Advertorial

Erupsi Semeru, BRI Salurkan Bantuan dan Pastikan Layanan Perbankan Tetap Normal

Kompas.com - 06/12/2021, 13:13 WIB

KOMPAS.com – Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Erupsi yang disertai guguran awan panas tersebut mengharuskan warga yang bertempat tinggal di sekitar lereng Gunung Semeru untuk mengungsi.

Merespons bencana alam tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI melalui corporate social responsibility (CSR) BRI Peduli langsung meluncurkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana BRI Tim Elang.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, pihaknya melalui Satgas Bencana BRI Tim Elang bergerak cepat untuk membantu warga yang terdampak bencana. Bantuan diberikan hingga tahap pemulihan atau pascabencana. 

“BRI terus berupaya menyalurkan bantuan tanggap darurat dan percepatan pemulihan bencana gunung meletus di Kabupaten Lumajang. Kami juga terus berkoordinasi dan menyalurkan bantuan ke posko-posko evakuasi. Itu prioritas utama kami,” papar Aestika dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (6/12/2021).

Adapun bantuan yang diserahkan pihak BRI terdiri dari mobil evakuasi, makanan siap saji, air mineral, selimut, tenda, kasur lipat, masker, survival kit, dan obat-obatan.

Bantuan tanggap darurat tersebut disalurkan oleh insan BRIlian dari unit kerja terdekat dengan wilayah bencana, yaitu Regional Office BRI Malang, Cabang BRI Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Probolinggo, dan Jember.

Selain penyaluran bantuan, Aestika juga memastikan bahwa layanan perbankan unit kerja dan operasional BRI di wilayah sekitar Gunung Semeru tidak terdampak secara signifikan.

Layanan BRI, kata Aestika, tetap berjalan normal agar kegiatan perekonomian dapat segera berangsur pulih. Dengan demikian, masyarakat dapat segera beraktivitas normal kembali. 

“Operasional perbankan BRI di sekitar wilayah terdampak kami upayakan dapat tetap berjalan tanpa gangguan untuk melayani kebutuhan layanan perbankan di sekitar lokasi bencana Gunung Semeru,” tutur Aestika. 

Masyarakat sekitar Gunung Semeru juga bisa mengakses layanan perbankan BRI melalui ATM, customer relationship management (CRM), dan Agen BRILink.

“Selain itu, layanan digital banking BRI, seperti BRImo, mobile banking, dan internet banking, juga tetap tersedia untuk melayani kebutuhan perbankan masyarakat,” paparnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com