Advertorial

6 Wakil Indonesia Melaju ke Perempat Final Indonesia Open 2021, Hafiz-Gloria Adu Sengit Taklukkan Jepang

Kompas.com - 26/11/2021, 15:39 WIB

KOMPAS.com - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) kembali menggelar Indonesia Open 2021. Turnamen badminton paling prestisius di Indonesia ini berlangsung mulai Selasa (23/11/2021) sampai Minggu (28/11/2021) di Bali International Convention Centre (BICC) dan The Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Setelah beradu sengit di hari ketiga dalam babak II (16 besar), sejumlah pemain andalan Indonesia masuk dalam daftar lolos perempat final. Mereka dipastikan tampil dalam jadwal 8 besar Indonesia Open 2021, Jumat (26/11/2021).

Keenam wakil Indonesia yang bakal mengayun raket di babak perempat final adalah tunggal putra Jonatan Christie, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Kemudian, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, serta ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Adapun pasangan ganda campuran Hafiz/Gloria merupakan kontingen Indonesia terakhir yang berhasil mengantongi tiket perempat final.

Keduanya menjadi satu-satunya ganda campuran Indonesia yang berhasil melaju ke babak perempat final.

Melaju pada laga penutup di court-2, keduanya berhasil menaklukkan ganda campuran asal Jepang, Takuro Hoki/Nami Matsuyama, di babak 16 besar pada Kamis malam (25/11/2021).

Setelah berjuang selama 50 menit di Lapangan 2 BICC, mereka mengalahkan Takuro Hoki/Nami Matsuyama lewat duel rubber game 19-21, 21-10, dan 21-18.

Pada perempat final, Hafiz/Gloria akan melawan Mathias Christiansen/Alexandra Boje yang pada babak 16 besar mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Duel sengit antara Indonesia dan Jepang

Duel sengit kedua tim antara ganda campuran Indonesia dan Jepang mewarnai perebutan posisi di perempat final. Pada gim pertama, mereka saling berbalas poin hingga imbang dan menghasilkan perolehan skor 4-4.

Setelah itu, Hafiz/Gloria sempat kecolongan dua poin beruntun, tetapi kembali menyamakan kedudukan dan berbalik unggul di angka 10-9. Mereka kemudian mencapai interval gim pertama dengan keunggulan 11-10 atas Takuro/Nami.

Seusai interval, Hafiz/Gloria tampak keteteran. Bahkan, mereka kehilangan poin beruntun sehingga tertinggal 11-14.

Situasi tersebut sempat menyulitkan Hafiz/Gloria. Gim pertama antara Hafiz/Gloria dan Takuro/Nami berakhir dengan skor 19-21. Selanjutnya, pada gim kedua, Hafiz/Gloria melesat ambil alih lapangan dengan mencetak tiga poin pertama.

Mereka kemudian berhasil merebut gim kedua dengan skor yang cukup meyakinkan, 21-10. Pertandingan antara Hafiz/Gloria dan Takuro/Nami pun harus ditentukan lewat rubber game.

Pada gim kedua atau gim penentuan itu, Hafiz/Gloria tampil apik dan kembali mengungguli Takuro/Nami yang tampil prima pada gim pertama.

Momentum krusial bagi Hafiz/Gloria lahir pada perolehan poin 6-5. Saat selisih poin semakin ketat, mereka sukses mencetak lima poin beruntun.

Tambahan lima poin beruntun itu otomatis membuat Hafiz/Gloria unggul 11-5 pada interval gim ketiga. Bahkan, berhasil memperoleh skor 21-18 di akhir pertandingan.

Setelah berjuang selama 50 menit di Lapangan 2 BICC, mereka berhasil menaklukkan ganda campuran Jepang.

Pada pertandingan perempat final, Hafiz/Gloria akan melawan ganda campuran asal Denmark Mathias Christiansen/Alexandra Boje yang lolos mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti pada babak 16 besar.

Babak perempat final Indonesia Open 2021 akan berlangsung hari ini, 26 November 2021. Untuk mengikuti hasil live pertandingan di babak perempat final, Anda dapat mengakses situs web resmi Badminton World Federation (BWF) di tautan berikut ini.

Sebagai informasi, gelaran Indonesia Open 2021 mendapat dukungan dari banyak pihak. Salah satunya, Le Minerale yang menjadi sponsor resmi air minum mineral untuk para atlet yang berlaga di ajang tersebut.

“Le Minerale merasa bangga terpilih sebagai partner perhelatan olahraga tingkat internasional ini. Kami juga mengapresiasi penyelenggara

Indonesia Open 2021 yang telah mempercayai Le Minerale untuk menjadi official mineral water dalam turnamen ini,” ujar perwakilan Le Minerale, Febri Hutama dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Kehadiran Le Minerale dalam pelaksanaan Indonesia Open 2021 merupakan bentuk komitmen untuk terus mendukung cabang-cabang olahraga yang secara konsisten mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Selain itu, Le Minerale juga ingin memberi inspirasi dan edukasi mengenai pentingnya pola hidup sehat di kalangan masyarakat. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com