Advertorial

Bantu Korban Erupsi Semeru, Pemkab Kediri Buka Rekening Sumbangan dan Salurkan Sambal Pecel

Kompas.com - 08/12/2021, 13:28 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri secara resmi membuka rekening untuk penggalangan donasi bagi korban erupsi Gunung Semeru.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono atau akrab disapa Mas Dhito mengatakan, masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) yang ingin memberikan donasi bisa mentransfer dananya ke rekening Bank Jatim dengan nomor 0063059200 atas nama Kabupaten Kediri Peduli Semeru.

Pembukaan rekening tersebut, kata Mas Dhito, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dan ASN di Kabupaten Kediri yang ingin memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban erupsi Semeru.

"Donasi tersebut dibuka selama lebih kurang satu minggu, mulai Selasa (7/12/2021) hingga Selasa (14/12/22021)," ujar Mas Dhito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Posko relawan dari Kabupaten Kediri di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.DOK. Pemkab Kediri Posko relawan dari Kabupaten Kediri di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Selain uang, lanjut Mas Dhito, masyarakat juga bisa memberikan donasi berupa sembako, selimut, serta perlengkapan bayi.

“Penyaluran bantuan tersebut dapat dilakukan di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri,” tuturnya.

Secara terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudi menyampaikan bahwa pihaknya telah membangun Posko Kabupaten Kediri Peduli Semeru.

Ia menambahkan, relawan yang akan berangkat ke Lumajang tetap harus berkoordinasi dengan Pemkab Kediri.

"Relawan yang akan diberangkatkan dari berbagai profesi kesehatan, seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), harus punya keahlian khusus, seperti vertical rescue untuk membantu evakuasi dan lain-lain," terang Slamet.

Pihaknya juga berencana membangun posko relawan dari Kabupaten Kediri di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Kamis (9/12/2021).

Sebagai informasi, Kecamatan Pronojiwo berada di sebelah lereng selatan serta tenggara Gunung Semeru dan berbatasan dengan Kabupaten Malang. Lokasi ini berada di seberang Jembatan Perak yang ambruk akibat erupsi.

Selain rekening sumbangan dan posko, Pemkab Kediri melalui Dinas Sosial (Dinsos) juga membuat sambal pecel sebanyak 1,5 kuintal. 

Tagana turut membantu Dinsos membuat sambel pecel. DOK. Pemkab Kediri Tagana turut membantu Dinsos membuat sambel pecel.

Sambal yang dibuat oleh tenaga kesejahteraan sosial atau Tagana tersebut akan dikirimkan kepada korban erupsi Gunung Semeru. Rencananya, sambal pecel dari Pemkab Kediri akan dikirim pada Rabu.

Pemilihan pembuatan sambal pecel, lanjut Slamet,dipertimbangkan berdasarkan jatah yang dibagi Dinsos Provinsi Jawa Timur. Pasalnya, sambal pecel dapat bertahan lama sehingga diharapkan bermanfaat bagi korban erupsi Gunung Semeru.

"Nantinya, semua bantuan kami kirim ke posko pusat di Lumajang. Pihak posko pusat yang akan mendistribusikan (bantuan) karena kami tidak tahu titik mana saja yang kurang," tutur Slamet.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com