Advertorial

Lindungi Keluarga Indonesia Selama Bermobilitas, Dettol Gandeng Grab Kampanyekan Kebiasaan Sehat

Kompas.com - 02/12/2021, 14:14 WIB

KOMPAS.com – Aktivitas masyarakat di luar rumah kembali berangsur pulih setelah pemerintah menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah di Indonesia.

Meski demikian, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai. Kemungkinan terinfeksi virus corona pun masih ada. Tak heran, masyarakat masih khawatir dan tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas di ruang publik.

Selain mengikuti vaksinasi, masyarakat pun diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat demi menghindari Covid-19.

Dalam diskusi daring yang diinisiasi oleh Dettol bertajuk “Keluarga Sehat, Indonesia Kuat”, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha menjelaskan bahwa di tengah pandemi Covid-19, keluarga Indonesia tetap perlu waspada dan menjaga kesehatan.

Ia menambahkan, pemerintah melalui Kemenkes terus berupaya mengakselerasi jangkauan vaksinasi agar kondisi kekebalan komunal segera tercapai.

“Kami sangat mengapresiasi langkah perusahaan dalam mengingatkan keluarga Indonesia dengan tiga kebiasaan sehat sederhana,” ujar Kunta dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Untuk mendukung upaya sinergi pentahelix dalam pemulihan pandemi, Reckitt Indonesia melalui brand Dettol meluncurkan Gerakan “Keluarga Sehat, Indonesia Kuat”, pada Agustus 2021.

Sebagai merek yang fokus pada solusi kebersihan dan sanitasi, Dettol berkomitmen untuk memberikan edukasi rutin dan akses berkelanjutan pada masyarakat. Dengan demikian, perilaku kebiasaan sehatdapat ditingkatkan mulai dari lingkup keluarga.

"Diluncurkannya ‘Keluarga Sehat, Indonesia Kuat’ menandai kolaborasi kuat kami dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan mitra strategis lainnya guna menciptakan perubahan sosial yang berdampak melalui tiga langkah sederhana untuk membangun Indonesia yang lebih kuat,” ujar Head of External Communications and Community Affairs Reckitt Indonesia Donny Wahyudi.

Dalam menjangkau target 65 juta masyarakat Indonesia, Dettol melakukan lintas kemitraan dan beragam touchpoint multimedia, termasuk edukasi langsung kepada lebih dari 1,2 Juta anak sekolah.

“Kami juga menyediakan puluhan ribu produk Dettol melalui official super app partner Grab, akses higienitas dengan jaringan minimarket Alfamart, dan KG Media sebagai media partner kami,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh National Strategic Partnership and Business Development Director Grab Indonesia Terence Bouman. Menurutnya, dalam menjalankan aktivitas new normal, Grab berkomitmen menjalankan dan mendorong praktik-praktik kebersihan serta kesehatan, baik bagi mitra pengemudi maupun konsumen di Indonesia.

Selain mendukung program vaksinasi nasional dan meluncurkan protokol kesehatan dengan armada GrabProtect, kami berharap dengan adanya inisiatif bersama Dettol ini dapat mendukung masyarakat Indonesia mengatasi situasi pandemi saat ini serta berkontribusi untuk Indonesia yang lebih sehat lagi,” ujarnya.

Ilustrasi menjaga kebersihan di dapur. Dok. Dettol Ilustrasi menjaga kebersihan di dapur.

Kolaborasi diwujudkan dalam bentuk perlindungan untuk penumpang GrabCar Protect. Dalam hal ini, Dettol menyediakan 35.000 hand sanitizer dalam mobil armada GrabCar Protect. Dengan demikian, baik penumpang maupun pengemudi tetap aman dan terlindungi selama bermobilisasi.

Selain itu, Dettol juga membagikan 150.000 sampel sabun batangan untuk setiap pemesanan GrabFood dari GrabKitchen. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat agar mencuci tangan dengan sabun sebelum makan. Dengan kebiasaan ini, masyarakat dapat terlindungi dari kuman.

Dettol juga menyediakan voucer promo khusus “GRABDETTOL” bagi pengguna baru GrabCar, GrabCarProtect, GrabFood, dan GrabMart. Lewat kode tersebut, pengguna baru bisa mendapatkan diskon hingga Rp 20.000 untuk pembelian produk Dettol di layanan GrabMart.

Adapun promo tersebut berlangsung selama periode kolaborasi Dettol x Grab, mulai dari September 2021 hingga Januari 2022.

Dengan kolaborasi tersebut, diharapkan dapat membantu menciptakan lingkungan yang higienis serta memberikan rasa aman dan nyaman untuk melakukan mobilitas serta beraktivitas di luar rumah selama normal baru.

Sebagai informasi, kampanye “Keluarga Sehat, Indonesia Kuat” juga merupakan salah satu upaya Dettol untuk mendampingi keluarga Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19.

Dettol mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk berkomitmen menerapkan tiga kebiasaan sehat sederhana, yaitu mencuci tangan dengan sabun, mandi setelah beraktivitas, dan mendisinfeksi rumah secara rutin.

Gerakan “Keluarga Sehat, Indonesia Kuat” juga didukung oleh Kemenkes, dengan berkolaborasi dengan IDI, serta beberapa tokoh masyarakat, seperti Dian Sastrowardoyo dan Reisa Broto Asmoro selaku Duta Sehat Dettol.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com