Advertorial

Diikuti 500 Pelaku UMKM, BRILIANPRENEUR 2021 Jadi Pameran Terbesar yang Pernah Diselenggarakan BRI

Kompas.com - 01/12/2021, 17:59 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menggelar pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dengan tema "Dari Indonesia untuk Dunia".

Pameran itu bertujuan untuk mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) segmen industri kreatif agar produknya bisa diterima di pasar global.

Acara tersebut berlangsung mulai Rabu (1/12/2021) hingga Kamis (16/12/2021) dan diikuti oleh 500 pelaku UMKM yang berhasil melalui serangkaian proses kurasi.

Jumlah peserta sebanyak itu membuat BRILIANPRENEUR 2021 menjadi bazar virtual terbesar yang pernah diselenggarakan oleh BRI.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, saat ini, ekonomi Indonesia dan dunia mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Penyelenggaraan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 pun diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan sektor UMKM sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Program BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen BRI sebagai agent of development untuk turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia,” ujar Sunarso dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (1/12/2021).

Sebagai bank yang fokus pada sektor UMKM, tambah Sunarso, BRI melihat peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global.

Menurutnya, karya yang dihasilkan anak bangsa memiliki kualitas untuk bisa bersaing dengan produk dari negara-negara lain.

Virtual tapi nyata

Sunarso menjelaskan bahwa pameran virtual tahun ini punya konsep yang mirip dengan tahun sebelumnya. BRI menghadirkan sensasi pameran nyata di dunia maya sekaligus memberikan pengalaman tiga dimensi (3D) kepada pengunjung.

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 juga menampilkan konsep thematic outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yaitu Raja Ampat (Papua Barat), Borobudur (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara), Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Bangka Belitung).

Sebagai pelengkap acara, BRILIANPRENEUR 2021 akan menampilkan music performance, coaching clinic, inspiration talk, do it yourself (Yuk Berkarya), podcast, dan business matching.

Pada sesi business matching, BRI juga mengadakan workshop atau pelatihan untuk pelaku UMKM pada pameran tersebut.

Sunarso menambahkan, pelatihan dan bimbingan dari BRI akan diberikan secara berkelanjutan sehingga pelaku UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Pelatihan tersebut juga ditujukan agar pelaku usaha dapat mencapai standar produk internasional.

“Narasumber yang dihadirkan merupakan para ahli yang berpengalaman dan memiliki expertise di bidang masing-masing. Salah satu pembahasan yang diangkat mencakup bidang pemasaran global dan ekspor barang serta prosedur legal dan administrasi ekspor produk ke mancanegara,” jelas Sunarso.

Adapun narasumber tersebut adalah Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani, serta Senior Executive Vice President Treasury and Global Services BRI Achmad Royadi.

Salah satu perwakilan peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, Chief Executive Officer (CEO) PT Siger Jaya Abadi Yoga Sadana antusias menyambut pameran virtual dari BRI.

Yoga mengatakan, sebagai peserta, pihaknya akan mendapat tambahan wawasan dan pengetahuan pada acara tersebut. Hal ini bermanfaat untuk mengoptimalkan penetrasi produknya di kancah global.

“Melalui berbagai pelatihan dan workshop, saya yakin pelaku UMKM Indonesia lebih siap dan mampu bersaing di kancah internasional. Kapasitas produksi dan kualitas pelaku UMKM juga akan meningkat,” ujar Yoga.

Sebagai informasi, sebanyak 105 potential buyers dari 30 negara akan hadir pada ajang UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.

Lewat sesi business matching, BRI akan mempertemukan buyer internasional dan pelaku UMKM peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 sehingga dapat terjalin kerja sama serta transaksi bisnis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Adapun selama acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, nasabah BRI dapat menikmati berbagai promo menarik berupa diskon dan cashback hingga 31 Desember 2021.

Promo tersebut dapat diperoleh saat melakukan pembelian produk via e-commerce Shopee, PADI UMKM, serta melakukan pembayaran menggunakan kartu debit dan kredit BRI.

Seluruh rangkaian kegiatan dapat diakses melalui situs web brilianpreneur.com, YouTube BRI, dan media sosial BRI lainnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com