Advertorial

Kirim Dua Wakil di Final, Ganda Putra Indonesia Juara Indonesian Open 2021

Kompas.com - 28/11/2021, 21:41 WIB

KOMPAS.com - Gelaran Indonesia Open 2021 yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC) dan The Westin Resorts Nusa Dua, Bali, Berakhir pada Minggu (28/11/2021).

Pada partai puncak, Indonesia menampilkan dua wakil pada kategori ganda putri dan ganda putra. Mereka adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Sayangnya, hanya pasangan ganda putra yang menyumbang gelar pada ajang tersebut.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang saat ini merupakan ganda putra nomor satu dunia sukses meraih gelar juara Indonesia Open 2021. Keduanya menyabet gelar setelah mengandaskan wakil non-unggulan asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Sebagai unggulan pertama, Marcus/Kevin tampil sangat solid dan berhasil meraih kemenangan straight game dalam kurun waktu 38 menit.

Pada gim pertama, The Minions--julukan Marcus/Kevin--tampil agresif dan mengandaskan perlawanan Hoki/Kobayashi dengan skor 21-14.

Berlanjut ke gim kedua, Marcus/Kevin tidak mengendurkan intensitas serangan mereka.

Marcus/Kevin terus mendominasi hingga berhasil kembali mengalahkan Hoki/Kobayashi dengan skor 21-18. Bahkan, Marcus/Kevin tercatat tidak pernah tertinggal sejak kedudukan imbang 7-7 pada gim kedua.

Dengan hasil tersebut, The Minions sukses menyelesaikan misi balas dendam mereka setelah kalah dari Hoki/Kobayashi pada final Indonesia Masters 2021 pekan lalu.

Kevin Sanjaya Sukamuljo sedang minum air mineral dari Le Minerale. DOK. HUMAS PP PBSI Kevin Sanjaya Sukamuljo sedang minum air mineral dari Le Minerale.

Kemenangan pada final Indonesia Open 2021 sekaligus mempertegas dominasi Marcus/Kevin atas Hoki/Kobayashi menjadi 11-1.

Selain itu, kemenangan tersebut juga mengantar Marcus/Kevin meraih gelar juara Indonesia Open ketiga mereka. Tiga gelar itu didapatkan Marcus/Kevin secara beruntun, mulai dari edisi 2018, 2019, hingga 2021.

Menjadi runner up

Sementara itu, pasangan Greysia/Apriani harus puas menjadi runner up setelah takluk oleh ganda putri unggulan keempat asal Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Pada gim pertama, Greysia/Apriyani tampak terlambat panas sehingga harus menyerah dengan skor 19-21. Gim pertama berjalan ketat dan seru karena diwarnai reli panjang sebanyak 192 pukulan.

Selanjutnya, pada gim kedua, Greysia/Apriyani sebenarnya sempat unggul cukup jauh pada kedudukan 15-9. Sayangnya, Greysia/Apriyani gagal memanfaatkan momentum tersebut dan harus kembali menyerah 19-21.

Sejatinya, pertandingan puncak ganda putri berjalan ketat karena kedua pasangan saling memimpin dan mengejar angka. Hanya saja, keberuntungan belum berpihak kepada pasangan Indonesia.

Bagi Matsuyama/Shida, kemenangan atas Greysia/Apriyani menjadi yang pertama setelah tiga pertemuan. Kemenangan ini membuat pasangan asal Jepang itu sukses meraih gelar juara keduanya di Bali setelah Indonesia Masters 2021 pekan lalu.

Kekalahan Greysia/Apriyani pun membuat penantian panjang publik Indonesia untuk melihat ganda putri Tanah Air naik podium juara Indonesia Open kembali berlanjut. Adapun ganda putri terakhir Indonesia yang berhasil meraih gelar juara Indonesia Open adalah Vita Marissa/Liliyana Natsir.

Sementara itu, pada pertandingan tunggal putri, pebulu tangkis muda asal Korea Selatan An Se-yong berhasil menjadi juara Indonesia Open 2021 usai mengatasi Ratchanok Intanon dari Thailand. An Se-yong menang dalam dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 22-20.

Pebulu tangkis muda asal Korea Selatan An Se-yong sedang minum air mineral dari Le Minerale. DOK. HUMAS PP PBSI Pebulu tangkis muda asal Korea Selatan An Se-yong sedang minum air mineral dari Le Minerale.

Kemenangan tersebut membuat pebulutangkis berusia 19 tahun itu memenangkan kejuaraan beruntun di Indonesia. Sepekan sebelumnya, ia menjuarai Indonesia Masters 2021.

Selanjutnya, pada kategori ganda campuran, pasangan ganda campuran asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai sukses naik podium kampiun pada turnamen Indonesia Open 2021 setelah mengandaskan wakil Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Dechapol/Sapsiree sukses mengalahkan Yuta/Arisa dalam dua gim langsung dengan skor 21-12, 21-13.

Sementara itu, pada kategori tunggal putra, pebulutangkis Denmark Viktor Axelsen sukses mengandaskan perlawanan tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew. Axelsen menang dalam pertarungan tiga gim dengan skor 21-13, 9-21, 21-13.

Sebagai informasi, stamina para atlet dan official dalam laga Indonesia Open 2021 didukung oleh Le Minerale sebagai sponsor resmi mineral water. Ini merupakan bentuk komitmen Le Minerale dalam mendukung cabang olahraga yang secara konsisten menyumbang prestasi bagi Tanah Air. 

Tak hanya itu, Le Minerale juga ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat di kalangan masyarakat.

Le Minerale pun mengapresiasi pihak penyelenggara Indonesia Open 2021 yang telah mempercayai Le Minerale sebagai official mineral water Indonesia Open 2021.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com