Advertorial

Hadirkan MSA, Panji Irawan: Bank Mandiri Tawarkan Solusi Smart untuk Kebutuhan Transaksi Perusahaan

Kompas.com - 16/11/2021, 22:21 WIB

KOMPAS.com – Sejumlah terobosan dilakukan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk mewujudkan komitmen meningkatkan layanan transaksi di segmen wholesale banking, institusi, dan korporasi. Salah satunya, layanan pengelolaan likuiditas perusahaan melalui Mandiri Smart Account (MSA) yang dapat diakses melalui Kopra by Mandiri.

Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, pihaknya menjadikan bisnis wholesale banking sebagai fokus untuk memaksimalkan potensi value chain pada ekosistem nasabah korporasi.

Langkah untuk fokus menambah akses layanan dan solusi dalam ekosistem supply chain nasabah korporasi yang dilakukan Bank Mandiri juga ditujukan untuk mengakselerasi transformasi wholesale digital.

Bank Mandiri melakukan pengembangan solusi digital, perbaikan proses, modernisasi channel, serta peningkatan kapabilitas core banking sehingga klien, nasabah, mitra usaha, maupun debitur terhubung secara mulus dengan ekosistem supply chain Bank Mandiri.

"Inovasi digital solution dan layanan transaction banking merupakan wujud nyata komitmen Bank Mandiri dalam mendukung percepatan dan pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi melalui peningkatan kemudahan dan keleluasaan akses melakukan transaksi keuangan bagi seluruh pelaku bisnis nasional,” ujar Panji melalui rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (16/11/2021).

Sebagai informasi, Kopra by Mandiri merupakan wholesale digital super platform yang dikembangkan Bank Mandiri bagi nasabah wholesale banking, institusi, dan perusahaan. Sementara, MSA adalah layanan cash management yang menggunakan rekening virtual.

Perusahaan akan memiliki nomor rekening yang unik sebagai pengganti rekening fisik. Dengan memanfaatkan fungsi dan mekanisme MSA, dana perusahaan akan tersentralisasi pada satu atau beberapa rekening utama.

Bank Mandiri, kata Panji, memahami beberapa pain points yang dialami perusahaan. Untuk mendukung bisnis dan operasional sehari-hari, perusahaan bisa memiliki ratusan bahkan ribuan rekening bank. Aktivitas bisnis perusahaan juga sangat beragam.

Perusahaan memiliki kebutuhan pembukaan kantor cabang dan ekspansi dengan menambah unit usaha baru. Selain itu, ada juga kebutuhan transaksi jual beli dengan mitra usaha, pembiayaan logisik, dan banyak transaksi lainnya. Biasanya, perusahaan perlu menyiapkan rekening khusus untuk setiap aktivitas bisnis tersebut.

Namun, seiring peningkatan aktivitas bisnis dan ekspansi usaha, jumlah rekening yang dimiliki perusahaan pun akan terus bertambah. Mengelola rekening menjadi tidak mudah. Perusahaan membutuhkan proses lebih panjang untuk mengetahui dana yang tersebar di setiap rekening dan posisi keuangan perusahaan.

Rekening yang tersebar juga membuat penempatan dana menjadi tidak efisien sehingga mengakibatkan idle fund dan penempatan investasi tidak maksimal.

Transaksi di berbagai rekening dengan keterangan yang berbeda-beda juga menyebabkan proses identifiksi dan rekonsiliasi menyita banyak waktu. Akhirnya, operasional menjadi tidak efisien dan berpotensi meningkatkan biaya overhead, mulai dari sisi waktu, tenaga kerja, serta biaya rekening.

Dengan MSA yang ada di Kopra by Mandiri, perusahaan dapat mengelola likuiditas perusahaan dengan lebih smart. Dana lebih tersentralisasi sehingga perusahaan lebih mudah mengetahui posisi likuiditas dan memaksimalkan penempatan investasi.

Selain itu, setiap rekening MSA akan memiliki limit atau saldo rekening virtual yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan finansial perusahaan. Nominal transaksi tidak bisa melebihi limit atau saldo rekening virtual tersebut.

Perusahaan juga dapat mengidentifikasi rekening MSA mana saja yang melakukan transaksi atau menerima dana. Informasi tersebut dapat terbaca dari keterangan transaksi yang memuat nomor unik rekening MSA. Karena transaksi teridentifikasi dengan mudah, rekonsiliasi rekening dapat dilakukan dengan simpel dan posisi likuiditas perusahaan dapat diketahui dengan cepat.

Pemegang rekening MSA atau Smart Account holder akan memperoleh kartu debit dari perusahaan sebagai media account holder. Kartu dapat digunakan untuk melakukan transaksi di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) atau electronic data capture (EDC) Bank Mandiri dan bank lain.

Seperti halnya kartu debit pada nomor rekening biasa, kartu debit Smart Account juga dapat digunakan untuk tarik dan setor tunai, mentransfer dana, pembayaran kartu kredit, dan top up e-Money perusahaan.

Selain itu MSA dapat ditransaksikan juga melalui internet banking atau digunakan saat datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri. Pengelolaan Smart Account dan holder pun dapat dilakukan sendiri kapan dan dimanapun, mulai dari pembukaan Account Holder, penerbitan Smart Account, pengaturan limit, penerbitan dan pengelolaan kartu debit Smart Account, serta penarikan laporan untuk proses monitor.

Nasabah Bank Mandiri dapat melakukan monitoring Smart Account secara optimal melalui Kopra by Mandiri. Pada platform tersebut ditampilkan informasi berdasarkan jenis transaksi yang digunakan seperti Smart Account Debit, Smart Account Credit, dan Smart Account Transactional.

Dengan fitur-fitur seperti itu, pengelolaan keuangan nasabah MSA lebih tersimplifikasi. Sentralisasi rekening induk (giro) untuk mengoptimalkan likuiditas dana perusahaan juga dapat dilakukan perusahaan. Hal tersebut akan mendorong peningkatan profit perusahaan.

Tak hanya itu, dengan pemusatan dana, kontrol budgeting dan visibilitas posisi likuiditas akan lebih baik sehingga potensi idle fund dan fraud lebih minim.

MSA juga mampu meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan kas melalui otomasi proses akuntansi dan rekonsiliasi serta efisiensi cost melalui perampingan kepemilikan rekening giro atau tabungan. Perusahaan tidak perlu lagi mengelola banyak rekening.

"Salah satu strategi kami dalam mengembangkan bisnis adalah dengan pendekatan customer-focus, yaitu diawali dengan voice of customers. Kami jadikan (hal tersebut) sebagai dasar untuk mendesain layanan dan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, termasuk korporasi yang memiliki struktur organisasi yang kompleks, luas, cross-border dan agile," tutup Panji

Panji mengatakan, Kopra by Mandiri menawarkan layanan komprehensif secara end-to-end sebagai pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi para pelaku bisnis, diharapkan dapat mendorong kemajuan korporasi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com