Advertorial

Bantu Orangtua Pahami Game yang Sesuai bagi Anak, Kemenkominfo melalui IGRS Rilis Aplikasi Gimbot

Kompas.com - 07/12/2021, 08:50 WIB

KOMPAS.com – Kehadiran pandemi Covid-19 membuat mobilitas masyarakat menjadi terbatas. Situasi ini membuat frekuensi penggunaan smartphone semakin meningkat, baik untuk mengakses pendidikan, kerjaan, maupun hiburan.

Adapun salah satu hiburan yang dapat dinikmati melalui smartphone dan cukup populer di tengah masyarakat, termasuk anak-anak, adalah bermain gim. Aktivitas ini digemari karena dinilai masuk ke segala tingkatan usia. Sudah begitu, terdapat berbagai genre game yang dapat dimainkan, seperti action, role player, first person shooter, real time strategy, dan battle royale.

Namun, tidak semua game dapat dimainkan oleh anak-anak. Oleh sebab itu, orangtua perlu memperhatikan target usia pengguna dan rating game sebelum anak memainkannya. Rating merupakan patokan untuk mengetahui kelayakan dan kesesuaian konten dalam game dengan kelompok usia pengguna.

Misalnya, berdasarkan rating-nya game bergenre battle royale sebenarnya hanya diperbolehkan untuk dimainkan oleh masyarakat berusia 18 tahun ke atas. Sayangnya, kelalaian orangtua membuat anak berusia 9 tahun tetap memainkannya.

Kecerobohan tersebut membawa dampak negatif bagi perkembangan anak, baik dari segi berpikir, tindakan, pendengaran, maupun penglihatan. Tak hanya itu, anak juga berpotensi kecanduan bermain game.

Merespons fenomena tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Indonesia Game Rating System (IGRS) menghadirkan aplikasi bertajuk “Gim Bimbingan Orang Tua (Gimbot)”. 

IGRS sendiri merupakan lembaga game rating di Indonesia yang dibentuk Kemenkominfo, yang tujuannya untuk membantu masyarakat Indonesia mengetahui adanya klasifikasi konten game berdasarkan usia.

Direktur Ekonomi Digital I Nyoman Adhiama mengatakan, kehadiran aplikasi Gimbot bertujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan rating game kepada orangtua.

Aplikasi tersebut diciptakan agar orang tua dapat membantu anak memilih game yang tepat sesuai dengan usianya. Dalam aplikasi ini, orang tua juga disajikan berbagai visual menarik untuk menggambarkan konten-konten yang bisa dimainkan anak berdasarkan tahapan usia.

Menurutnya, pemahaman orang tua atas sebuah pilihan game yang diperoleh melalui aplikasi Gimbot akan memberikan dampak yang luas kepada industri game.

“Untuk itu, kami bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk startup digital dan asosiasi terkait untuk terus menyosialisasikan IGRS dan aplikasi Gimbot kepada orangtua, guru, dan masyarakat luas,” papar Nyoman dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (6/12/2021).

Ia juga menjelaskan, aplikasi Gimbot dan sosialisasi IGRS merupakan kontribusi nyata dari pemerintah untuk memajukan industri game, publisher,developer game, maupun pengguna game di Indonesia.

Oleh karena itu, pihaknya berharap bahwa aplikasi Gimbot dapat mendukung industri game Indonesia sehingga lebih maju dan mampu membuat game yang berdampak positif bagi perkembangan anak.

“Dengan mengunduh aplikasi Gimbot, orangtua sudah bisa menentukan game yang cocok dimainkan sang buah hati,” tutur Nyoman.

Ilustrasi mendampingi anak bermain game.Dok. Freepik Ilustrasi mendampingi anak bermain game.

Cara mengunduh Gimbot

Untuk mengunduh aplikasi Gimbot, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, buka Google Play Store melalui smartphone Android.

Kedua, ketik “Aplikasi Gimbot: Gim Bimbingan Orang Tua” pada kolom pencarian. Selanjutnya, unduh dan tunggu hingga aplikasi berhasil terpasang di ponsel Anda.

Setelah aplikasi terpasang, Anda dapat memasukkan nama anak dan usianya. Kemudian, Anda akan disajikan dengan beberapa pertanyaan terkait konten game dan pilihan ganda tentang kesesuaian usia anak dengan narasi yang dijabarkan.

Setelah itu, Gimbot akan memberikan sejumlah poin terkait rekomendasi game yang bisa dimainkan sesuai usia anak.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera unduh Aplikasi Gimbot untuk mengetahui rating game yang sering dimainkan anak atau cek melalui https://igrs.id/.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai rating game, Anda dapat mengikuti Instagram dan Twitter @gameratingid, serta Facebook Page Indonesia Game Rating System.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com