Advertorial

Tim Seleksi KPU dan Bawaslu Gelar Sosialisasi Tes Psikologi Lanjutan untuk Bakal Calon Anggota

Kompas.com - 08/12/2021, 13:49 WIB

KOMPAS.com - Tim seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar sosialisasi tes psikologi lanjutan atau dinamika kelompok kepada seluruh bakal calon anggota yang dinyatakan lulus seleksi tahap II.

Tes tersebut akan diikuti oleh 48 peserta dan dilaksanakan di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis (9/12/2021) hingga Sabtu (11/12/2021). Ketua Timsel Juri Ardiantoro mengatakan, tes psikologi diadakan oleh lembaga profesional dan dimulai sejak pagi.

“Akan ada asesmen dari lembaga profesional yang ditunjuk sebagai asesor, yakni ARA Indonesia yang turut bergabung dalam forum sosialisasi. Jadi, malam ini ARA Indonesia akan memberikan penjelasan singkat apa yang akan dilakukan pada pelaksanaan tes,” ujar Ardiantoro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (8/12/2021).

Sementara itu, Konsultan dan Praktisi Sumber Daya Manusia (SDM) ARA Indonesia Yanti Munthe mengatakan, tes psikologi lanjutan merupakan rangkaian dari proses seleksi.

Tujuan dari asesmen tersebut untuk memberikan informasi yang adil dan obyektif bagi Timsel dalam membantu membuat keputusan serta menilai potensi dan kompetensi para bakal calon dengan menggunakan metode assessment centre (AC).

“Fokus kami adalah apa yang bisa menjadi effective outcome dari perilaku-perilaku penting untuk sukses memetakan penempatan calon anggota KPU dan Bawaslu. Kami akan membuat gambaran tentang potensi alami, karakteristik pribadi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang ditunjukkan selama proses asesmen berlangsung,” beber Yanti.

Metode asesmen dari ARA indonesia untuk peserta tes.Dok. Kemendagri Metode asesmen dari ARA indonesia untuk peserta tes.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Lapangan ARA Indonesia Yosie turut menyampaikan rundown terkait rangkaian kegiatan tersebut.

Pada hari pertama tes, peserta akan melakukan pendaftaran, sosialisasi dan pengarahan, tes potensi dan psikotes, studi kasus, serta persiapan simulasi.

“Di hari kedua, peserta mengikuti kegiatan presentasi, leaderless group discussion, simulasi pekerjaan, dan pendalaman simulasi. Selanjutnya, pada hari ketiga, peserta akan mengikuti tahap tes wawancara,” kata Yosie.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com