Advertorial

Lewat UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021, BRI DukungUMKM Indonesia Tembus Pasar Global

Kompas.com - 10/12/2021, 07:42 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI senantiasa mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai partner untuk tumbuh dan berkembang bersama.

Dukungan tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021 yang digelar menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-126 BRI mulai Kamis (9/12/2021) hingga Kamis (16/12/2021).

UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021 mengusung tema "Dari Indonesia untuk Dunia". Sebanyak 500 UMKM yang telah melalui serangkaian proses kurasi berpartisipasi pada acara tersebut.

Pada acara pembukaan yang dilakukan secara virtual, Kamis, hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, Komisaris Utama BRI Kartika Wirjoatmodjo, serta Direktur Utama BRI Sunarso.

Sunarso mengatakan, BRI terus mempersiapkan perjalanan nasabah UMKM untuk naik kelas. Salah satu strategi yang dilakukan adalah mendorong nasabah UMKM menembus pasar ekspor melalui penyelenggaraan UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021.

Sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, lanjut Sunarso, BRI secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan UMKM.

“Semoga acara ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif pada kemajuan dan pengembangan kapasitas UMKM Indonesia. Hal ini juga akan berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional,” kata Sunarso dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Hal senada turut disampaikan oleh Luhut. Pada sambutannya secara virtual, ia mengajak masyarakat berpartisipasi menyukseskan acara tersebut. Masyarakat dapat membeli dan menggunakan produk UMKM Indonesia sebagai bukti atas kecintaan terhadap produk lokal.

Ia menambahkan bahwa setelah gencar melakukan digitalisasi UMKM, saatnya pelaku usaha memperluas produknya ke pasar internasional. UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021 menjadi peluang emas bagi pelaku UMKM untuk menangkap peluang tersebut.

“Selamat dan sukses untuk BRI sebagai bank yang terus memainkan peran terbaik dalam membesarkan UMKM Indonesia,” ujar Luhut.

Pada kesempatan yang sama, Erick juga mendorong masyarakat untuk bangga memakai produk asal Indonesia. Menurutnya, UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021 menjadi acara yang penting bagi UMKM sebagai momentum untuk survive dan menjawab tantangan dalam pemulihan ekonomi.

Selain itu, imbuh Erick, acara tersebut bertujuan meningkatkan kualitas UMKM agar naik kelas, baik secara mindset maupun omzet.

“Ayo kita menyalakan harapan dan menggerakkan ekonomi Indonesia dengan menggunakan produk lokal Indonesia,” kata Erick.

Selanjutnya, Teten pun turut mengapresiasi BRI sebagai bank yang senantiasa konsisten mendampingi UMKM, baik dari sisi pembiayaan maupun pelatihan.

“Semoga UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021 dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Menteri Koperasi dan UKM ini.

Untuk diketahui, BRI terus berupaya menyelamatkan UMKM melalui restrukturisasi kredits selama pandemi Covid-19.

Adapun total restrukturisasi kredit yang telah disalurkan BRI mencapai Rp 241 triliun kepada lebih dari 2,9 juta nasabah. Sebagian besar nasabah tersebut merupakan UMKM.

Sampai Oktober 2021, outstanding kredit yang direstrukturisasi BRI juga sudah menurun menjadi Rp 163 triliun untuk 2,2 juta nasabah.

Sementara, total penyaluran kredit BRI sampai September 2021 mencapai Rp 749,3 triliun atau setara 80,5 persen dari total kredit BRI sebesar Rp 877,6 triliun.

Rangkaian UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021

Pada UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021, BRI mengundang buyer internasional dari 30 negara yang akan dipertemukan dalam business matching. Selanjutnya, kedua belah pihak dapat bernegosiasi dan melakukan penawaran produk UMKM nasabah binaan BRI.

Selain itu, BRI juga menghadirkan berbagai talkshow inspiratif, yakni Inspiration Talks untuk memotivasi pelaku UMKM.

Sebagai Direktur Utama BRI, Sunarso turut berpartisipasi mengisi acara dengan membagikan pengalaman menarik sebagai seorang banker. Ia menceritakan pengalamannya selama memajukan dan mengembangkan UMKM Indonesia.

Narasumber lain yang tampil adalah konsultan inovasi dan YouTuber Indrawan Nugroho yang menceritakan proses mengelola UMKM atau perusahaan rintisan (startup).

