Advertorial

Binda Jatim dan Pemkab Kediri Gencarkan Vaksinasi hingga ke Lereng Kelud

Kompas.com - 18/11/2021, 18:47 WIB

Kompas.com - Sebagai upaya percepatan capaian herd immunity sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, Badan Intelijen Negara Daerah Jawa Timur (Binda Jatim) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri menggelar program vaksinasi door-to-door.

Vaksinasi tersebut digelar di Desa Pandantoyo, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (18/11/2021). Dalam pelaksanaannya, masing-masing rumah dapat mengirimkan tiga orang untuk mengikuti vaksinasi. Sebanyak 11.000 dosis vaksin disediakan pada program ini.

Menurut Kepala Binda Jatim Marsma Rudi Iskandar, sasaran vaksinasi diprioritaskan kepada lanjut usai (lansia) dan masyarakat umum. Ia berharap, target 60 persen vaksinasi di Provinsi Jawa Timur pada Desember 2021 dapat tercapai.

Binda Jatim dan Pemkab Kediri lakukan program vaksinasi door-to-door.Dok. Pemkab Kediri Binda Jatim dan Pemkab Kediri lakukan program vaksinasi door-to-door.

 “Sejauh ini sudah 300.000 dosis vaksin yang diberikan ke masyarakat di berbagai kota, seperti Malang, Madiun, Trenggalek, Jombang, dan Gresik,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa mengapresiasi Binda Jatim yang dinilai turut banyak membantu meningkatkan capaian vaksinasi di Jatim.

“Apresiasi setinggi-tingginya kami sampaikan untuk Binda Jatim atas usaha kerasnya dalam pemberian vaksinasi ke masyarakat. (Hal) ini tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan warga,” kata Dewi.

Ia juga menambahkan, Kediri telah menerima sebanyak 22.00 dosis vaksin dari Binda Jatim. Bantuan vaksinasi itu turut membantu capaian 60 persen vaksinasi Kabupaten Kediri.

Warga menerima bingkisan setelah vaksinasi.Dok. Pemkab Kediri Warga menerima bingkisan setelah vaksinasi.

“Alhamdulillah, kami sudah mencapai 60 persen untuk vaksinasi. (Upaya) ini akan terus kami tingkatkan,” ujar Dewi.

Sementara itu, capaian vaksinasi untuk lansia di Kediri telah mencapai 48 persen. Pemkab Kediri menargetkan angka tersebut mencapai 60 persen pada Desember.

Untuk mewujudkan itu, Pemkab Kediri memberikan dosis vaksin untuk 8.000 warga di seluruh kecamatan setiap harinya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com