Advertorial

Jembatani Peluang Bisnis Indonesia dan Korea Selatan, KOCCA Hadirkan ON: Hallyu Festival 2021

Kompas.com - 12/11/2021, 14:37 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Republik Korea Selatan bersama Korea Creative Content Agency (KOCCA) menyelenggarakan acara bertajuk “ON: Hallyu Festival 2021”. Festival ini digelar secara hybrid di The Langham, Jakarta, pada 8-11 November 2021.

Festival tersebut terdiri dari sejumlah rangkaian kegiatan, antara lain BizMeeting, screening online, dan seremonial penandatanganan memorandum of understanding (MoU).

Regional Director KOCCA Indonesia Kim Young-soo mengatakan, popularitas kebudayaan Korea Selatan di Indonesia masih besar. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong penetrasi bisnis Korea Selatan di Indonesia.

Kim pun berharap, ON: Hallyu Festival 2021 dapat menjadi ajang pertemuan para pelaku industri untuk melakukan kolaborasi di masa depan.

“Acara ini juga (diharapkan) dapat mewadahi pertemuan bagi industri yang tertarik terhadap konten budaya dan industri Korea Selatan dari seluruh Indonesia di satu tempat, secara online dan offline,” kata Kim dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Pada festival tersebut, sekitar 76 perusahaan Korea Selatan dan 39 perusahaan Indonesia bertemu secara virtual. Mereka berdiskusi serta melakukan negosiasi terkait bisnis yang dijalankan untuk mencapai kesepakatan bersama, sebanyak 148 kolaborasi terbentuk selama acara tersebut.

Adapun sejumlah kategori perusahaan yang melakukan negosiasi tersebut adalah animation character, virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), broadcasting, kartun dan webtoon, gim, musik, publishing, serta startup.

Dalam kegiatan tersebut, KOCCA Indonesia memfasilitasi pelaku bisnis dengan translator. Dengan demikian, komunikasi antarpelaku bisnis dapat mudah dilakukan.

ON: Hallyu Festival 2021 juga menyelenggarakan lima seremonial penandatanganan MoU antara perusahaan Indonesia dan Korea Selatan pada Kamis (11/11/ 2021).

Salah satunya adalah penandatanganan kerja sama produksi animasi antara PT Shoh Enterprise dari Indonesia, Moggozi dari Korea Selatan, dan Lotta Animation dari China.

Ada pula penandatanganan kesepakatan kerja sama pengembangan komik digital antara KOCCA Indonesia, PT Digital Network Aesthetics, dan Balai Pustaka.

Sebagai informasi, ON: Hallyu Festival 2021 merupakan gelaran yang bertujuan untuk mendukung kemajuan bisnis berkelanjutan antara Indonesia dan Korea Selatan.

Pada Agustus 2021, KOCCA Indonesia juga telah menyelenggarakan acara serupa, yakni K-Content BizWeek 2021. Acara ini merupakan ajang pertemuan antara pelaku bisnis industri animasi asal Korea Selatan dan Indonesia agar dapat mengembangkan bisnisnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com