Advertorial

Bingung Pilih Produk Asuransi Digital? Perhatikan Hal Berikut agar Terhindar dari Kerugian

Kompas.com - 03/12/2021, 07:30 WIB

KOMPAS.com – Di masa pandemi seperti saat ini, teknologi digital mampu memudahkan sejumlah aktivitas. Salah satunya dalam memiliki produk asuransi.

Saat ini, banyak perusahaan sudah melakukan digitalisasi pada layanannya, mulai dari memilih produk hingga mengajukan klaim. Layanan asuransi berbasis teknologi digital tersebut biasanya disebut insurance technology (insurtech).

Melalui insurtech, nasabah dapat mengakses semua layanan yang telah disediakan oleh pihak asuransi secara efektif dan efisien.

Berkat insurtech pula, stigma proses memiliki asuransi berbelit-belit dan susah pun bisa dipatahkan. Bahkan, layanan pada insurtech dapat meningkatkan jumlah pengguna asuransi.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sektor asuransi kesehatan mampu mencatatkan pertumbuhan positif pada masa pandemi Covid-19. 

Hal ini disebabkan oleh peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan terhadap risiko kesehatan dan keuangan.

Meski demikian, banyak pula masyarakat masih merasa kebingungan dalam membeli produk asuransi kesehatan. Untuk memudahkan, berikut panduan lengkap yang bisa diikuti.

  1. Pilih produk dengan manfaat optimal

Agar terhindar dari kerugian, kamu harus teliti dalam memilih produk asuransi. Pilihlah produk yang mampu memberikan perlindungan menyeluruh dan punya manfaat optimal.

Selain itu, kamu juga bisa memilih produk yang manfaatnya dapat digunakan juga oleh seluruh anggota keluarga. Hal ini diperlukan untuk melindungi orang tercinta dari kejadian tak terduga.

Kamu bisa memilih produk yang menawarkan perlindungan lengkap, seperti penggantian biaya kecelakaan, penyakit kritis, rawat inap, meninggal dunia, dan investasi.

Kelima jenis manfaat tersebut penting untuk memberikan jaminan perlindungan terhadap potensi risiko yang memengaruhi kondisi kesehatan, kehidupan, dan keuangan.

Sebagai contoh, dalam kasus terburuk, jika seseorang dinyatakan meninggal dunia akibat sakit, pihak asuransi akan memberikan biaya santunan untuk keluarga yang ditinggalkan.

Biaya tersebut diharapkan dapat menjadi bantuan bagi keluarga untuk melanjutkan hidup ketika pemegang polis tutup usia.

Selain itu, manfaat asuransi juga dapat mencakup perlindungan lengkap, seperti memberi dukungan biaya perawatan kesehatan untuk menjamin nasabah atau pemegang polis mencapai kesembuhan yang maksimal ketika mengalami kecelakaan atau didiagnosis penyakit tertentu.

Keuntungan lain bagi nasabah yang bisa didapatkan lewat asuransi adalah manfaat investasi.

Dari kelima jenis manfaat tersebut, kamu bisa menentukan produk yang sesuai berdasarkan prioritas dan kebutuhan. 

Hal tersebut harus kamu pertimbangkan dengan matang agar manfaat yang didapat optimal dan sesuai kebutuhanmu.

  1. Beli di situs pembanding produk asuransi atau broker

Selain membeli produk di situs perusahaan asuransi, kamu juga bisa melakukannya di situs pembanding produk atau broker asuransi online.

Dengan menggunakan situs tersebut, kamu bisa membandingkan dan memilih produk terbaik dari berbagai perusahaan asuransi sebelum memutuskan untuk membelinya.

Melalui situs itu, kamu juga bisa membandingkan terlebih dahulu produk yang ada, mulai dari manfaat, plafon pertanggungan, premi, hingga cara klaim.

Jika sudah yakin dengan produk yang dipilih, kamu bisa langsung membeli produk asuransi kesehatan di situs tersebut.

Meski begitu, perlu diingat bahwa cara pembelian yang disediakan masing-masing situs akan berbeda.

Jika produk asuransi yang dipilih sudah bekerja sama dengan situs pembanding atau broker tersebut, kamu bisa langsung melakukan pembelian.