Selain itu, perancang busana sekaligus penggiat lingkungan Chitra Subijakto juga akan meramaikan sesi Inspiration Talks.

Selanjutnya, pendiri Thisable Enterprise yang seorang difabel Angkie Yudistia juga hadir memberikan motivasi dan strategi dalam berkarya.

Tak hanya pebisnis, BRI juga mengundang narasumber dan performer dari kalangan public figure, selebritas, penyanyi, dan para ahli dari berbagai latar belakang untuk mengisi acara.

Untuk penampilan musik, BRI menghadirkan Maliq & D’Essentials. Grup ini akan menyanyikan lagu hits mereka sambil diiringi fashion show dari beberapa model ternama. Model tersebut akan mengenakan produk fesyen hasil kreasi UMKM.

Masih berkaitan dengan fesyen, UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021 akan menggelar workshop “Do it Yourself (DIY) Yuk Berkreasi”. Workshop ini mengajak peserta membuat rajutan crochet dan macramé.

Selain itu, peserta juga akan diajarkan teknik unik, yakni seni membuat pola motif kain di atas air (Suminagashi Art).

UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021 pun turut menggelar podcast yang diisi para selebritas dan pelaku UMKM inspiratif. Podcast ini akan membahas pengelolaan bisnis di kalangan generasi milenial.

Narasumber yang mengisi podcast ini adalah Ivan Gunawan, Gading Marten, Tarra Budiman, Airy Arka, Tasya Farasya, Ken & Grat, dan Diana Henry.

Para pembicara tersebut datang dari latar belakang dan jenis usaha yang berbeda-beda. Dengan demikian, dapat menambah wawasan dan pengetahuan dari berbagai bidang usaha kepada pengunjung.

Hal menarik sepanjang gelaran UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021 adalah konsep thematic outdoor yang menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia. Sebut saja, Raja Ampat, Borobudur, Danau Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).

BRI juga turut menghadirkan acara jelajah tempat eksotis Indonesia yang dipandu oleh travel blogger Marischka Prudence.

Bersama Marischka, para pengunjung UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021 akan diajak ke beberapa destinasi wisata yang sedang hits di Pulau Lombok, seperti Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Pantai Tanjung Bongo, Gili Nanggu, Gili Kedis, serta Desa Adat Sade Suku Sasak.

Di sana, pengunjung ditunjukkan kerajinan khas Lombok yang telah go global dari UMKM setempat. BRI pun akan memberikan hadiah menarik bagi penonton yang dapat menjawab pertanyaan kuis di setiap akhir segmen.

Selama UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021, nasabah BRI juga dapat menikmati berbagai promo menarik. Sebut saja, diskon dan cashback jika melakukan pembelian produk UMKM via e-commerce Shopee dan PADI UMKM.

Penawaran tersebut berlaku bagi yang bertransaksi menggunakan kartu debit dan kredit BRI sampai 31 Desember 2021.

Tak ketinggalan, untuk mempromosikan lebih jauh produk UMKM kepada masyarakat, BRI mengadakan live shopping bersama Shopee.

Acara itu dipandu oleh Indy Barends dan Patricia Gouw. Pengunjung akan mendapat banyak kejutan harga dan diskon spesial selama sesi tersebut.

Tak hanya itu, terdapat pula sesi coaching clinic untuk mengasah dan memberi bekal pelaku UMKM dalam meningkatkan mutu dan kapasitas produknya.

Sesi tersebut akan diisi oleh narasumber ahli di bidang UMKM, yakni Leonard Theosabrata, Aidil Wicaksono, Lily Mariasari, Ria Templer, Intan Anggita, serta Sharlinie Putri.

Pada puncak UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021, BRI akan mengumumkan pemenang penghargaan UMKM Award 2021. Adapun kategori penghargaan ini terdiri dari Best Expo, Best Business Matching, Top Deals & Best Newcomers, serta UMKM Favorit pilihan netizen media sosial.

Penghargaan tersebut dapat menjadi tolok ukur atas prestasi dan kerja keras pelaku UMKM. BRI berharap, pemenang penghargaan ini bisa menjadi role model bagi pelaku UMKM lain. Selain itu, BRI juga akan menyerahkan donasi kepada Sahabat UMKM di akhir acara.

Untuk menyaksikan seluruh rangkaian UMKM Expo (RT) Brilianpreneur 2021, masyarakat dapat mengakses laman https://brilianpreneur.com/.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com