Advertorial

48 Bakal Calon Anggota KPU dan Bawaslu Ikuti Tes Psikologi Lanjutan

Kompas.com - 09/12/2021, 17:51 WIB

KOMPAS.com – Sebanyak 48 bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengikuti tes psikologi lanjutan atau dinamika kelompok, di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 9-11 Desember 2021.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Juri Ardiantoro mengatakan, mereka merupakan bakal calon yang sebelumnya dinyatakan lulus seleksi tahap II.

“Selama tiga hari mendatang, mereka akan digali potensi sekaligus rekam jejaknya sehingga Timsel dapat lebih memahami profil masing-masing bakal calon. Guna mendapatkan hasil maksimal, Timsel menggandeng lembaga asesor profesional untuk membantu jalannya tes psikologi lanjutan,” ujar Juri dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (9/12/2021).

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Juri Ardiantoro. DOK. KEMENDAGRI Ketua Tim Seleksi (Timsel) Juri Ardiantoro.

Senada dengan Juri, anggota Timsel Hamdi Muluk mengatakan, tes psikologi lanjutan bertujuan untuk melihat detail profil masing-masing peserta yang meliputi berbagai aspek yang dibutuhkan Timsel.

Pada tahap seleksi itu, para peserta akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, seperti studi kasus, leaderless group discussion, simulasi pekerjaan, dan wawancara individual.

“Nanti, ada wawancara juga (untuk menggali). Bisa jadi, orang-orang terdekat peserta juga akan diwawancara untuk dapat gambaran profil mereka,” ujar Hamdi.

Selain proses asesmen tes psikologi lanjutan, Timsel juga akan menggelar tes kesehatan dan tes wawancara. Rangkain tes itu akan menyisakan 24 calon yang meliputi 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu untuk kemudian diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com