Advertorial

Mulai dari Formal Ringan hingga ala Freelancer, Ini 4 Ide Baju Kantor bagi Kaum Adam

Kompas.com - 12/11/2021, 19:50 WIB

KOMPAS.com – Gaya berpakaian untuk bekerja saat ini semakin berkembang dan dinamis, baik pada perempuan maupun pria.

Pada dekade sebelumnya, sebagian besar perusahaan menerapkan aturan berpakaian yang terbilang ketat bagi pekerja. Bagi karyawan pria, misalnya, wajib mengenakan kemeja, celana bahan, ikat pinggang hitam, dan seragam.

Saat ini, aturan seperti itu memang masih berlaku di beberapa perusahaan atau industri. Namun, ketentuan berpakaian perlahan berubah, terutama bagi karyawan yang bekerja di perusahaan startup atau media. Kaos polos, celana jeans, dan sepatu sneakers kini jadi pilihan outfit kerja yang lumrah.

Untuk memaksimalkan penampilan saat bekerja di kantor, berikut empat ide setelan baju bagi pria agar tampil fashionable sepanjang hari.

Formal ringan

Bila kantormu masih menerapkan aturan berpakaian secara formal, kamu bisa menerapkan gaya formal ringan. Pada gaya ini, kamu tak selalu harus mengenakan kemeja.

Blazer, misalnya, bisa kamu pilih sebagai outwear dan dipadukan dengan celana ankle-length. Kombinasi ini dapat memberikan kesan formal tapi tetap santai. 

Kemudian, padankan pula gaya tadi dengan sepatu sneakers putih untuk memberi kesan sporty dan maskulin.

Padanan baju kantor tersebut bisa jadi pilihan saat kamu sedang malas mengenakan setelan formal untuk meeting ataupun bertemu dengan klien.

Bisnis kasual

Gaya pakaian berikutnya adalah bisnis kasual. Dengan mengusung gaya ini, kamu tak harus mengenakan setelan jas formal. Cukup kenakan kemeja berkerah, celana bahan slim fit, dan sepatu dress.

Untuk diketahui, sepatu dress didesain seperti pantofel, tapi punya tapak atau sol yang lebih tebal. Agar lebih maksimal, padukan dengan celana bahan dengan potongan slim fit bermotif kotak dan kaos kaki polos warna terang.

Bila tak ingin mengenakan kemeja, kamu bisa menggantinya dengan mengenakan kaos long neck lengan panjang agar terkesan lebih kasual.

Pekerja kreatif

Bagi kamu yang bekerja di industri kreatif ataupun startup, berpenampilan ala pekerja kreatif bisa jadi pilihan gaya berpakaian ke kantor. 

Untuk atasan, kamu bisa memadukan t-shirt dan kemeja cum blazer berwarna kontras. Sementara, untuk bagian bawah, padukan celana jeans biru navy bisa kamu padankan dengan sepatu boot potongan pendek berwarna gelap, lengkap dengan kaus kaki panjang. Hal ini guna memunculkan kesan profesional.

Freelancer

Gaya berpakaian ala freelancer bisa kamu sontek untuk pergi ke kantor. Namun, dengan catatan, kantor kamu memang membolehkan berbusana informal.

Seperti diketahui, pekerja lepas alias freelancer biasanya mengutamakan aspek kenyamanan sebuah pakaian untuk bekerja. 

Kombinasi antara kaos oblong longgar dan celana sweatpant bisa jadi pilihan tepat. Pemilihan sepatu sneakers minimalis, celana trackpant, dan kaos grafis juga bisa diandalkan jika kantor tempat kamu bekerja berada di coworking space ala kafe. 

Dengan begitu, kamu bisa tampil kasual sekaligus stylish berkat tampilan baju kerja bernuansa streetwear.

Nah, itulah empat ide baju kantor pria. Kamu bisa mengaplikasikan ide fesyen tersebut sesuai kebutuhan dan kepribadian.

Untuk melengkapi kebutuhan fesyen ke kantor, kamu bisa mencarinya di Tokopedia. Platform e-commerce ini menyediakan berbagai jenis outfit, mulai dari sepatu, ikat pinggang, hingga dompet.

Selain itu, ada pula beragam sepatu pria, mulai dari pantofel, kets, sneakers, hingga boot. Aneka ikat pinggang pria juga bisa kamu temukan di Tokopedia, baik yang berbahan kanvas, kulit asli, denim gesper, serta cosmic belt.

Dompet pria juga bisa kamu dapatkan di Tokopedia dengan beragam desain, bahan, dan warna untuk mendukung penampilan ke kantor.

Nah, tunggu apa lagi? Segera lengkapi outfit ke kantor dengan belanja di Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com