Advertorial

KTO Ajak Masyarakat Indonesia Pulihkan Kondisi Fisik dan Mental dengan Menikmati Virtual Wellness Tour

Kompas.com - 22/11/2021, 12:37 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat semakin sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tidak mudah terserang virus. Berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan imun tubuh pun dilakukan masyarakat. Selain berolahraga, ada beragam kegiatan lain yang dilakukan.

Pehobi traveling, misalnya, mulai mencari-cari destinasi wisata yang tak hanya menawarkan keindahan, tetapi juga manfaat kesehatan. Istilahnya, wellness tour.

Untuk diketahui, wellness tour atau wisata kesehatan merupakan upaya mendapatkan hiburan dari berwisata sekaligus keadaan fisik dan mental yang lebih baik.

Wellness tour tersebut disebut-sebut akan menjadi tren wisata pascapandemi. Karenanya, banyak negara di dunia mengadaptasi konsep ini untuk bidang pariwisatanya. Adapun salah satu negara yang kini mengedepankan wisata wellness adalah Korea Selatan.

Negara yang terkenal dengan Korean pop (K-Pop) culture itu tengah mengembangkan berbagai pilihan kegiatan wisata kesehatan yang dapat dinikmati wisatawan, seperti spa dan kecantikan, pemulihan dan meditasi, wisata alam, serta pengobatan tradisional.

Sesuai namanya, wellness tour akan menawarkan paduan destinasi populer dan destinasi yang memberi manfaat kesehatan bagi wisatawan. Jenis wisata ini dapat menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin segera berwisata ke Negeri Ginseng untuk mendapat pengalaman baru.

Sayangnya, kondisi saat ini masih belum memungkinkan masyarakat untuk dapat bepergian menikmati wisata kesehatan yang ditawarkan Korea Selatan.

Untuk menjawab rasa penasaran wisatawan Indonesia akan wellness tour, Korea Tour Organization (KTO) menggelar acara bertajuk “Korea Wellness Tourism Festa 2021: Live Experience”. Acara ini disiarkan secara live dari Healience Seonmaeul (Desa Zen) melalui akun YouTube Heal we go Korea, Kamis (18/11/2021).

Seluruh peserta yang mendaftarkan diri dalam Korea Wellness Tourism Festa 2021 pun dikirimkan K-Wellness Box secara gratis untuk meningkatkan pengalaman tur.

Untuk diketahui, K-Wellness Box berisi berbagai produk herbal dan alat meditasi dari sejumlah pusat meditasi di Korea Selatan. 

Produk-produk tersebut di antaranya penutup mata dan teh herbal dari Herb Island serta berbagai produk perawatan dari buah apel dari Skylake. Selain itu, ada juga massage roller yang dapat digunakan saat tur virtual berlangsung.

Korea Wellness Tourism Festa 2021: Live Experience, Kamis (18/11/2021).KOMPAS.com/Imalay Naomi L Korea Wellness Tourism Festa 2021: Live Experience, Kamis (18/11/2021).

Adapun sesi pertama Korea Wellness Tourism Festa 2021 dibuka dengan unboxing K-Wellness Box. Selanjutnya, penonton diarahkan untuk melakukan refreshing massage dengan Spiky Twin Roller.

Jin pun mengarahkan penonton untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti memutar bahu, area tangan, dan kaki.

“Sekarang, mari jalankan massage roller ke bagian kepala dari depan ke belakang secara perlahan. Pelan-pelan. Sekarang, punggung, kaki, dan tangan. Rasanya sangat menenangkan dan rileks,” tuturnya.

Selanjutnya, Jin pun mengenalkan teknik meditasi Healing Music Shower. Pada sesi ini, penonton diajak untuk berbaring di atas matras maupun tempat datar sambil menikmati alunan musik yang tenang.

Ia juga mengarahkan penonton untuk mengatur nafas secara perlahan, merelaksasi dagu, dan bahu.

“Penonton yang fokus pada Healing Music Shower akan merasakan rileks, bahkan bisa tertidur. Saya berharap, penonton bisa merasa lebih bahagia dan segar setelah mengikuti program ini,” tutur Jin.

