Advertorial

Respons Cepat, Pertamina Salurkan Bantuan Logistik dan 15 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga di Kilang Cilacap

Kompas.com - 15/11/2021, 17:32 WIB

KOMPAS.com - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap bergerak cepat menyalurkan bantuan berupa logistik dan air bersih bagi warga di wilayah sekitar operasional kilang.

Untuk diketahui, pemberian bantuan tersebut merupakan respons dari insiden kebakaran di Tangki 36 T-102 area Kilang Cilacap. Kebakaran ini terjadi pada Sabtu (13/11/2021) malam dan berhasil dipadamkan pada Minggu (14/11/2021) pagi.

KPI bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap untuk memberikan bantuan air bersih sebanyak 2 tangki atau 10 ribu liter.

Bantuan satu tangki air lainnya dengan kapasitas 5.000 liter disalurkan kepada warga di RT 04 RW 20 Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah. Sementara, satu tangki lain diberikan kepada warga RW 5, Kelurahan Karang Talun, Kecamatan Cilacap Utara.

Sebelumnya, Pertamina juga telah menyalurkan bantuan logistik berupa 1.700 nasi boks, 30 boks snack, dan 20 boks air mineral di Balai Kelurahan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk tanggung jawab perseroan kepada masyarakat yang terdampak dari peristiwa kebakaran salah satu tangki Pertamina.

KPI bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Cilacap memberikan bantuan air bersih kepada warga.DOK. Pertamina KPI bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Cilacap memberikan bantuan air bersih kepada warga.

Cecep turut menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas peristiwa kebakaran tersebut. Pihaknya telah menurunkan tim secara langsung untuk melihat dampak yang terjadi di masyarakat pascakebakaran.

“Kami membagi tim ke beberapa titik di kelurahan dan desa yang menjadi wilayah operasional kilang. Kami ingin memastikan, bantuan yang disalurkan sampai kepada masyarakat yang terkena imbas,” kata Cecep dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (15/11/2021).

Secara kronologis, kebakaran terjadi di Tangki 36 T-102 area Kilang Cilacap pada Sabtu malam pukul 19.20 WIB. Api berhasil dipadamkan pada Minggu pagi pukul 07.45 WIB, lalu dinyatakan benar-benar aman pada pukul 09.15 WIB.

Meski demikian, Pertamina memastikan bahwa insiden tersebut sama sekali tidak berpengaruh terhadap produksi dan distribusi bahan bakar minyak (BBM), khususnya di daerah sekitar Kilang Cilacap.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com