Advertorial

Konsisten Terapkan ESG, Pertamina Raih Penghargaan GCSA dan ASSRAT 2021

Kompas.com - 18/11/2021, 14:17 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) berhasil meraih dua penghargaan bergengsi di bidang penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG), yakni Global Corporate Sustainable Award (GCSA) dan Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT).

Dua penghargaan itu didapat berkat komitmen perseroan dalam menjalankan bisnis berdasarkan prinsip berkelanjutan. Penerapan ESG juga dilaporkan melalui sustainability report secara transparan dan akuntabel.

Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, selain menjadi perusahaan energi nasional berkelas dunia, Pertamina juga berkomitmen menjadi perusahaan yang ramah terhadap lingkungan, bertanggung jawab sosial, dan mengedepankan good governance.

Pertamina, kata Fajriyah, sudah merumuskan dan memiliki ESG strategyroadmap, dan policy yang terus diperbaharui untuk mewujudkan bisnis keberlanjutan

Berkat komitmen tersebut, Pertamina pun meraih penghargaan GCSA yang diselenggarakan oleh Alliance for Sustainable Development Goals (ASDGs) dan bekerja sama dengan Taiwan institute Sustainable Energy (TAISE).

“Penghargaan serta acara ini merupakan partisipasi pertama kalinya bagi kami dan berhasil meraih Bronze Award kategori Sustainability Reporting,” tutur Fajriyah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (18/11/2021).

Selain Pertamina grup, penghargaan kategori Sustainability Report juga diraih oleh beberapa perusahaan lain dari Indonesia, Kanada, Prancis, Swiss, Taiwan, Thailand, dan Amerika Serikat (AS).

Adapun penghargaan tersebut diserahkan oleh VP of the Republic of China (Taiwan) Dr Lai Ching-te.

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei Budi Santoso yang mewakili Pertamina dalam ajang itu berharap, apresiasi tersebut dapat mendorong Pertamina untuk meningkatkan kinerja keberlanjutan pada masa mendatang.

“Saya juga berharap, apresiasi tersebut bisa memacu perusahaan-perusahaan lain di Indonesia untuk dapat bersaing di kancah internasional,” kata Budi.

Selain Pertamina, Subholding Upstream PT Pertamina Hulu Energi (PHE) juga meraih penghargaan Great Practice Award dalam kategori Best Practice pada GCSA 2021.

Subholding Upstream Pertamina unggul dengan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam aspek Community Involvement & Development (CID).

Adapun program CSR yang diinisiasi PHE adalah Program Gampong Berdaya Tampur Paloh atau The Empower Gampong Paloh Program. Program ini dijalankan oleh Regional Sumatera melalui PT Pertamina EP Field Rantau.

Sebagai informasi, penghargaan GCSA memiliki kredibilitas yang tinggi karena menghadirkan juri-juri profesional, seperti Managing Director CSRWorks International Rajesh Chhabara dan Global Sustainability Assurance Leader PWC UK Alan McGill.

Selain itu, Head of ESG Benchmarking S&P Global Edoardo Gai, EY Climate Change and Sustainability Services Keiichi Ushijima, Director Trisakti Sustainability Center Dr Juniati Gunawan, dan Presiden Direktur (Presdir) BPJS Kesehatan Prof Dr Ali Ghufron Mukti. 

Pertamina mendapatkan Gold Rank untuk keempat kalinya dalam ASRRAT 2021.

Dok. Pertamina Pertamina mendapatkan Gold Rank untuk keempat kalinya dalam ASRRAT 2021.

Gold rank di ajang ASRRAT

Pada lain kesempatan di Jakarta, Pertamina juga berhasil meraih Gold Rank untuk keempat kalinya dalam ASRRAT 2021 yang dilaksanakan oleh National Center for Sustainability Reporting.

Untuk diketahui, ASRRAT merupakan acara Sustainability Reporting Awards (SRA) yang telah dihelat sejak 2005.

Selain perusahaan induk, dua anak perusahaan Pertamina juga mendapatkan penghargaan pada ajang tersebut. Pertamina Hulu Energi ONWJ mendapatkan Gold Rank dan Pertamina Drilling Contractor mendapatkan Silver Rank.

Adapun acara penganugerahan tersebut diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (17/11/2021). Penghargaan diterima oleh VP Investor Relations Pertamina Juferson Victor Mangempis.

“Berbagai apresiasi tersebut membawa energi baru bagi kami untuk terus meningkatkan implementasi ESG. Penghargaan ini semakin meningkatkan reputasi kami sebagai perusahaan energi nasional yang berkelas dunia,” tutur Fajriyah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com