Destinasi utama wellness tour

Selain mengajak masyarakat agar dapat merasakan sensasi wellness program secara virtual, KTO juga merekomendasikan sejumlah destinasi utama wellness tour

Salah satu destinasi utama yang patut dicoba adalah Healience Seonmaeul (Desa Zen) atau pusat kesembuhan Seonmaeul. Desa yang terletak di 122, Jongjasan-gil, Seo-myeon, Hongcheon-gun, Gangwon-do, ini menawarkan program meditasi yang berbeda kepada wisatawan.

Pusat meditasi tersebut dikenal dengan sejumlah program yang fokus pada pencegahan dan pengobatan penyakit modern yang diakibatkan gaya hidup, termasuk diabetes dan tekanan darah tinggi.

Seonmaeul membantu pengunjung agar dapat menjalani hari tua dengan baik. Untuk itu, penyakit akibat gaya hidup perlu diobati terlebih dahulu.

Penginapan di Healience Seonmaeul (Desa Zen).Dok. KTO Penginapan di Healience Seonmaeul (Desa Zen).

Pihak dari Seonmaeul juga akan membantu wisatawan yang menderita insomnia, stres, dan memiliki kebiasaan berpikiran buruk untuk mengatur ulang pola hidupnya. Begitu juga dengan wisatawan yang punya kebiasaan tak baik bagi tubuh seperti merokok dan minum minuman keras. Wisatawan akan didorong untuk mengadopsi pola hidup yang sehat.

Untuk mendapatkan pengalaman meditasi yang lebih maksimal, pengunjung disarankan untuk menginap. Program ini menawarkan akomodasi dasar, makanan, Hanbok kontemporer, fasilitas tambahan gratis, termasuk pemandian air panas dan batuan dasar berkarbonasi, serta program harian yang berbeda setiap hari.

Tidak hanya itu, jika wisatawan datang tepat pada minggu kedua dan keempat setiap bulan, mereka dapat berkunjung ke Pasar Ssup Seonmal. Pasar ini menawarkan beragam makanan bergizi dan karya seni berkualitas.

Untuk diketahui, program meditasi Desa Zen bisa Anda nikmati mulai dari 265.000-315.000 won atau setara dengan Rp 3.203.867 - Rp 3.808.371. Tarif ini berlaku untuk 2 malam untuk 2 orang.

Donguibogam Village

Selanjutnya, Donguibogam Village. Tempat ini merupakan resor herbal yang berlokasi di ketinggian 480 meter (m) Gunung Wangsan, 45-6, Donguibogam-ro 555-gil, Geumseo-myeon, Sancheong-gun, Gyeongsangnam-do.

Kawasan wisata tersebut terkenal memiliki udara yang bersih serta air yang segar. Karenanya, berbagai tanaman herbal dapat tumbuh dengan lebat di sini.

Resor yang diapit oleh Gunung Baekdudaegan, Gunung Pilbong, dan Gunung Wangsan tersebut sudah dikenal sebagai tempat wisata kesehatan karena lokasinya memungkinkan aliran energi yang baik. Energi tersebut dipancarkan melalui tiga batu besar, yakni Guigamseok, Seokgyeong, dan Bokseokjeong.

Masyarakat Korea percaya bahwa ketiga batu tersebut dapat memancarkan kesehatan, keberuntungan, dan berbagai energi positif lainnya.

Adapun sejumlah fasilitas yang dimiliki Donguibogam Village di antaranya adalah ruang pameran, museum herbal Donguibogam Hall dan Traditional Korean Medicine Experience Hall, taman hiburan herbal, pengobatan tradisional Korea, Heo Jun Trail, serta restoran.

Untuk diketahui, Donguibogam Hall memiliki lebih dari 170 peninggalan medis. Sementara, Traditional Korean Medicine Experience Herbal menawarkan beragam informasi mengenai cara membedakan dan menggabungkan ramuan medis.

Lain lagi dengan Heo Jun Trail. Program ini menawarkan pengalaman jalan-jalan sambil menikmati pemandangan, seperti hutan, taman herbal, peternakan rusa, dan jembatan penyeberangan.

Di sana, tamu juga bisa mengikuti program meditasi di dekat batu, serta berbaring dan memulihkan diri di atas tempat tidur panas yang terbuat dari tanah liat kuning. Program yang menggunakan metode pengobatan tradisional Korea ini berkhasiat untuk antipenuaan.

