang akan dihadapi dalam mewujudkan purpose dan gerakannya.

Program mentoring Every U Does Good Heroes terdiri dari dua seri, yaitu The Purpose dan The Journey. Pada seri The Purpose, para mentor memberikan materi pada peserta. Materi yang didapatkan harus diimplementasikan peserta menjadi gerakan yang memiliki dampak pada sekitar.

Seri ini juga akan memberikan pengetahuan baru pada peserta dalam mengerti lebih dalam mengenai beragam isu, seperti isu lingkungan, kesejahteraan, kesehatan, serta keberagaman dan toleransi.

Selanjutnya, peserta mengikuti seri The Journey. Pada seri ini, peserta diberikan pelatihan yang berfokus pada pengembangan cara berpikir agar mampu menjadi problem solver saat menemui masalah.

Selain itu, peserta juga dilatih untuk lebih terstruktur dalam menjalankan sebuah gerakan melalui berbagai materi, seperti setting, resilience, strategic thinking, sustainable business, project management, funding, hingga execution.

“Kami harap, rangkaian program mentoring Every U Does Good Heroes dapat membantu mempersiapkan 100 peserta terpilih dalam mewujudkan purpose mereka melalui gerakan yang digagas serta memberikan dampak yang terukur dengan hasil berkelanjutan,” kata Kristy.

Usai program mentoring, 100 peserta terpilih akan mempersiapkan diri untuk mengirimkan proposal atau video proposal yang lebih tajam, komprehensif, dan efektif untuk diseleksi lebih ketat oleh dewan juri.

Nantinya, akan terpilih 10 Every U Does Good Heroes yang berhak mendapatkan micro grant sebesar Rp 30 juta. Mereka juga akan mendapatkan pendampingan yang lebih intensif, yaitu program coaching 1 on 1, dari para mentor untuk mengimplementasikan ide dan gagasannya melalui sebuah gerakan yang berkelanjutan.

Sebagai informasi, program Every U Does Good Heroes juga membukakan jalan bagi peserta terpilih bisa berkolaborasi, berjejaring, dan bertukar pendapat untuk bersama-sama menjadi solusi dalam penyelesaian masalah guna mewujudkan Indonesia yang lebih sehat, hijau, dan sejahtera. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com