Sementara, jika perusahaan asuransi dari produk yang dipilih tidak bekerja sama dengan pihak broker, kamu akan diarahkan untuk melakukan pembelian di situs resmi perusahaan asuransi tersebut.

Salah satu situs pembanding asuransi yang bisa kamu akses adalah PasarPolis. Broker asuransi online ini bekerja sama dengan FWD Insurance dalam memberikan pilihan produk asuransi terbaik untuk konsumen, termasuk produk asuransi berbasis syariah. 

Adapun asuransi berbasis syariah dari FWD Insurance yang tersedia di PasarPolis adalah Asuransi Bebas Handal. Produk ini memiliki manfaat rawat inap dengan premi terjangkau dan dapat dibeli melalui aplikasi PasarPolis Mitra.

Asuransi Bebas Handal dari FWD Insurance memiliki tiga keunggulan utama. Pertama, premi yang terjangkau, yakni mulai Rp 75.000 per bulan. Kedua, simpel dan mudah dibeli setiap saat secara online melalui ifwd.co.id/bebas-handal.

Kemudian, untuk mengajukan layanan rawat inap di rumah sakit rekanan asuransi ini cukup mudah. Nasabah hanya perlu membayar melalui kartu atau cashless.

Selama biaya kamar sesuai premi, nasabah cukup menghubungi hotline FWD Insurance untuk memudahkan proses rawat inap.

Selain itu, manfaat asuransi yang diterima peserta tidak hanya biaya kamar, tapi juga biaya dokter, obat-obatan, perawatan pasca rawat inap, dan biaya tindakan bedah yang bisa didapatkan dengan pilihan manfaat mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per tahun.

  1. Beli di platform online

Tak hanya kebutuhan harian, kini produk asuransi kesehatan juga dapat dibeli pada platform e-commerce dan marketplace. Cara pembelian pun juga sama dengan belanja produk harian.

Kamu tinggal memilih produk asuransi kesehatan yang diinginkan, kemudian ikuti instruksi pengisian data dan pembelian yang diminta.

Adapun salah satu e-commerce di Indonesia yang menyediakan produk asuransi kesehatan adalah Traveloka.

  1. Kemudahan manfaat

Cara selanjutnya dalam memilih asuransi adalah pastikan kamu mendapatkan kemudahan manfaat, seperti kemudahan klaim dan fasilitas kesehatan apa saja yang ditanggung perusahaan asuransi.

Untuk mengetahui hal tersebut, kamu bisa berkonsultasi dengan agen perusahaan asuransi sebelum melakukan pembelian.

Hal tersebut penting diketahui secara detail oleh nasabah agar manfaat yang didapat sesuai dengan ekspektasi.

Usahakan pilih manfaat dengan proteksi yang menyeluruh agar kamu tak perlu cemas memikirkan seluruh biaya jika terjadi risiko kecelakaan.

  1. Lihat biaya premi dan polis

Setelah menentukan rencana asuransi berdasarkan kebutuhan, jangan lupa untuk melihat kembali biaya premi.

Seperti diketahui, setiap orang memiliki penghasilan dan kebutuhan bulanan yang berbeda.

Oleh karena itu, pilihlah biaya premi yang sesuai dengan kemampuan finansial. Pastikan juga premi yang dipilih sudah pas agar dapat memberikan perlindungan sesuai kebutuhan kesehatan kamu.

Setelah itu, cermati polis atau kontrak yang akan kamu sepakati dengan perusahaan asuransi. Polis adalah kesepakatan antara nasabah dan perusahaan asuransi yang berlaku secara tertulis.

Biasanya, polis mengatur hal apa saja yang berlaku pada jasa asuransi yang telah dipilih. Bila semuanya sudah sesuai, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran.

Jangan ragu untuk memiliki asuransi yang dapat membantu melindungi kesehatan, kehidupan, dan keuangan.

Itu tadi lima cara yang bisa kamu lakukan dalam memilih produk asuransi melalui insurtech. Pastikan kamu memilih produk asuransi digital dengan bijak agar kesehatan kamu dan keluarga dapat terlindungi dengan baik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com