Sebagai informasi, harga program yang ditawarkan Donguibogam Village di antaranya Medical Uniform Experience 3.000 won atau Rp 36.292, pengobatan tradisional Korea selama 30 menit adalah 5.000 won atau Rp 60.487, dan Scented Sachet Making Experience 5.000 won atau Rp 60.487.

Salah satu kegiatan yang akan di dapatkan di Herb Island Healing Center.Dok. KTO Salah satu kegiatan yang akan di dapatkan di Herb Island Healing Center.

Herb Island Herb Healing Center

Herb Island Herb Healing Center (HIHHC) atau Pusat Penyembuhan Herbal merupakan pusat meditasi herbal. Tempatnya lebih mirip dengan taman hiburan dan terletak di 35, Cheongshin-ro 947-gil, Shinbuk-myeon, Pocheon-si, Gyeonggi-do.

Adapun sejumlah fasilitas yang ditawarkan HIHHC di antaranya adalah pusat penyembuhan, ruang pengalaman herbal, ruang seminar, dan restoran.

Di pusat meditasi tersebut, pengunjung diberikan kesempatan untuk membuat lilin ramuan, kosmetik, minyak wangi, dan berbagai produk kesehatan yang terbuat dari herbal.

Adapun program yang ditawarkan HIHHC adalah metode detoks dengan menggunakan empat elemen sebagai medianya, yaitu Gonggi atau udara, Baram atau angin, Namu atau pohon, dan Mul atau air.

Program tersebut diawali oleh konsultasi dengan terapis untuk menentukan elemen tanaman herba yang cocok dengan kondisi fisik pengunjung.

Selanjutnya, wisatawan akan melanjutkan dengan berendam menggunakan rempah segar, terapi detoksifikasi di dalam bak kayu, dan pijat.

Sebagai informasi, harga program yang ditawarkan HIHHC di antaranya adalah Program Gonggi 100.000-120.000 won atau setara dengan Rp 1.209.744 - Rp 1.451.693, Baram 130.000-156.000 won atau Rp 1.572.667 - Rp 1.887.201, dan Mul 170.000-204.000 won atau Rp 2.056.565 - Rp 2.467.878. Seluruh program ini akan diselenggarakan menggunakan bahasa Inggris.

Kegiatan di WE Hotel Wellness Center.Dok. KTO Kegiatan di WE Hotel Wellness Center.

WE Hotel Wellness Center

WE Hotel Wellness Center merupakan resor kesehatan pertama di Korea Selatan. Berlokasi di 453-95, 1100-ro, Seongwipo-si, Jeju-do, resor ini menawarkan berbagai program untuk memulihkan kebugaran wisatawan dengan kesegaran dan sejuknya udara hutan di Pulau Jeju.

Selain itu, wisatawan juga dapat merasakan segarnya air yang berasal dari batuan vulkanik alami untuk mandi dan berendam di kolam Aqua Meditation Pool.

WE Hotel Wellness Center memiliki sejumlah program hidroterapi dengan menggunakan kolam sebagai medianya dan terapi hutan.

Pertama, program Haeam Hydro. Ini merupakan pijat akupresur yang dioperasikan saat wisatawan mengapung di air dengan suhu sekitar 34-37 derajat Celsius. Saat mengapung di kolam, wisatawan akan merasakan pijatan yang mampu mengatasi insomnia dan depresi.

Kedua, program Aqua Exercise. Pada program ini, wisatawan diajak melakukan peregangan badan saat berada di bawah air untuk melatih fleksibilitas, ketahanan, dan otot. Alat yang digunakan pada program ini adalah aqua dumbells dan hydrotones.

Ketiga, program Surfing Yoga. Program ini bertujuan untuk memperbaiki postur tubuh dengan melakukan sejumlah gerakan yoga di dalam air. Salah satunya adalah menjaga keseimbangan yoga menggunakan papan surfing.

Terakhir, Dorea Forest dan Haeam Forest yang menjadi bagian dari program Forest Theraphy. Pada program ini, wisatawan diajak bermeditasi dengan menelusuri jalan setapak sambil menikmati keindahan hutan Pulau Jeju.

Adapun untuk mengetahui biaya program yang ditawarkan WE Hotel Wellness Center, Anda bisa bertanya melalui laman www.wehotel.co.kr.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com