Advertorial

Catat, Begini Cara Mengetahui Kondisi dan Jadwal Ganti Aki

Kompas.com - 17/11/2021, 15:53 WIB

KOMPAS.com – Sebagai penyuplai energi pada sistem kelistrikan, aki memiliki peran vital bagi sebuah kendaraan. Jika komponen ini soak atau bermasalah, sejumlah fungsi kendaraan, seperti starter, klakson, lampu, dan pendingin udara, tidak akan bekerja optimal. Alhasil, kendaraan jadi kurang nyaman dikendarai.

Pada dasarnya, aki memiliki usia pakai yang berkisar satu hingga dua tahun. Namun, pada beberapa kasus, kualitas komponen ini bisa menurun lebih cepat mengikuti kebiasaan berkendara. Misalnya, menggunakan aksesori kelistrikan tambahan yang tidak sesuai standar.

Selain itu, kelalaian pengendara juga dapat memicu masalah pada aki. Contohnya, lupa mematikan lampu, pendingin udara, atau radio saat meninggalkan kendaraan. Bahkan, aki berpotensi soak jika kendaraan jarang digunakan.

Ciri-ciri aki soak biasanya terlihat saat kendaraan hendak dan sedang digunakan. Misalnya, mesin tidak mau nyala saat distarter atau mati mendadak ketika dikendarai.

Saat ini, beberapa pabrikan otomotif telah menyematkan layar digital multi-information display (MID) yang menampilkan berbagai informasi terkait kondisi kendaraan, termasuk voltase aki. Fitur ini membuat pengendara jadi lebih mudah memantau kendaraannya secara mandiri.

Sementara, bagi kendaraan yang masih menggunakan layar analog, cara paling mudah mengetahui tanda-tanda aki mulai soak adalah dengan melihat klaster instrumen.

Jika lampu indikator netral pada speedometer meredup, aki sudah mulai soak. Pada kondisi ini, kendaraan biasanya akan sulit distarter. Opsi lainnya, pengendara bisa menggunakan Yuasa App besutan PT. Santi Yoga selaku Agen Tunggal Yuasa Battery Indonesia.

Pada dasarnya, aplikasi tersebut merupakan platform belanja daring untuk semua produk Yuasa. Namun, produsen aki asal Negeri Sakura itu juga menyediakan sederet fitur bermanfaat lain yang dapat memaksimalkan pengalaman berkendara menggunakan aki Yuasa.

Salah satunya, Battery Reminder. Fitur ini bisa digunakan sebagai pengingat akan kondisi, masa pakai, dan waktu pengecekan aki. Fungsi tersebut membantu pengendara yang sering lupa waktu servis atau penggantian aki.

Fitur selanjutnya adalah Battery Search. Sesuai namanya, fitur ini memudahkan pengendara dalam mencari tipe aki yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki. Harga, spesifikasi, dimensi, serta besaran voltase dan ampere produk juga ditampilkan dalam fitur ini. 

Selain itu, ada pula Instant Buy. Dengan fitur ini, pembelian aki bisa dilakukan secara praktis. Pengguna cukup mengisi data tipe aki yang hendak dibeli, serta informasi metode pembayaran dan alamat pengiriman. Kemudian, tunggu konfirmasi dari layanan konsumen Yuasa.

Fitur bermanfaat terakhir yang ada pada Yuasa App adalah Store Locator. Fitur ini merupakan penunjuk lokasi toko yang menjual aki Yuasa dengan layanan delivery system. Informasi toko yang ditampilkan pun lengkap, mulai dari alamat, foto, hingga rute menuju lokasi.

Yuasa App sudah tersedia di Google Play Store untuk platform Android dan App Store untuk iOS. Aplikasi ini akan terus mengalami pembaruan demi memaksimalkan pengalaman pengendara dalam menggunakan aki Yuasa.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com