Advertorial

Canggih, The New Lexus ES Hybrid Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 15/11/2021, 10:54 WIB

KOMPAS.com – Inovasi demi inovasi dihadirkan oleh pabrikan asal Jepang, Lexus, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu berubah tiap waktu.

Pada 2013, misalnya, pabrikan tersebut meluncurkan The Lexus ES pertama kali ke pasar Indonesia sebagai sebuah luxury mid-size sedan dengan berbagai fitur unggulan dan kemewahan khas Lexus.

Kemudian, Lexus ES mengalami pembaruan secara menyeluruh pada 2018. Lexus memperkuat status mobil ini dengan desain eksterior mirip coupe dengan menawarkan immersive driving experience, ruang kabin terluas di kelasnya, dan dilengkapi dengan teknologi Lexus Hybrid Drive.

Selama delapan tahun sejak peluncurannya, Lexus ES Hybrid telah menjadi salah satu the most favorite hybrid electric sedan di Indonesia.

Meskipun demikian, hal tersebut tak membuat Lexus berhenti berinovasi. Tiga tahun berselang, Lexus Indonesia kembali meresmikan The New Lexus ES melalui peluncuran perdana di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (11/11/2021).

Pada peluncuran ini, Lexus mengusung tema “Instinctively Refined” yang tercermin dari perubahan desain dan inovasi teknologi di bagian eksterior dan interior The New Lexus ES.

Lexus Hybrid Drive

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan, pihaknya bangga telah memperkenalkan The New Lexus ES.

“Mobil itu dirancang untuk memenuhi kebutuhan profesional dan kegiatan bisnis pengguna yang dikemas dengan desain modern dan kenyamanan khas Lexus,” ujar Bansar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (12/11/2021).

The New Lexus ES, lanjutnya, dibekali 4th Generation Lexus Hybrid Drive. Teknologi self-charging hybrid ini dapat menempuh jarak lebih jauh dan tetap efisien.

Selain itu, sistem Lexus Hybrid Drive generasi keempat juga memiliki kapasitas baterai lebih kecil dengan performa yang semakin optimal.

Posisi baterai berada di bagian bawah kursi belakang untuk memaksimalkan ruang bagasi dan kabin. Distribusi bobot baterai juga menjadi lebih seimbang yang dapat menunjang driving experience dan kenyamanan The New Lexus ES.

Menjadi jantung dari The New Lexus ES, Lexus Hybrid Drive merupakan teknologi pelopor visi elektrifikasi Lexus, yakni Lexus Electrified yang diluncurkan pada 2004. Pada kala itu, Lexus pertama kali meluncurkan Lexus RX 400h sebagai mobil hybrid pertama di luxury market.

Seiring waktu berjalan, Lexus Hybrid Drive terus mengalami pembaruan yang menghasilkan baterai lebih kecil dengan bobot lebih ringan dan tetap mempertahankan efisiensi, performa serta kesunyian saat berkendara layaknya hybridcar lain khas Lexus.

Desain eksterior

Pada bagian eksterior, The New Lexus ES makin terlihat gagah dengan 3-LED Headlights khas Lexus. Kehadiran lampu depan terbaru ini tidak hanya sekadar memenuhi esensi estetika, tetapi juga menambahkan fitur keselamatan.

Adapun beberapa sistem keselamatan yang disematkan adalah Adaptive High Beam System (AHS) dan Adaptive Front Headlight System (AFS) yang merupakan fitur active safety Lexus Safety System+.

Selain itu, vertical spindle grille yang menghiasi wajah The New Lexus ES telah mengalami redesign dengan adanya bentuk “L” kecil yang seakan-akan terpancar dari logo Lexus di bagian tengah.

The New Lexus ES menggunakan pelek berukuran 18 inci yang memiliki resonator chamber untuk mengurangi getaran dari permukaan jalan dan menggunakan ducktail spoiler untuk menambah performa aerodinamik.

Desain interior

The New Lexus ES juga mendapat pembaruan dari segi interior. Pertama, terdapat center display berukuran 12,3 inci yang posisinya dimajukan dan sudah mendapatkan kapabilitas touchscreen. Fitur terbaru ini akan semakin membuat driving experience The New Lexus ES menjadi lebih intuitif.

Selain itu, entertainment system pada mobil tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto sehingga pengoperasian smartphone selama mengemudi bisa lebih mudah.

Beralih ke bagian belakang, kenyamanan penumpang selalu menjadi salah satu titik kuat dari Lexus ES.

Dengan ruang kabin terbesar di kelasnya, kursi bagian penumpang dilengkapi rear seat control panel, side and rear sunshade, dan sistem audio premium Mark Levinson dengan 17-speaker.

The New Lexus ES juga mendapatkan tambahan fitur kenyamanan dalam bentuk NanoeX Air Purification System yang dapat membasmi bakteri, virus, dan menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin.

Lexus Safety System+

Keamanan selama mengemudi adalah faktor yang sangat penting. The New Lexus ES teranyar mendapatkan pembaruan melalui keberadaan Lexus Safety System+, active safety suite dengan berbagai fitur, seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Lane Keep Assist (LKA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Kehadiran teknologi keselamatan tersebut dapat mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan dan membantu pengemudi selama dalam perjalanan.

Semua pengembangan yang dihadirkan Lexus tersebut membuat The New Lexus ES menjadi lebih intuitif untuk menghadirkan experience yang menyenangkan untuk pengemudi dan penumpang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai The New Lexus ES, kunjungi Lexus Booth pada acara GIIAS 2021 di Hall 3A, Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang Selatan pada 11-21 November 2021.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com